Semarakkan Foto Liburanmu dengan Mengunjungi 5 Museum di Jogja Ini

Jogjakarta memang memiliki banyak tempat menarik untuk difoto. Kamu bisa memotret makanan-makanan unik di Jogja. Bisa juga mengunjungi candi lalu berfoto bersama teman-teman.

Namun ada tempat lain di Jogja yang tidak kalah menarik untuk dijadikan objek foto, yakni museum. Inilah museum-museum Jogja yang Instagrammable agar foto liburanmu jadi fantastis!

 

1. Ullen Sentalu

museum Jogja yang instagrammable
via darkmagiciant.blogspot.co.id

Museum yang dinobatkan sebagai museum terbaik Indonesia versi situs web wisata Trip Advisor ini terletak di daerah Pakem, Kaliurang. Letaknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogjakarta. Udara Kaliurang yang sejuk plus koleksi museum yang mempesona dijamin akan membayar semua rasa capekmu selama perjalanan.

 

museum Jogja yang instagrammable
via yogyakartaguidedriver.com

Museum ini terdiri dari banyak ruang. Ruang pertama yang akan kamu sambangi adalah Ruang Seni dan Gamelan. Di sini kamu bisa mengabadikan foto-foto seperangkat koleksi gamelan beserta pernak-perniknya.

Ruang selanjutnya adalah Guwo Selo Giri. Ruang yang terkesan berada di bawah tanah ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Mataram. Tidak ketinggalan kamu bisa melihat lukisan dan benda-benda kerajaan yang unik.

Museum dengan banyak ruang terbuka, ukiran batu, dan jendela kaca besar ini nampak elok jika difoto. Apalagi dalam keadaan teduh.

 

museum Jogja yang instagrammable
via pergigo.com

Usai keliling museum, kamu bisa menyambangi toko cendera mata bernuansa etnik Jawa. Di sana kamu bisa memesan minuman hangat yang resepnya berasal dari Gusti Nurul Kusumawardhani. Beliau merupakan putri bangsawan yang terkenal akan kecantikannya. Kamu juga bisa bersantai melepas lelah di Restoran Beukenhof yang bergaya Eropa.

 

2. De Mata Trick Eye 3D Museum

museum Jogja yang instagrammable
via gingerbreadandtea.wordpress.com

Terletak di area basemen Gedung Umar Kayam, Pasar Seni XT-Square Umbulharjo, Museum De Mata memiliki 120 koleksi lukisan 3D. Setelah membayar tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah, kamu bisa berfoto dengan latar belakang lukisan 3D. Hasil foto yang tercipta pasti seru-seru.

 

museum Jogja yang instagrammable
via setelahkuliah.wordpress.com

Ilusi yang akan kamu temui banyak macamnnya. Mulai dari ilusi berfoto dengan selebriti, berada di gunung terjal, sampai jalan-jalan ke tempat terkenal seperti menara Eiffel di Paris. Masing-masing lukisan memiliki foto kecil dan properti pendukung untuk memudahkan pengunjung berada pada sudut pengambilan gambar yang tepat. Pokoknya kegemaranmu untuk bernarsis ria benar-benar difasilitasi.

 

museum Jogja yang instagrammable
via kartikariani.wordpress.com

 

3. Museum Anak Kolong Tangga

via kolongtangga.blogspot.co.id

Nama Museum Kolong Tangga diambil dari lokasi museum yang memang terletak di bawah tangga gedung wisata pertunjukan Taman Budaya Yogyakarta. Museum ini digagas oleh seniman dan kolektor mainan berkebangsaan Belgia, Rudi Corens. Museum ini juga menjadi museum mainan anak-anak pertama yang ada di Indonesia.

 

museum Jogja yang instagrammable
via shamawar.wordpress.com

Interiornya yang berwarna-warni cerah dan penuh dengan cahaya sangat pas untuk menghasilkan foto yang cantik. Koleksi museum yang awalnya berkisar 3.000 buah, kini menjadi 10.000 buah. Pendek kata, kamu akan punya banyak objek menarik untuk difoto dan berpose.

 

museum Jogja yang instagrammable
via decouvrir-yogyakarta.blogspot.co.id

Tiap setahun sekali museum akan mengganti koleksi dan tema museum. Hal ini dilakukan agar pengunjung, baik orang dewasa maupun anak-anak, semakin tertarik dengan dunia mainan anak. Jadi kamu bisa datang tiap tahun untuk update foto liburanmu.

 

4. De Arca Statue Museum

museum Jogja yang instagrammable
via wajibbaca.com

De Arca Statue Museum adalah museum patung pertama di Indonesia. Lokasinya tepat di sebelah De Mata Trick Eye Museum. Kalau kamu ingin berkunjung, kamu harus membayar tiket terusan. Tapi jangan takut, harganya sebanding dengan keseruannya.

Museum ini terdiri dari tiga zona, yakni zona tokoh nasional, zona presiden dunia dan zona tokoh dunia. Di bagian awal zona tokoh nasional, kamu akan langsung disambut oleh pahlawan-pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dhien, RA. Kartini, dan Jenderal Soedirman.

Di bagian selanjutnya kamu bisa berfoto dengan tokoh-tokoh dunia seperti Gandhi. Bahkan para superhero idolamu juga ada lho!

museum Jogja yang instagrammable
via zhwart.xyz

 

5. Tembi Rumah Budaya

museum Jogja yang instagrammable
via anishidayah.com

Tembi Rumah Budaya berlokasi di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat Jogja mendirikan tempat ini sebagai wadah kreatif sehingga kamu bisa menyaksikan berbagai kegiatan seni budaya yang nampak ciamik ketika difoto.

 

museum Jogja yang instagrammable
via jogjainmymind.blogspot.co.id

Museum ini mempunyai koleksi benda-benda tempo dulu yang layak diabadikan seperti keris, tombak, bajak, gamelan, poster kuno, sepeda motor kuno, dan lain-lain.

Tembi juga memiliki kolam renang, perpustakaan dan penginapan bernama Rumah Inap Morangan. Kolam renangnya pun sangat jernih dan Instagrammable dengan pemandangan belakang langsung menghadap ke hijaunya sawah.

 

via museumjogja.com

Kalau mau foto kuliner, ada Waroeng Dhahar Pulo Segaran yang sangat artistik dengan konsep Jawa. Suasananya nyaman dan sejuk dengan pemandangan langsung ke sawah dan kolam.

Jangan lupa isi baterai kamera dan smartphone-mu ya. Sayang sekali kalau tempat-tempat menarik ini gagal kamu foto hanya gara-gara baterai gawaimu sekarat.

 

museum Jogja yang instagramable
via weneedmorestages.com