7 Makanan yang Lebih Enak Jika Disantap Pedas

Para ahli masih belum menyepakati alasan banyak orang menyukai makanan pedas. Ada yang berpendapat makanan pedas mengandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh, sementara pakar psikologi punya pendapat yang lebih unik. Menurutnya orang menyukai makanan pedas karena makanan tersebut menimbulkan sensasi yang agak menyiksa.

Enggak dipungkiri makan makanan pedas memang terasa agak “menyiksa”. Lidah jadi terasa agak terbakar, tapi siapapun pasti setuju di sanalah letak kenikmatannya. Malah ada makanan-makanan tertentu yang terasa hambar kalau tidak disantap pedas. Makanan tersebut seperti:

 

1. Bakso

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Bakso dengan tambahan sambal via foody.id

Makanan favorit sejuta umat ini akan terasa begitu hambar jika dimakan tanpa tambahan sambal cabe atau saus sambal. Lidah cuma akan merasakan rasa asin atau gurih dari vetsin yang dimasukkan ke dalam semangkuk bakso. Biasanya sih bakso yang rasanya tawar ini cuma untuk anak-anak yang belum kuat makan makanan pedas.

Sementara untuk santapan orang dewasa, sambal cabenya bisa lebih dari dua sendok. Perut melilit karena kepedasan urusan belakangan.

 

2. Mie

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Mie Aceh dengan kuah kental yang hangat via Qraved.com

Populernya produk mi instan asal Korea yang punya bumbu superpedas adalah bukti sahih mie paling enak disantap pedas. Bukan hanya mie asal Korea, sajian mie khas Indonesia seperti mie ayam, mie godok, mie goreng, ataupun mie jamur pun enak jika rasanya pedas.

 

3. Rendang

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Nikmat rendang mana yang hendak kamu dustakan? via selerasa.com

Makanan yang sudah tersohor sebagai salah satu makanan terlezat di dunia ini tentu saja tidak bisa dipisahkan dari rasa pedas. Banyaknya rempah-rempah yang ditambahkan ke dalam hidangan rendang memperkuat rasa pedasnya. Saking nikmatnya, makan nasi dengan bumbu rendangnya pun sudah bikin kenikmatan makan berlipat ganda.

 

4. Pempek

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Makan pempek bersama dengan kuah dan sambal cabe via food.detik.com

Makanan asal Palembang ini sudah mendapat tempat di lidah orang Indonesia. Kuahnya yang asam terasa lebih nikmat ketika ditambahkan sambal cabe yang pedas. Makan pempek akan terasa lebih seru bersama dengan kerupuk.

 

5. Ayam atau Lele Penyet

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Lele penyet bersanding dengan sambal dan lalap via food.detik.com

Makan hidangan ayam atau lele penyet akan terasa janggal jika tanpa sambal. Sambal penyet terdiri dari dua macam, yaitu sambal yang cabenya digoreng lebih dahulu dan sambal yang cabenya langsung diulek tanpa digoreng. Keduanya sama-sama pedas dan menambah nikmat makan hidangan penyet.

 

6. Bubur

Nikmatnya makan bubur ayam ekstra sambal via cookpad.com

Bubur yang dihidangkan untuk balita atau orang sakit sudah pasti jauh dari berbagai macam sambal. Tapi coba lihat bubur santapan orang sehat walafiat. Pasti kamu akan menemukan tambahan sesendok dua sendok sambal dalam hidangan tersebut.

 

7. Seblak

 

7 Makanan yang Lebih Enak Jika disantap Pedas
Seblak pedas via lahaap.com

Jajanan Bandung yang terkenal sejak tahun 2000-an ini terbuat dari kerupuk mentah, makaroni, sayuran, telur, ayam, daging ayam, sosis, dan bakso. Bahan bumbu racikannya asam jawa, kencur, jahe, tomat, bawang putih, bawang merah, gula, pasir, garam, dan juga cabe. Seblak enak dimakan hangat-hangat dan pedas.

 

Sekadar tips, bagi kamu pencinta pedas, pastikan kamu minum air putih atau teh hangat setelah makan makanan pedas. Hal tersebut dapat membantumu meredakan panas di lidah dan tenggorokan.

 


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply