7 Inspirasi Bekal Sehat agar Makan Siangmu Makin Asyik

Bosan makan siang di kantor dengan menu yang itu-itu saja? Merasa kesehatan dan berat badan makin mengkhawatirkan? Kamu enggak sendirian kok. Hampir semua pekerja kantoran punya problem yang kurang lebih sama.

Supaya makan siang di kantor jadi lebih menyenangkan dan menyehatkan, coba deh bawa bekal sendiri. Semarakkan bekal makan siangmu dengan menu sehat nan enak di lidah. Menu-menu di bawah ini bisa jadi inspirasi bekal sehat kamu.

 

1. Overnight Oats

inspirasi bekal sehat
Oatmeal yang identik sebagai makanan orang sakit bisa kamu buat jadi lebih meriah via connachtgold.ie

Siapa sih yang belum tahu kalau oatmeal itu makanan sehat? Selain mengenyangkan, oatmeal juga memiliki segudang manfaat mulai dari memberi tambahan energi, menurunkan kolesterol, hingga menurunkan berat badan.

Enggak ada salahnya menjadikan oatmeal bekal makan siang di kantor. Tapi jangan bayangkan bekal ini seperti bubur oatmeal yang biasa dimakan lho ya. Overnight oats ini dijamin lebih enak di lidah.

Untuk membuatnya masukkan susu dan oatmeal ke dalam wadah yang bisa ditutup dan dibawa. Tambahkan juga buah-buahan dan makanan sehat seperti kacang almon atau yoghurt. Simpan semalaman di kulkas dan bawa saat kamu berangka ke kantor. Setelah semalaman direndam dalam susu dan makanan lain, rasanya akan semakin enak dan teskturnya juga jadi lembut.

 

2. Bento Vegetarian

Menarik plus sehat, yang tidak tertarik makan bento pasti lupa cara bersyukur via id.pinterest.com/MinaBaby2797

Para pecinta makanan jepang pasti sudah tahu bekal makan siang ala negeri matahari terbit tersebut. Ya, apalagi kalau bukan bento. Pembuatan bento ada seninya tersendiri. Selain harus enak, bentuknya pun harus cantik dan menarik di mata.

Supaya kamu semangat ketika membuka bekal, kreasikan bento-mu ke dalam bentuk-bentuk yang lucu. Di internet banyak sekali tutorial cara membuat bento yang unik. Sebagai permulaan, pilih yang paling mudah dulu, selanjutnya kamu bisa membuat ke dalam bentuk yang butuh keahlian tinggi.

Bento-mu jangan cuma terlihat menarik saja, tapi juga harus sehat. Gunakan bahan yang segar dan alami. Supaya berat badan tetap terjaga, pilih pula bahan-bahan yang rendah lemak.

 

3. Sandwich Vegan

Roti lapis isi nangka katanya bisa diolah jadi seperti rasa daging via cookingsgood.com

Membuat sadwich vegan memang gampang-gampang susah. Mudah saja menumpuk sayur-sayuran di antara roti, tapi rasanya belum tentu enak. Namun kalau kamu sudah mengerti bagaimana mengatur keseimbangan rasa, pasti kamu akan ketagihan.

Sebagai pengganti daging kamu bisa menggunakan bahan yang mudah didapat seperti misalnya nangka. Rasanya katanya bisa seperti babi panggang. Sementara untuk mayones, kamu bisa menggunakan alpukat atau saus kacang sebagai penggantinya.

 

4. Nasi Goreng Rendah Lemak

Untuk menggorengnya ganti minyak goreng dengan minyak zaitun via cookspiration.com

Nasi goreng sepertinya sudah menjadi bekal wajib untuk semua orang, dari anak SD sampai pekerja kantoran. Sayangnya selain tinggi kalori, sajian nasi goreng pada umumnya juga kurang sehat.

Untuk mengubah menu ini jadi lebih sehat, sewaktu memasak ganti minyak goreng dengan minyak zaitun. Gunakan putih telur tanpa kuningnya untuk dicampur dalam nasi. Tambahkan lauk yang dibakar (jangan digoreng) dan terakhir berikan sayuran mentah sebagai lalapan.

 

5. Salad Tinggi Protein

Tambahkan lauk supaya lebih mengenyangkan via lifestylemedicalcenters.com

Kalau kamu sedang diet, coba bawa bekal salad ke kantor. Perbanyak kandungan protein dalam saladmu. Tambahkan lauk seperti ayam bakar tanpa kulit. Hindari terlalu banyak memberi keju. Selain lebih rendah lemak, kreasi salad seperti itu juga lebih mengenyangkan. Kamu bisa tenang menyantapnya tanpa perlu takut berat badan bertambah.

 

6. Bekal Paleo

Menu makanan ala manusia prasejarah via bronwynhudson.com

Diet paleo adalah pola makan yang mengutamakan asupan makanan sealami mungkin. Makanan diolah dengan pemrosesan minimal, yang kalau bisa semirip mungkin dengan pola makan manusia prasejarah. Pola makan ini dipercaya membuat kita semakin sehat karena jauh dari junk food dan berbagai tambahan zat kimia dalam makanan.

Walaupun kedengarannya tidak menarik, tapi sebenarnya banyak resep dan kombinasi makanan paleo yang enak. Selain itu karena minim pengolahan, menu makanan paleo ini relatif lebih mudah dibuat. Kamu bisa berselancar di internet untuk mencari menu yang seperti itu.

 

7. Kentang Tumbuk Nonkarbohidrat

Kentang tumbuk yang bukan dari kentang via frugalnutrition.com

Mash potato atau kentang tumbuk terkenal lezat dan menjadi favorit banyak orang. Makanan ini tentu saja cocok untuk jadi bekal makan siang. Hanya saja kandungan karbohidratnya yang tinggi sering membuat orang berpikir dua kali sebelum mengonsumsinya.

Jangan kuatir, ada cara untuk mengakalinya. Kamu bisa mengganti kentang dengan kembang kol. Kembang kol yang dikukus dan dihancurkan bentuknya akan mirip dengan kentang. Tambahkan sedikit garam, ayam panggang, dan sayuran segar untuk membuat bekal makan siangmu tersebut jadi lebih semarak.

 

Sedikit menyisihkan waktu bangun pagi untuk membuat bekal ini tentu tidak jadi masalah. Atau kalau kamu tidak mau repot, coba cari orang yang menjalankan bisnis lunch box. Minta buatkan menu-menu seperti ini pada mereka.


 

Leave a Reply