5 Tips Mempersiapkan Tabungan Anak untuk Masa Depan

Setiap orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Dalam hal pendidikan misalnya, orang tua pasti akan berusaha menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang tertinggi.

Oleh karena itu, bagi kamu calon orang tua ataupun yang sudah punya buah hati, amat penting memiliki tabungan anak untuk menjamin masa depannya. Berikut tips yang dapat kamu lakukan untuk mulai mempersiapkan tabungan anak.

 

1. Mulai Sedini Mungkin

ika kamu dan pasangan tidak hanya menabung uang,
Menabung sejak dini via pixabay.com

Persiapkan tabungan anak sedini mungkin, kalau perlu sejak hari-hari awal kalian menikah. Dengan begitu kalian dapat lebih matang mempersiapkan pembiayaan pendidikan bagi si buah hati.

Sebagai contoh bila kalian dikaruniai anak pada tahun kedua pernikahan, ia akan mulai masuk sekolah pada tahun ketujuh pernikahan kalian. Tabungan yang kalian kumpulkan selama tujuh tahun tentu akan lebih mencukupi dibanding misalnya tabungan yang baru dikumpulkan tiga atau empat tahun yang lalu.

 

2. Buat Target dan Anggaran

Persiapan untuk Tabungan Anak di Masa Depan
Membuat anggaran via pixabay.com

Kamu dan pasangan harus membahas dan menyepakati mulai dari target waktu hingga jumlah dana yang harus dikumpulkan. Untuk membuat target dan penganggaran ini lakukan survei kecil-kecilan.

Kalian bisa cari tahu besar biaya pendidikan di suatu sekolah. Bandingkan biaya pendidikan di suatu sekolah dengan sekolah lainnya. Dengan begitu kalian dapat mengetahui sekolah mana yang sesuai dengan visi misi serta keadaan keuangan kalian.

 

3. Pilihan Investasi

ika kamu dan pasangan tidak hanya menabung uang,
Pilihlah produk investasi selain menabung dalam bentuk uang via pixabay.com

Pertimbangkan untuk menginvestasikan dana dalam bentuk non tunai. Kalian bisa memilih investasi lain seperti misalnya asuransi pendidikan, emas, atau saham. Hal ini untuk mengantisipasi penurunan nilai mata uang alias inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

 

4. Tentukan Prioritas

ika kamu dan pasangan tidak hanya menabung uang,
Berhemat via pixabay.com

Dalam mempersiapkan tabungan anak, kalian harus belajar mengatur prioritas dan pengeluaran sebaik mungkin. Jangan sampai pos tabungan anak ini mengganggu kewajiban bulanan lain yang harus kalian bayarkan seperti cicilan rumah, kendaraan, atau pinjaman dari bank.

 

5. Masih ada Kekurangan?

ika kamu dan pasangan tidak hanya menabung uang,
Belajar dengan giat untuk mendapatkan beasiswa via pixabay.com

Rasa khawatir tentu timbul ketika kamu dan pasangan merasa target tabungan untuk biaya pendidikan anak sulit tercapai. Untuk mengatasinya, coba lihat masih adakah pos pengeluaran lain yang dapat ditekan.

Bila anggaran sudah cukup ketat, kalian bisa mengajarkan sang buah hati untuk belajar menabung sejak dini. Selain itu kalian juga dapat memotivasi mereka untuk berprestasi dan meraih beasiswa untuk mencapai cita-citanya. Penting juga untuk menanamkan jiwa kewirausahaan dalam dirinya sehingga ia memiliki uang saku tambahan untuk ditabung demi masa depannya.

 

Seperti nasihat orang Jawa, jer basuki mawa bea, untuk bisa sukses butuh pengorbanan. Jadikan tabungan anak tersebut sarana agar putra-putrimu kelak tumbuh jadi pribadi yang sukses. Lahir maupun batin.


 

Leave a Reply