Sedang Atau Berencana Pakai Kawat Gigi? Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Sejak kemunculan telenovela Yo soy Betty la fea, dan versi Amerikanya, Ugly Betty, keberadaan orang yang memakai kawat gigi tentu tidak mengherankan lagi. Kini orang memakai behel atau kawat gigi bukan hanya bertujuan memperbaiki struktur gigi dan mulut, tapi juga sebagai aksesori gaya.

Apapun tujuan pemakaiannya, keputusan memakai kawat gigi harus dibarengi dengan disiplin menjaga kesehatan gigi. Orang yang memakai behel harus lebih rajin menyikat gigi serta menghindarkan diri dari makanan dan minuman berikut ini. Apa saja?

 

1. Makanan Bertekstur Keras atau Renyah

Makanan yang liat seperti daging harus dihindari via kaskus.co.id

Orang yang memakai behel atau kawat gigi harus menghindari makan makanan yang keras, alot, dan liat. Makanan-makanan tersebut misalnya kerupuk, daging steak, rendang, dan lain sebagainya. Selain bisa terselip di sela-sela kawat, jenis makanan seperti itu akan menimbulkan tekanan terlalu besar pada kawat sehingga membuatnya bengkok atau lepas.

 

2. Makanan yang Meninggalkan Noda

Minum kopi terlalu sering dapat membuat gigi kuning via tribunstyle.com

Bukan cuma kopi yang harus dikhawatirkan bikin gigi kuning, tapi juga makanan-makanan berwarna pekat yang akan meninggalkan noda. Jika kamu senang mengkonsumsi makanan yang berbahan kunyit seperti nasi kuning atau jamu kunyit, saat kawat gigi dilepas nanti akan terjadi perbedaan warna antara gigi yang tertutup kawat dan yang tidak.

 

3. Makanan yang Manis dan Menempel

Makanan yang manis dan lengket menyebabkan lebih sulit sewaktu membersihkannya via menggapaibintang.blogspot.co.id

Hampir semua orang suka makanan manis seperti karamel, permen karet, kue tar, dan kismis. Tapi kalau kamu sedang atau berencana memakai behel, makanan tersebut bisa membawa masalah. Selain kandungan gula yang tinggi dapat merusak gigi, sifat makanan yang lengket dapat menyulitkan kamu sewaktu menyikat gigi. Bila tidak cermat, makanan yang lengket tersebut akan tetap tinggal melekat di kawat atau di gigi.

 

4. Makanan dan Minuman yang Memiliki Kadar Asam Tinggi

Minum minuman soda membuat enamel pada gigi menipis via www.shejab.com

Terlalu sering mengonsumsi minuman yang memiliki kadar asam tinggi akan membuat enamel pada gigi menipis. Enamel merupakan lapisan gigi paling luar. Jika enamel menipis dan rusak, gigi menjadi berlubang dan rusak. Makan makanan pun jadi sulit.

Contoh minuman yang memiliki kadar asam tinggi adalah minuman berkarbornasi atau soda.

 

5. Minuman Dingin

Makan makanan dingin bikin gigi ngilu via www.pedulisehat.info

Sering mengunyah es batu? Kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan gigi dan gusi. Selain menimbulkan rasa ngilu, bagi pemakai kawat gigi mengunyah es batu tidak ubahnya memakan makanan yang keras. Kawat gigi berpotensi bengkok atau lepas karena tekanannya terlalu besar.

 

Lalu, orang yang memakai kawat gigi harus makan apa dong? Masih banyak kok makanan yang diperbolehkan. Pemakai kawat gigi bebas makan puding, olahan makanan rebus, buah-buahan yang sudah dipotong, serta roti yang lunak.

Lebih penting lagi, apapun makanannya, para pemakai kawat gigi harus rajin menyikat gigi dan kontrol pemakaian kawat ke dokter gigi. Dengan begitu sisa makanan yang tertinggal dapat dibersihkan dan tidak merusak gigi.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply