7 Elemen Penting yang Bisa Bikin Ruang Kantor Senyaman Rumah

Para pekerja kantoran menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Bisa dibilang kantor menjadi rumah kedua. Melihat kenyataan ini, enggak ada salahnya kan kalau kita menjadikan kantor senyaman rumah. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, kerja jadi lebih nyaman dan semangat.

 

1. Pencahayaan

kantor homey
Membawa lampu sendiri bisa membuat ruang kantor senyaman rumah via news.backtobarsoom.com

Pencahayaan di kantor dirancang untuk memudahkan orang bekerja, namun tidak semua orang cocok dengan pencahayaan tersebut.

Jika kamu termasuk orang yang tidak nyaman dengan cahaya di ruangan kantor, mintalah kepada bagian umum untuk mematikan lampu di atas meja kerjamu. Sebagai gantinya kamu dapat membawa lampu sendiri dengan penerangan yang nyaman.

Kalau pun tidak memungkinkan kamu dapat menggunakan penutup khusus kubikel yang dapat memfilter lampu yang terlalu terang.

 

Contoh penutup khusus kubikel untuk memfilter cahaya via flickr.com/photos/garyhoke

 

2. GelasĀ Pribadi

Mug dengan desain menarik asyik juga dibawa ke kantor via gettingpersonal.co.uk

Supaya badan tetap sehat dan pekerjaan lancar, ingat selalu untuk minum air yang cukup. Biar enggak kelupaan, coba bawa mug kesayanganmu dari rumah. Kamu juga bisa membeli peralatan makan sendiri agar acara makan minum di kantor makin personal.

 

3. Tanaman

Kubikel jadi lebih asri berkat tanaman hijau via therealinternista.wordpress.com

Melihat yang hijau-hijau sudah terbukti secara ilmiah dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks. Supaya ruang kantormu terasa lebih nyaman, kamu dapat meletakkan tanaman hijau di sudut kubikelmu.

Carilah tanaman yang memerlukan perawatan minimal seperti kaktus atau tanaman succulent. Taruh di wadah kecil yang cantik agar tidak mengganggu kerjamu. Kalau matamu sudah mulai lelah memandangi layar komputer, segera layangkan pandangan ke tanaman kecilmu.

 

4. Bantal Kursi

Menambahkan bantal sehingga duduk lebih nyaman via etsy.com/shop/nurdanceyiz

Satu studi menyebutkan bahwa kursi kerja merupakan alat pembunuh yang efektif. Terdengar mengerikan tapi memang benar adanya. Bayangkan sehari-hari kamu duduk diam dengan postur tubuh yang buruk sembari mengerjakan pekerjaan di kantor. Lama kelamaan tubuhmu akan menyerah.

Kalau memungkinkan, mintalah pada manajemen kantor untuk menyediakan kursi ergonomis yang lebih sehat bagi postur tubuh. Kalau tidak dapat terealisasi, berikan bantal pada dudukan kursi sehingga kamu bisa duduk dengan lebih nyaman.

 

5. Selimut

Berlindung pada selimut yang tebal via seattletimes.com

Entah kenapa gedung-gedung perkantoran senang sekali menyetel pendingin udara dengan suhu begitu rendah. Berada di ruangan kantor tidak ubahnya di kutub utara. Bukannya bekerja dengan produktif, kamu malah bisa sakit.

Bawalah selimut tebal yang layak untuk digunakan di kantor. Gunakan untuk melindungi tubuhmu dari hawa dingin. Tapi jangan bawa selimut dari zaman kamu kecil yang sudah buluk dan kumal ya.

 

6. Stok Makanan Sehat

Sediakan selalu camilan dan makanan sehat via bostonmagazine.com

Apa yang kamu lakukan di rumah saat tiba-tiba lapar? Pasti kamu akan mengambil makanan atau camilan dari tempat penyimpanan bukan? Coba lakukan hal yang sama di kantor. Tapi hindari makanan tidak sehat yang malah akan membuat badanmu sakit. Simpan buah-buahan yang tahan lama seperti apel, serta camilan sehat rendah lemak.

 

7. Dekorasi Sesuai Kepribadian

Jadikan bilik kerja yang kamu gunakan sebagai cerminan dirimu via ConfettiStyle .com

Dekorasi ruangan kantor dengan hal-hal yang membuatmu tambah semangat dalam bekerja. Banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Kamu dapat meletakkan foto orang kesayangan atau fotomu dalam momen yang membahagiakan. Bisa juga memberikan sentuhan seni berupa lukisan kecil atau poster yang menarik. Meletakkan hiasan-hiasan kecil atau suvenir kala pelesir juga dapat menghiburmu sewaktu suntuk bekerja.

 

Punya ide menarik lain untuk menjadikan kantor senyaman rumah? Bagikan di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply