5 Aplikasi Paling Efektif agar Kerja Tim Makin Efisien

Salah satu syarat kerja tim berlangsung dengan baik adalah terjalinnya komunikasi yang lancar. Menyenangkannya, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi kolaborasi kerja tim yang dapat menunjang syarat tadi. Interaksi tim makin efisien sehingga tidak ada lagi istilah menunda-nunda pekerjaan. Yuk cek di sini untuk revolusi kerja dan revolusi mental.

 

1. Trello

aplikasi kolaborasi kerja tim
via lifehacker.com

Kalau membicarakan aplikasi kerja tim, nama pertama yang harus kita ingat adalah Trello. Selain gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan atau user friendly.

Trello menggunakan sistem kartu untuk mengawasi jalannya tugas dengan sederhana. Bentuknya mirip dengan tumpukan kartu di lemari arsip.

Di tiap kartu, kamu bisa menunjuk dan memberi notifikasi untuk orang yang bertanggung jawab akan suatu tugas. Kamu juga bisa menulis pesan, memberi komentar, menentukan tenggat waktu, melampirkan dokumen, melabeli kartu, dan memindahkan kartu ke folder manapun, dan lain sebagainya di kartu tersebut. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat perubahan pada kartu yang dilakukan oleh anggota tim.

 

2. Slack

aplikasi kolaborasi kerja tim
via forbes.com

Jika timmu terdiri dari orang-orang yang menyukai kerja tim secara interaktif dan menyenangkan, maka kamu perlu mencoba Slack. Aplikasi ini membantu tim untuk berkomunikasi melalui serangkaian chat room, yang dapat dipilah sesuai dengan jenis pembicaraannya.

Slack memberi kemudahan untuk menyertakan gambar bergerak dengan format GIF (Graphic Interchange Format) agar pembicaraan jadi lebih seru. Ingin mendapatkan update terbaru dari bagian pelayanan pelanggan atau bagian pemasaran perusahaan? Aplikasi ini mampu mengakomodir hal tersebut.

Kamu juga bisa mengintegrasikan sejumlah aplikasi lain untuk meningkatkan efisiensi kerja timmu. Sehingga kamu bisa mendiskusikan langsung dengan timmu untuk menentukan siapa yang bisa menangani suatu tugas.

Kalau timmu memiliki banyak departemen dan subdepartemen, coba tengok pake premium yang ditawarkan Slack. Paket ini memberikan akses kepada sejumlah tim, serta fitur keamanan tambahan, solusi penagihan perusahaan dan lain sebagainya. Slack juga telah merilis fitur voice call walaupun masih pada tahap awal.

 

3. Salesforce

aplikasi kolaborasi kerja tim
via salesforce.com

Salesforce adalah aplikasi bisnis penjualan dengan sejumlah fitur yang memungkinkan integrasi kerja tim yang mulus. Termasuk di dalamnya adalah berbagai aplikasi pendukung yang memungkinkan efektifitas kegiatan bisnis.

Aplikasi Sales Cloud-nya mampu memasukkan informasi kontak pelanggan dan tautan ke profil sosial mereka. Sehingga interaksi mereka dengan merek bisnismu dapat selalu dipantau.

Fitur Leaderboard-nya menunjukkan tingkatan hasil kerja tim penjualan. Akses untuk daftar tugas prioritas juga dapat dilihat pada satu halaman.

Social.com adalah aplikasi manajemen pengiklanan sosial untuk mengelola kampanyemu di semua sarana sosial media seperti Twitter dan Facebook. Kamu dapat mengatur segmen pasar yang hendak disasar serta waktu yang tepat untuk melansir iklan guna memaksimalkan jangkauan sosial.

Service Cloud adalah aplikasi portal data layanan pelanggan. Semua data layanan pelanggan berupa nomor operator, alamat e-mail atau tautan media sosial dapat disatukan dan diarahkan ke saluran saluran yang sesuai.

Jika ada masalah, maka ada fitur yang memberikan tanda untuk memberitahu anggota tim agar menindak lanjuti masalah tersebut. Kamu bahkan dapat melakukan video call melalui aplikasi.

Fitur Weekly Agent Productivity memberikan insentif untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. Sedangkan matriks kepuasan pelanggannya memberikan evaluasi akan hasil kerja timmu.

 

aplikasi kolaborasi kerja tim
via dp.sg

Aplikasi Google telah banyak berkembang dari ketika pertama kali dilansir. Kini kita dapat menikmati aplikasi G Suite yang membuat kerja tim semakin lancar jaya.

Aplikasi ini memberikan layanan standar seperti Google Docs, Drive, Calendar, dan Gmail. Selain itu terdapat fitur-fitur tambahan lain seperti Cloud Search yang dapat menyarankan file apa yang harus kamu lihat di awal hari.

Aplikasi G Suite untuk bisnis memerlukan tambahan biaya namun menyertakan fitur slide untuk kerja kolaborasi yang lebih baik. Masa percobaannya adalah 30 hari dan mengenakan biaya 5 dolar Amerika per anggota tim.

 

5. Dynamics Business Analyzer

aplikasi kolaborasi kerja tim
via kianoff.com

Dynamics Business Analyzer adalah aplikasi CRM (Customer Relationship Management) gratis dari Microsoft. Aplikasi ini menampilkan dasbor matriks berwarna-warni sehingga kamu dapat melihat, menyalin, menyunting, dan membaharui laporan secara langsung pada tampilan komputermu.

Kamu bisa menyesuaikan laporan mana yang ingin kamu masukkan pada dasbor, mulai dari laporan laba kotor sampai laporan penjualan per bulan. Asyiknya, aplikasi ini terintegrasi dengan Windows 8 dari Lync sehingga kerja tim kerjamu dapat berkolaborasi langsung di laporan.

 

Mana yang mau kamu coba duluan?