Perayaan-Perayaan April Mop di Dunia

Beberapa negara punya hari hari khusus di mana orang-orang bebas melemparkan candaan atau mengerjai orang lain. Hari tersebut memang tidak jadi hari libur nasional, tapi tetap banyak orang yang tertarik merayakan. Malahan tradisi lempar guyonan antarteman atau sanak famili ini juga semakin meluas setelah perusahaan-perusahaan menggunakannya sebagai gimik pemasaran.

Penasaran negara mana saja yang punya tradisi seperti ini?

 

1. Amerika Serikat

via kidskonnect.com

Di Amerika Serikat, hari khusus untuk mencandai orang lain itu jatuh pada tanggal 1 April. Pada hari yang dikenal sebagai April Fools’ Day itu setiap orang sudah bersiap-siap untuk dikerjai maupun mengerjai orang lain. Tradisi ini begitu dinantikan karena banyak yang sudah merencanakannya jauh-jauh hari.

Yang terkena guyonan harus legawa. Kalau tidak rela mereka bisa membalasnya tahun depan. Seru juga ya!

 

2. Perancis

via frenchmomentsblog.com

Sama seperti di Amerika Serikat, orang Perancis juga merayakan hari guyonan setiap tanggal 1 April. Bedanya di Perancis, hari itu disebut sebagai Poisson d’Avril atau April Ikan.

Tradisinya, murid-murid sekolah akan saling mengerjai dengan cara menempelkan gambar ikan ke punggung temannya secara diam-diam. Gambar ikan tersebut akan dibiarkan sampai anak tersebut mengetahuinya sendiri.

 

3. Iran

via payvand.com

Hari ke 13 pada Tahun Baru Persia (Iran) dinamakan Sizdah Bedar dan biasanya jatuh pada 1 April. Pada tanggal ini, orang Iran melakukan guyonan satu sama lain. Konon orang-orang Persia sudah melakukan tradisi ini sejak tahun 536 SM, yang menjadikannya tradisi guyonan tertua di dunia.

Sesuai tradisi, orang-orang merayakan hari tersebut dengan duduk santai sore-sore dan berpiknik di halaman merayakan datangnya tahun baru. Mereka akan makan dan minum bersama sambil melemparkan candaan. Setelah itu mereka akan melempar sayuran hijau yang dinamakan sabzeh sebagai tanda buang sial atau tolak bala selama setahun ke depan.

 

4. Spanyol

via bookofdaystales.com

Orang Spanyol merayakan hari guyonan mereka, Holy Innocents Day, pada tanggal 28 Desember. Tradisi ini bermula dari hari raya Perjamuan Besar Kristiani. Namun kemudian berkembang menjadi hari di mana ketika seseorang dikerjai, dia tidak boleh marah. Alasannya? Karena para pelaku dianggap sebagai orang tak bersalah.

 

5. Inggris

via topsecretagent.co.uk

Orang Inggris juga menetapkan tanggal 1 April sebagai hari untuk melemparkan candaan. Mereka akan meneriakkan “April fool!” kepada orang yang sedang dikerjai karena mereka berhasil dibodohi atau dikerjai.

Menurut para ahli folklor di Inggris, semua lelucon seharusnya dihentikan saat tengah hari. Jadi kalau ada orang yang masih mengerjai, si badut kesiangan itulah yang harus dianggap sebagai orang bodoh.

 

6. India

via aljazeera.com

India memiliki perayaan Holi yang diselenggarakan pada 31 Maret untuk merayakan musim semi. Perayaan ini lebih banyak dikenal sebagai perayaan warna-warni karena pada hari ini semua orang, baik penduduk lokal maupun mancanegara akan turun ke jalan dan melemparkan bubuk warna-warna ke orang lain. Bahkan banyak turis yang sengaja datang untuk menjadi bagian dari perayaan yang indah ini.

Banyak yang tidak tahu kalau perayaan Holi ini juga merupakan hari dimana semua orang boleh melemparkan candaan dan mengerjai orang lain. Salah satunya adalah dengan melemparkan serbuk warna tersebut.

 

7. Indonesia

via wikihow.com

Beberapa kalangan anak muda di Indonesia juga mengadopsi tanggal 1 April sebagai hari guyonan. Versi Indonesianya disebut sebagai April Mop. Perayaan ini memang belum terlalu populer, namun makin banyak yang melakukannya untuk sekadar bersenang-senang. Perusahaan-perusahaan Indonesia bahkan juga ada yang ikutan membuat guyonan untuk meramaikan sekaligus sebagai ajang promosi.

 

Becanda sewaktu April Mop tetap harus tahu batas ya. Inti perayaan ini kan untuk senang-senang dan seru-seruan.


 

Leave a Reply