7 Ide Bisnis Inovatif Nan Ramah Lingkungan

Bisnis ramah lingkungan semakin marak seiring dengan makin banyaknya masyarakat yang peduli dengan isu lingkungan hidup. Para pelaku bisnisnya sudah bergerak ke hampir semua bidang, mulai dari makanan, kosmetik, perawatan tubuh, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang juga ingin menekuni model bisnis ramah lingkungan kudu pintar-pintar mencari celah. Untungnya karena masih baru, ide-ide bisnis berikut bisa kamu contek atau jadikan inspirasi usahamu.

 

1. Jasa Pembersih Ramah Lingkungan

via workersjustice.org

Bagi orang-orang yang memutuskan tidak menyewa jasa asisten rumah tangga, urusan membersihkan dan merapikan rumah pastilah lumayan merepotkan. Terlebih kalau isi rumah tersebut bukan hanya dihuni oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Persoalan tersebut yang menjadikan layanan jasa kebersihan online semakin banyak bermunculan.

Ambil celah bisnis ini dengan memberikan layanan jasa pembersih yang ramah lingkungan. Kalau jasa lain hanya menjanjikan pelayanan yang cepat, kamu dapat memberikan nilai tambah lewat aspek ramah lingkungan tersebut. Secara praktik, rumah orang yang memesan jasa dibersihkan dengan bahan-bahan pembersih yang alami dan ramah lingkungan.

Bisnis layanan jasa pembersih ini akan sangat menarik bagi mereka yang tidak ingin anak-anaknya terpapar zat kimia dari obat pembersih. Pastikan juga kamu menjaga kualitas layanan sehingga pelanggan tertarik memesan lagi.

 

2. Jualan Buku Bekas

via goodreader.com

Membaca buku adalah kegemaran yang disukai hampir semua orang. Selain menambah wawasan, membaca buku juga dapat menjadikan pembacanya lebih rileks. Sayangnya, industri percetakan dan penerbitan buku menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah kertas dan penebangan pohon (di negara-negara tertentu).

Oleh sebab itu kini banyak yang lebih memilih membaca lewat e-book atau membeli buku bekas. Kamu bisa jadikan hal ini ide bisnis ramah lingkungan. Mulailah berjualan e-book dan buku bekas. Manfaatkan internet dan media sosial karena di sanalah penjualan terbesar terjadi.

 

3. Toko Produk-Produk Ramah Lingkungan

via straight.com

Orang yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan akan mengganti produk-produk yang biasa mereka gunakan dengan yang baik bagi tubuh dan lingkungan. Sayangnya kesadaran tersebut kadang dipersulit ketersediaan stok barang. Karena sulit mencari sabun yang bebas zat kimia, akhirnya terpaksa kembali membeli sabun yang ada di minimarket atau warung kebanyakan.

Kalau kamu tertarik, kamu dapat membuka toko eceran yang khusus menjual produk-produk ramah lingkungan. Tokomu menjual rupa-rupa barang mulai dari sampo, sabun, sikat gigi, dan berbagai benda keperluan lainnya. Pastikan produk yang kamu jual berasal dari produsen yang terbukti benar-benar memproduksi barangnya dengan bahan yang alami dan ramah lingkungan.

Dalam memasarkan produk, kamu dapat menciptakan promosi seperti poin yang bisa dikumpulkan untuk membeli produk ramah lingkungan lain. Ciptakan juga komunitas mawas lingkungan untuk saling berbagi tips dan informasi. Cara seperti ini efektif untuk membentuk pasar bagi produkmu lho.

 

4. Mainan Anak Berbahan Natural

via etsy.com

Masih ingat dengan isu mainan anak beracun yang diimpor dari Cina? Banyak orang yang jadi was-was dan ekstra hati-hati dalam membelikan mainan bagi anak mereka. Hal ini karena anak kecil lebih rentan terkena paparan zat-zat berbahaya.

Peluang bisnis ramah lingkungan yang dapat kamu ciptakan adalah membuat mainan anak yang terbuat dari bahan alami. Kreasikan ke dalam bentuk yang menarik sehingga anak-anak kepincut dan ingin memainkannya.

 

5. Event Organizer Mawas Lingkungan

via blog.converia.de

Acara seminar, rapat, atau pertemuan menyedot banyak energi dan menghasilkan sampah yang tidak sedikit. Tawarkan jasa event organizer yang berbeda, yakni yang mengedepankan aspek ramah lingkungan.

Misalnya kertas rapat terbuat dari kertas daur ulang, acaranya diselenggarakan di tempat yang menggunakan energi terbarukan atau hemat energi, camilan rapat terbuat dari makanan organik yang ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Konsumenmu adalah komunitas atau perusahaan yang peduli dengan aspek ramah lingkungan seperti ini.

 

6. Aplikasi Hijau

via gamification.co

Salah satu ide bisnis ramah lingkungan yang memiliki potensi besar adalah pengembangan aplikasi gawai ramah lingkungan. Aplikasi ini kamu rancang untuk memudahkan orang-orang yang ingin mempraktikkan hidup selaras dengan alam.

Misalnya aplikasi yang dapat memantau pemakaian energi, aplikasi untuk menunjukkan toko-toko yang menjual produk ramah lingkungan, atau aplikasi yang dapat mengajarkan anak-anak hidup lebih sadar lingkungan.

 

7. Katering Organik

via citadel-inn.com

Bisnis makanan organik dan ramah lingkungan memang sudah banyak di pasaran, tapi bisnis katering yang menyajikan makanan organik dan ramah lingkungan masih belum banyak ada.

Pastikan semua makanan yang kamu sajikan berasal dari produsen lokal sehingga mengurangi jejak karbon. Bahan-bahannya pun harus organik dan alami. Kamu dapat menawarkan paket yang sejalan dengan gaya hidup ramah lingkungan seperti makanan vegan, paleo, organik, dan lain sebagainya.

Hindari juga pemakaian alat-alat yang tidak ramah lingkungan seperti piring dan gelas plastik. Gunakan kreativitasmu dengan bahan-bahan yang berkelanjutan seperti piring pelepah pisang, wadah daur ulang, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut selain ramah lingkungan juga lebih cantik.

 


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply