5 Trik Mengecoh Diri untuk Menabung

Sulit menabung bisa bikin kesehatan keuangan kamu kritis. Daripada pusing karena tiap bulan kebobolan, mungkin kamu perlu mencoba trik-trik mengecoh diri untuk menabung di bawah ini. Ayo revolusi mental!

 

1. Gunakan Semua Uangmu

via howstuffworks.com

Pikiran manusia lebih tertarik untuk membelanjakan uangnya ketimbang untuk disimpan. Jadi daripada meratapi betapa sulitnya menabung, belanjakan saja semua uangmu.

Lho berarti jadi tambah boros dong? Triknya, dalam daftar belanja, sisipkan juga pos belanja tabungan. Kamu membelanjakan uang tersebut khusus untuk ditabung. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengatur rekening tabungan secara otomatis mengambil sejumlah uang untuk masuk ke pos tabungan setiap bulannya.

Alhasil semua uangmu habis, termasuk untuk tabungan. Cerdas, kan?

 

2. SimpanĀ Uang Kembalian

via janesenglishblog.blogspot.co.id

Punya dompet kecil? Bagus, tapi jangan belanjakan uang di dalam dompet tersebut. Sebaliknya, setiap akhir hari, rogoh semua isi dompetmu dan masukkan ke dalam tabungan. Setiap bulan, keluarkan tabunganmu dan masukkan ke dalam rekening bank. Sedikit demi sedikit akhirnya jadi gunung!

 

3. Nikmati Setiap Kemewahan

via huffingtonpost.com

Senang memanjakan diri tapi takut kebiasaan tersebut akan menjadikanmu semakin boros? Daripada tidak sama sekali, lebih baik lakukan sekali-sekali tapi kamu nikmati benar-benar. Soalnya kalau ditahan-tahan, malah bisa meledak dan berujung membelanjakan uang tanpa perhitungan.

Misalnya kamu suka nonton film di bioskop atau traveling. Kurangi kuantitas nonton atau traveling, tapi tambahkan kualitasnya. Kalau biasanya nonton di bioskop fasilitas standar, bisa kamu ganti dengan bioskop yang menawarkan fasilitas lebih mewah. Dengan begitu kamu menikmati setiap sen uang yang kamu keluarkan dan akan lebih rela untuk menabung.

 

4. Kenakan Pajak

via wondermomwannabe.com

Sebelum kamu membelanjakan uangmu untuk pembelian secara spontan, kamu perlu mengenakan pajak terhadap dirimu sendiri. Tahan dirimu jika keinginanmu tidak benar-benar diperlukan dan langsung tabung sejumlah harga barang tersebut.

Di akhir bulan, kamu dapat mengevaluasi kembali apa yang benar-benar kamu butuhkan. Di saat seperti ini pikiranmu akan lebih netral untuk melakukan pembelian yang bijak.

 

5. Buat Jadi Menyenangkan

via thebusinesswomanmedia.com

Hal-hal yang menuntut komitmen panjang seperti menabung akan terasa tidak menyenangkan karena kamu harus mengendalikan diri setiap waktu. Lama-lama bisa jadi kamu akan merasa tertekan. Bagaimana kalau kamu mengubah tekanan tersebut ke dalam bentuk yang lebih menyenangkan?

Buat permainan dengan teman, pasangan, atau keluarga untuk saling berlomba siapa yang bisa menabung paling banyak. Tiap minggu atau bulan, kalian dapat saling melihat catatan tabungan dan menikmati perasaan senang ketika menang.

Bisa juga menjadikannya ritual yang lebih rileks. Saat tiba waktunya menyusun anggaran pribadi, putar musik favorit, kenakan baju yang nyaman, serta sediakan camilan yang enak. Dengan begitu kamu jadi menanti-nantikan saat itu tiba lagi di lain waktu.

Jangan lupa, kalau kamu mencapai target menabung, beri hadiah pada dirimu. Merayakan kesuksesan akan memotivasimu untuk berusaha lebih baik.


 

Leave a Reply