7 Cara Sederhana Mengekspresikan Kreativitas Saat Waktu Luang

Kreativitas adalah kemampuan yang sangat penting bagi seorang manusia. Semua penemuan dan karya yang mengubah dunia sumbernya dari kreativitas manusia.

Namun jangan berpikir untuk mengekspresikan kreativitas kamu harus jadi sejenius Picasso atau secemerlang Mozart lebih dulu. Banyak cara sederhana mengekspresikan kreativitas yang bahkan bisa kamu lakukan saat waktu luang. Cara-cara tersebut, antara lain:

 

1. Menyanyikan Perasaan

 cara sederhana mengekspresikan kreatifitas
via afv.com

Buatlah lagu yang mencerminkan perasaanmu. Tidak usah berpikir untuk membuatĀ lagu seperti penyanyi atau penggubah lagu. Ciptakan lirik dengan irama lagu favoritmu. Luapkan perasaanmu saat itu. Kalau ingin mencoba lebih kreatif, kamu bisa coba-coba menciptakan irama sendiri.

 

2. Menulis Bebas

cara sederhana mengekspresikan kreatifitas
via andreajwenger.com

Tuliskan apapun perasaanmu saat itu dalam blog atau jurnal untuk konsumsi pribadi. Kamu bebas menuliskannya di dalam buku catatan pribadi atau dalam aplikasi untuk menulis.

Kalau kamu ingin menciptakan suatu karya, coba tulis puisi sederhana atau mungkin surat cinta kepada orang yang kamu taksir diam-diam. Bisa juga kepada dirimu sendiri. Kalau kamu sedang mencari solusi, coba tulis pertanyaan dan jawablah sendiri seakan kamu sedang menjawab rubrik pertanyaan. Hal ini dapat memberikan kejelasan padamu.

 

3. Kolase Pikiran

via id.pinterest.com/weerwolfje

Ada saat-saat kita merasa ruwet dengan banyaknya lintasan pemikiran dan begitu kompleksnya perasaan. Pada saat seperti itu, cobalah berkreasi untuk menjernihkan pikiran dan perasaan.

Tuliskan kata atau istilah yang cukup mewakili pikiran atau perasaan. Beri poin-poin, lalu ambil kesimpulan secara keseluruhan. Visualisasikan poin-poin tersebut lewat gambar yang sesuai lalu tempelkan menjadi kolase cantik.

 

4. Menari Semaunya

via goodnet.org

Cara sederhana mengekspresikan kreativitas yang juga dapat kamu lakukan adalah menari. Lagi-lagi kamu tidak harus selincah Agnes Monica ataupun segemulai Retno Maruti. Kamu cukup menggerakkan tubuh sesuai musik dan irama.

Selain efektif untuk menyalurkan kreativitas dan perasaan, menari juga menyehatkan tubuh. Tubuh yang aktif bergerak dapat memompa kerja jantung sehingga darah mengalir lancar.

 

5. Fotografi Amatir

via iso.500px.com

Kini semua orang bisa menjadi forografer dadakan. Berbekal kamera smartphone plus aplikasi edit foto, kamu sudah bisa menciptakan foto-foto yang indah.

Selain merangsang kreativitas, aktivitas fotografi juga membantu kamu peka terhadap keadaan. Kamu dapat mengabadikan objek-objek keseharian, pemandangan indah, ataupun orang yang ditemui sehari-hari. Biarkan orang lain melihat kreativitas.

 

6. Bermain Peran

via thedoctorwhocompanion.com

Ekspresikan diri dengan cara bermain peran. Lakukan yang gampang-gampang saja. Kamu tidak harus melakukannya bersama orang lain kalau malu. Hafalkan saja satu adegan yang paling kamu suka dari suatu film, lalu berperanlah sesuai karakter tersebut. Lebih bagus lagi jika kamu memainkan adegan yang menggambarkan perasaanmu saat itu.

 

7. Menggambar Bebas

via brooklyndoodle.com

Bawalah pensil atau alat tulis di tas. Cobalah menggambar bebas untuk mengungkapkan hal-hal yang ada di dalam pikiran. Kamu bisa menggambar saat menunggu antrian, saat jenuh di kantor, atau ketika senggang di rumah.

Gambarmu tidak usah berbentuk jelas atau bagus, bisa saja abstrak atau garis-garis tidak beraturan. Yang penting kamu rileks dalam melakukannya.

 


 

(Visited 2 times, 1 visits today)