Persiapkan 7 Hal Ini Sewaktu Membuka Stan Pameran

Salah satu revolusi mental yang nyata dari seorang entrepreneur adalah memanfaatkan peluang promosi sebaik-baiknya. Pameran atau bazar merupakan ajang yang potensial untuk menjajakan produk karena biasanya ajang ini menarik banyak pengunjung.

Supaya enggak kelabakan menghadapi pengunjung atau calon pembeli yang melihat-lihat, persiapkan hal-hal ini sewaktu membuka stan pameran.

 

1. Alat Peraga atau Manekin

Banyak variasi manekin saat ini, semua tergantung kebutuhan dari produkmu via pinterest.com

Jika produk yang kamu jajakan adalah produk fesyen seperti pakaian atau aksesori, barang pertama yang harus ada adalah manekin. Alat peraga ini penting sehingga pembeli tertarik serta dapat membayangkan penampakan produk tersebut ketika dipakai.

Sesuaikan bentuk manekinnya dengan kebutuhan produkmu. Misalnya, produk yang kamu pamerkan atau jual adalah bandana, tidak perlu menyediakan manekin seluruh tubuh, cukup bagian kepala saja. Namun bila produk yang kamu jual adalah gaun terusan, tentu membutuhkan manekin seluruh tubuh.

 

2. Sampel Produk atau Tester

Daya tarik produk dilihat dari testernya via lifeofpingkan.com

Bagaimana jika produk yang kamu jual adalah kosmetik, makanan, atau minuman? Jangan membawa manekin ke stan. Tidak ada gunanya. Hal yang justru harus kamu persiapkan adalah tester.

Tester atau sampel produk ini berguna agar pengunjung tahu kemasan, bau, rasa, atau warna produk yang kamu tawarkan. Mungkin kamu akan menghabiskan banyak tester, tapi kalau produkmu bagus dan disukai, pasti banyak yang jatuh hati dan tertarik membeli.

 

3. Air Minum Kemasan atau Camilan

Camilan dan minuman ringan akan membuat obrolanmu dengan calon pembeli semakin asyik via disbudpar.acehprov.go.id

Jika kamu menjual produk yang membutuhkan penjelasan terperinci kepada pengunjung seperti produk kesehatan, asuransi, kendaraan, atau gadget sediakan air minum kemasan. Tambahkan pula camilan seperti permen atau coklat agar pengunjung bisa lebih betah dan rela berlama-lama di stanmu.

 

4. Spanduk dan Selebaran

Agar dari jauh, pengunjung bisa melihat informasi tentang produkmu via itb-asia.com

Saat membuka stan pameran jangan lupa juga menyiapkan spanduk dan selebaran. Sediakan cukup banyak selebaran kreatif yang bisa kamu bagikan ke pengunjung yang mampir ke stan ataupun yang sekadar lewat.

Sementara untuk spanduk, yang biasa digunakan dalam ajang pameran atau bazar adalah spanduk gulung (roll banner). Sesuaikan ukurannya dengan luas stan yang kamu sewa. Tempatkan spanduk tersebut pada sisi kanan atau kiri stan, tergantung letak stan dan arah datangnya pengunjung.

 

5. Mesin EDC dari Bank-bank Favorit

Sebaiknya kamu sediakan 2-3 mesin EDC dari bank-bank yang banyak digunakan nasabah via metrotvnews.com

Saat ini semakin banyak orang yang malas membawa uang tunai banyak-banyak. Mereka lebih memilih memakai kartu debit atau e-money untuk berbelanja.

Mengantisipasi pengunjung yang seperti itu, kamu harus menyiapkan mesin EDC atau Electronic Data Capture. Sediakan paling tidak 2 atau 3 mesin dari bank berbeda. Jangan sampai kamu kehilangan pembeli gara-gara stanmu tidak melayani pembayaran nontunai.

 

6. Kecukupan Stok Produk

Pastikan stok barang mencukupi via wollipop.com

Dalam pameran atau bazar kamu enggak bakal menyangka seberapa banyak orang yang akan menunjungi stanmu. Bisa jadi karena pameran diadakan pada akhir pekan atau tanggal muda, pengunjung ramai membeludak.

Supaya tidak menyia-nyiakan peluang, pastikan kamu menyimpan cukup banyak stok barang di dalam stan. Dengan begitu kamu tidak kehabisan ketika ada pembeli yang mencari.

 

7. Tas Belanjaan Trendi

Kalau desain shopping bag-mu unik, merek dagangmu pun akan mudah diingat via faviogutierrez.com

Bukan hanya harus punya cukup stok di dalam stan, kamu juga harus mempersiapkan wadah pembungkusnya. Supaya lebih terlihat mentereng kamu dapat memesan, membuat, atau mendesain tas belanja khusus.

Pembeli akan semakin senang belanjaannya punya wadah pembungkus yang apik. Di sisi lain, merek dagang produkmu akan semakin banyak dilihat orang.

 

Sudah siap berjibaku menarik perhatian pengunjung pada ajang pameran?


 

Leave a Reply