Enggan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi!

Saat ini sudah makin banyak jenis pekerjaan yang tidak perlu dikerjakan di kantor. Di era digital ini, kamu bisa mengerjakan pekerjaan lepasan dari rumah, coworking space, atau tempat lain yang lebih fleksibel. Bayarannya pun lumayan lho. Mau tahu pekerjaan freelance apa saja yang punya bayaran menggiurkan?

 

1. Ahli Pemrograman dan Pengembang Perangkat Lunak

7 Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi
via medium.com

Kalau kamu mengerti bahasa pemrograman komputer, coba deh perdalam kemampuanmu. Pertumbuhan industri perangkat lunak meningkat pesat, sehingga ahli pemrograman atau pengembang perangkat lunak yang cakap akan diburu banyak perusahaan.

Selain karena faktor permintaan industri, bayaran ahli pemrograman dan pengembang perangkat lunak terbilang tinggi karena tingkat kesulitannya juga tinggi.

Di Amerika Serikat, programmer yang cakap dapat mengenakan tarif 150 dolar atau per jam. Kalau dirupiahkan kira-kira per jamnya 2 juta rupiah. Bayangkan sendiri berapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan.

 

2. Penulis

7 Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi
via matthewkressel.net

Penulis freelance merupakan salah satu pekerjaan lepasan yang paling umum saat ini. Kamu bisa memilih untuk menjadi penulis konten, copywriter, bloger, marketing writer, dan lain-lain.

Sebagai pemula, bayaranmu mungkin masih murah. Namun kalau kamu mengasah keterampilan dan mendalami subjek yang kamu sukai, maka portofoliomu akan makin banyak. Semakin banyak portofoliomu, harga yang kamu ajukan ke klien juga bisa semakin tinggi.

Tarif pekerjaan untuk penulis top di UpWork, salah satu situs jaringan untuk pekerja lepas, adalah sekitar 15 sampai 100 dolar AS per jam. Menggiurkan, bukan?

 

3. Desainer dan Pengembang Web

via hren.hr

Meski banyak bisnis memasarkan produknya via media sosial, mereka tetap butuh situs web sebagai rumah tempat menaruh profil perusahaan. Peran desainer web amat vital untuk menciptakan tampilan situs yang mencerminkan visi dan misi perusahaan.

Mau tahu berapa bayaran yang didapatkan desainer web? Seorang desainer web bernama Jonathan Wold dapat menghasilkan 5 ribu dolar AS per bulan dari hasil mengembangkan platform WordPress untuk berbagai perusahaan.

 

4. Media Sosial

Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi
via marketingland.com

Seperti sudah disinggung sedikit di poin sebelumnya, media sosial sudah mengambil peran penting dalam kerja pemasaran. Banyak industri membutuhkan pakar media sosial untuk mengelola media sosial perusahaan. Tujuan akhirnya sudah jelas: menggaet pelanggan.

Di Amerika Serikat, manajer media sosial lepasan tingkat pemula biasanya mengenakan tarif 15 dolar per jam. Lain halnya kalau sudah berpengalaman dan berkredibilitas tinggi. Mereka bisa mengajukan tarif sampai 250 dolar AS per jam. Kalau dirupiahkan sekitar 3,3 juta rupiah.

 

5. Desainer Grafis

via weirdscholarships.net

Berbahagialah kalau kamu punya banyak ide kreatif serta mahir mengaplikasikan aplikasi pengolah grafis. Menurut UpWork, desainer grafis merupakan pekerjaan lepasan yang paling dicari dan bayarannya tertinggi nomor dua dibanding pekerjaan lepasan lain. Keahlian yang paling banyak dibutuhkan adalah desainer infografis, selanjutnya logo, ikon, dan menyusul ilustrasi.

Mulai kumpulkan hasil-hasil kreasimu untuk dijadikan portofolio. Kamu juga bisa memajang hasil desainmu di situs seperti Behance atau Deviantart. Intinya, aktiflah mempromosikan karya. Jangan hanya menunggu klien yang datang kepadamu.

 

6. Penerjemahan

Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi
via huffingtonpost.com

Kalau punya kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mencoba bidang penerjemahan. Semakin globalnya dunia bisnis yang ditunjang oleh penetrasi internet menjadikan pekerjaan menerjemahkan semakin banyak dicari. Bahasa yang saat ini sedang naik daun dan bayarannya tinggi adalah Bahasa Korea, namun bahasa lain tetap memiliki pasarnya tersendiri.

Bayaranmu akan ditentukan berdasarkan pengalaman, sertifikasi, dan tentu saja rekomendasi baik. Carilah sertifikasi profesional untuk penerjemahan sehingga klien semakin percaya dengan kualitas terjemahanmu. Tidak lupa juga buat profil diri semenarik mungkin di situs portal jual beli pekerjaan lepasan seperti Freelancer atau UpWork.

 

7. Fotografer

Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Tertinggi
via pexels.com

Dunia yang semakin peka dengan kebutuhan visualisasi yang baik juga menguntungkan profesi fotografer. Banyak peluang penghasilan yang bisa kamu manfaatkan berbekal kemampuan dan peralatan fotografimu.

Kamu bisa menjual foto stok ke situs-situs seperti Shutterstock atau Dreamstime. Bisa juga menjual jasa memotret untuk keperluan pernikahan. Keahlian memotret fotografer akan sangat menentukan tampilan foto saat prewedding ataupun saat hari-H pernikahan.

Berinvestasilah pada peralatan yang baik. Instrumen fotografi yang baik sangat menentukan kualitas fotomu. Sama seperti bidang usaha lain, instrumen ini adalah modalmu untuk bekerja.

 

Itulah beberapa pekerjaan freelance dengan bayaran tinggi. Pilih sesuai minat dan kemampuanmu. Seperti kata iklan salah satu produk rokok, kerja enggak harus di kantor.


 

(Visited 4 times, 1 visits today)