9 Tips Hemat Belanja Bulanan di Supermarket

Hidup yang megap-megap di tanggal tua bisa kembali lega setelah gaji masuk. Pada momen tersebut kamu sudah bisa belanja bulanan lagi, mengisi stok kebutuhan selama sebulan.

Namun jangan mentang-mentang rekening kamu kembali penuh, nafsu belanja gila-gilaan kamu turuti. Kamu justru harus melakukan tips-tips hemat belanja bulanan berikut ini agar uang tidak cepat habis.

 

1. Bawa Daftar Belanja Bulanan

Tulis sedetil mungkin barang dan bawaan yang mau kamu beli via greenandgorwing.org

Bagi yang sudah terbiasa mengurus sendiri kebutuhan bulanan sendiri, pasti sudah hafal luar kepala barang-barang yang perlu dibeli saat belanja bulanan. Tapi ada baiknya tetap membawa daftar belanjaan. Tujuannya supaya tidak kelupaan membeli barang-barang yang perlu dibeli dan tidak kebablasan membeli barang yang tidak penting-penting amat.

 

2. Patuh pada Bujet yang Sudah Ditetapkan

Biar mengingatkan kamu supaya patuh sama bujet yang sudah dibuat via prier.com

Bukan cuma membawa daftar belanjaan, kamu juga perlu menuliskan besaran bujet untuk belanja. Biasanya perencanaan bujet tersebut kamu buat ketika menulis daftar belanjaan. Kalau sudah dibuat, ya wajib kamu patuhi. Jangan cuma jadikan sekadar coret-coretan.

 

3. Bayar Pakai Uang Tunai, Debit, dan Kartu Kredit, Tergantung Kebutuhan

Kamu lebih suka pakai yang mana? via financial.com

Apapun metode belanja yang kamu pakai, entah pakai uang tunai, kartu debit, atau kredit, sesuaikanlah dengan kebutuhanmu. Semua ada plus minusnya sendiri-sendiri.

Bila kamu berbelanja menggunakan kartu kredit, biasanya ada saja toko atau gerai yang menawarkan harga khusus untuk pembelian produk tertentu. Ingin berbelanja menggunakan kartu debit? Jumlah yang kamu bayarkan akan sesuai nominal yang tertera. Kamu jadi terhindar dari kembalian pakai permen.

Yang paling hemat tentu saja berbelanja menggunakan uang tunai. Dengan membayar secara langsung pakai uang tunai, secara riil kamu akan merasakan perbedaan ketebalan dompetmu. Kamu jadi berpikir dua kali ketika harus membeli barang yang tidak penting-penting amat.

 

4. Jangan Lupa Bawa Kartu Anggota

Kan lumayan kalau dapat piring atau payung cantik gratis via plus.com

Saat ini hampir semua supermarket membuat fasilitas keanggotaan. Orang-orang yang mendaftar menjadi anggota akan diberikan kartu anggota. Keuntungan menjadi anggota, kamu bisa mendapatkan harga promo khusus anggota, aksesori cantik untuk pembelian nominal tertentu, atau poin akumulasi setiap kali berbelanja.

Hadiahnya memang tidak selalu ada, tapi enggak ada ruginya membawa kartu tersebut tiap kali berbelanja. Siapa tahu kamu terpilih jadi pelanggan setia dan berhak dapat penghargaan khusus.

 

5. Perhatikan Syarat Promo pada Produk

Cek dengan teliti harga promonya via thebalance.com

Ketika sedang berbelanja, entah bulanan atau darurat, keberadaan promo amat ditunggu-tunggu. Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, sampai anak muda, semua tertarik dengan promo.

Nah, bagi kamu yang berbelanja sambil berburu promo produk, jangan ragu untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Alih-alih mau hemat, kamu bisa jadi malah tekor karena harga promonya ternyata enggak sesuai dengan yang ada di kasir.

 

6. Sebelum Pergi Belanja, Pastikan Perut dalam Kondisi Kenyang

Biar nggak jajan di supermarket via dayadigital.com

Agar hemat belanja bulanan, sebaiknya kamu makan dulu di rumah. Dengan perut kenyang, kamu jadi lebih fokus belanja. Ini juga agar perutmu tak manja ingin mencoba berbagai makanan yang ada di sekitar supermarket. Kalau tidak dikontrol bisa-bisa uangmu lebih banyak habis untuk beli jajanan ketimbang beli kebutuhan bulanan.

 

7. Memilih dengan Cermat Boleh, tapi Jangan Kelamaan

Berputar-putar di area supermarket berulang-ulang kan lumayan bikin pegal juga via casaaranaz.com

Membandingkan harga barang yang satu dengan yang lainnya atau memilih kualitas antarproduk tentu boleh-boleh saja. Aktivitas seperti itu malah bisa jadi harus kamu lakukan agar puas dengan kualitas barang yang kamu beli.

Hanya saja jangan terlalu lama dan keasyikan menganalisis. Selain membuang-buang waktu, kamu juga bisa tergoda memborong semua barang sekaligus karena tidak bisa memutuskan.

 

8. Hitung Harga Versimu

Jadilah kasir bagi diri sendiriĀ via edenlifenigeria.com

Biar enggak kena tipu-tipu harga, sebaiknya sambil memilih belanjaan kamu hitung sendiri juga harganya. Ketika sampai di kasir, cocokkan harga versimu dengan harga yang tertera di mesin. Beda 500 perak saja, kalau kamu membeli 10 barang, berarti sudah rugi 5000 rupiah.

 

9. Cek Kembali Setruk dari Kasir

Sama nggak harganya dengan jumlah harga versimu? via sebarkanlah.com

Sebelum keluar dari supermarket periksa lagi setruk belanjaanmu. Gunanya, jika ada kesalahan penghitungan, barang yang terlupa, atau harga yang enggak sesuai, kamu bisa komplain saat itu juga.

 

Belanja bulanan penting untuk dilakukan karena menyangkut hajat hidupmu selama satu bulan. Tapi ingat juga untuk menyisihkan uang supaya tidak langsung habis setelah belanja bulanan.


 

Leave a Reply