Kompak Cari Keringat Bareng 5 Komunitas Lari di Indonesia

Pada dasarnya melakukan olahraga lari tidak butuh orang lain. Kamu bisa saja berlari menyusuri jalanan sendirian. Hanya saja lari sendirian kadang kala membosankan. Kamu tidak ada kawan untuk diajak ngobrol, entah untuk mengevaluasi latihan lari yang baru saja dilakukan atau membicarakan topik lain di luar lari.

Atas alasan itu banyak penggemar lari yang membuat komunitas lari. Agendanya bahkan meluas bukan melulu berlari bareng tapi juga melakukan kegiatan sosial bersama. Kalau kamu tertarik, coba deh iseng ikutan kegiatan beberapa komunitas lari berikut ini.

 

1.      Indo Runners

Indo Runners merupakan komunitas terbesar bagi para penggemar lari di Indonesia. Bukan hanya di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bali, dan Makassar, komunitas ini juga sudah terbentuk di kota yang lebih kecil seperti Kendari, Ponorogo, Wonosobo, dan Cianjur.

Program yang Indo Runners rutin lakukan adalah lari bareng setiap Kamis malam yang dimulai pukul 8 malam, lari saat Car Free Day, dan lari hari Minggu pagi.

 

2.      Rush Runners

Komunitas lari Rush Runners didirikan oleh Jeremy Tobing pada tahun 2013 di Jakarta. Komunitas ini didirikan selain sebagai tempat berkumpul para penggemar lari, juga sebagai wadah sharing hal-hal yang berkaitan dengan lari. Sesuai dengan nama komunitas ini, Rush, yang merupakan singkatan dari Run and Share (Berlari dan Berbagi).

Program rutin Rush Runners adalah Night Rush, yakni lari malam yang dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Rutenya supaya tidak bosan tentu berbeda-beda, dong.

 

3.      Kendos Runners

Komunitas lari yang satu ini berbasis di Surabaya. Nama Kendos merupakan singkatan main-main dari kentol bledos yang berarti betis meledak dalam bahasa Jawa. Penggagasnya adalah enam anak muda Surabaya yang punya hobi berlari. Selain berolahraga lari, anggota Kendos Runners juga kadang-kadang mengadakan acara yang berhubungan dengan kesehatan dan alam, lho.

Kalau kamu tertarik berlari bareng Kendos Runner, datang saja ke Parking Lot Grand City Convex Surabaya setiap hari Rabu malam pukul 19.30.

 

4.      Playon Jogja

Playon Jogja merupakan komunitas lari Indo Runners cabang Jogja. Komunitas ini terbentuk pada tahun 2012. Penggagasnya adalah Thea Rizkia dan kawan-kawannya yang memiliki hobi sama, berlari.

Program rutin Playon tidak berbeda dengan Indo Runners yakni lari Kamis malam dan lari Minggu Pagi. Selain itu Playon juga punya kegiatan bulanan sepertir LongRun. Kalau ingin ikutan berlari bersama Playon, silakan datang ke depan BCA Jalan Jenderal Sudirman setiap hari Kamis 18.30.

 

5.      Lelarian Sana Sini

Nama komunitas lari yang satu ini juga tidak kalah unik, yakni Lelarian Sana Sini. Komunitas yang berlokasi di Jakarta ini sudah terbentuk sejak tahun 2015. Tujuan terbentuknya adalah untuk mengampanyekan hidup sehat serta nikmatnya olahraga lari kepada masyarakat luas. Oh iya, Lelarian Sana Sini juga telah resmi menjadi event organizer untuk berbagai acara lari lho.

Para anggota Lelarian Sana Sini biasanya rutin berkumpul setiap Selasa sore pukul 18.30 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan pintu XII. Kalau tidak berlari, mereka biasanya juga kadang melakukan aerobik atau zumba bareng.

 

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan sewaktu bergabung dengan komunitas lari. Selain makin termotivasi dalam berlari, kamu juga bisa menambah jejaring pertemanan. Tubuh sehat dan banyak teman, kualitas hidupmu pun jadi meningkat.

 


 

5 Comment

  1. Wildan says: Reply

    Waduh keren keren yaa grup lari nya ,,pgn ikut gabung hehhe

  2. anggita says: Reply

    wiiih it’s really nice!!!

  3. Astutikurniasih says: Reply

    Lagi happening bgt niy olahraga yg satu ini… Yuksss lariiii…. ?

  4. Tabhita dwi apriani says: Reply

    Let’s run…. sehat mahal harganya

  5. Illga says: Reply

    Biar olahraga makin semangat bagus juga nih ??‍♀️

Leave a Reply