9 Pengaturan Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30

Sadar atau tidak, usia 30 tahun merupakan salah satu titik krusial dalam hidup. Pada usia tersebut kamu harus mengucapkan selamat tinggal pada usia dewasa muda serta bersiap-siap menapak sebagai orang dewasa penuh. Kamu harus semakin bertanggung jawab, termasuk soal keuangan.

Kalau kamu saat ini belum sampai pada keadaan sesempurna itu, tidak usah cemas. Kedewasaan itu proses kok. Sebagai langkah antisipasi sekaligus melatih agar kamu dewasa dalam hal mengatur keuangan, lakukan hal-hal ini sebelum usia 30.

 

1. Memiliki Dana Darurat

Para perencana keuangan menyebutkan kamu harus punya dana darurat minimal sebesar enam bulan pengeluaranmu. Pendapat lain menyebutkan harusnya satu tahun dari jumlah tersebut sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan biaya pengobatan.

Saran mana yang paling baik? Punya dana darurat satu tahun memang sungguh baik, tapi kalau belum mampu menyanggupinya, dana darurat enam bulan pun tidak apa-apa. Yang penting kamu tetap mampu survive dan bangkit lagi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diharapkan terjadi dalam hidupmu.

 

2. Menabung untuk Pengeluaran Besar

Usia 30 merupakan masa di mana hidupmu bisa jadi akan mengalami banyak perubahan. Dari yang tadinya hidup sendiri jadi hidup berdua dengan pasangan atau bertiga dengan anak. Dari yang hanya punya gelar sarjana, jadi punya gelar magister.

Momen-momen hidup seperti menikah, lanjut kuliah magister, atau menjadi orangtua tentu akan menambah pengeluaranmu. Sudah siapkah kamu dengan perubahan tersebut? Sebelum usia 30, tidak ada salahnya mempersiapkan dana untuk itu semua.

 

Untuk melihat versi lengkap artikel ini kamu dapat mengunjungi tautan berikut 9 Hal yang Harus Kamu Lakukan Untuk Mengatur Keuangan Sebelum Usia 30 Tahun


 

Leave a Reply