5 Alasan Entrepreneur Perlu Belajar Desain Grafis

Desain grafis untuk bisnis sama seperti baju yang dipakai seorang profesional. Desain produk atau merek yang bagus mampu menarik perhatian calon pembeli atau klien sehingga dapat menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Oleh sebab itu seorang entrepreneur sesungguhnya wajib belajar desain grafis jika mau sukses. Kurang yakin? Coba tengok 5 alasan dibawah ini.

 

1. Menyampaikan Pesan yang Tepat

desain grafis untuk bisnis
Via BKNPK.com

Tidak ada yang dapat memahami bisnismu lebih baik daripada kamu sendiri. Sepandai apapun seorang desainer grafis, ia pasti memiliki keterbatasan dalam menerjemahkan pesan yang ingin kamu sampaikan.

Itulah sebabnya sangat penting bagi seorang entrepreneur untuk mampu melakukan desain grafis untuk menunjang bisnisnya. Jika kamu sendiri mampu melakukan desain grafis, maka kamu akan dengan lancar dapat menerjemahkan apa yang ada di dalam visimu ke dalam imaji atau citra yang sesuai.

 

2. Efektifitas dan Efisiensi

desain grafis untuk bisnis
Via jonobacon.com

 

Alur kerja suatu bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor. Baik tim kerja, entrepreneur bisnis itu sendiri, maupun diselesaikannya tiap komponen dari produksi.

Desain grafis memainkan peranan penting di banyak faktor bisnis. Dari desain logo sampai poster promo terbaru, semuanya memerlukan strategi dan kreatifitas yang tinggi. Komunikasi yang baik antara seorang entrepreneur dengan seorang desainer grafis juga sangat menentukan hasil akhir dari desain. Oleh sebab itu seringkali suatu desain sederhana memerlukan waktu yang lama dan revisi yang berulang kali.

Bayangkan jika tiap kali kamu harus merilis suatu produk atau mengubah tatanan desain situs bisnismu kamu tidak perlu menunggu hasil dari pihak lain. Jika kamu sendiri yang mampu membuat desain, tentu saja alur kerja bisnismu akan lebih efektif dan efisien.

 

3. Kesan Pertama Sangat Menentukan

desain grafis untuk bisnis
Via webalive.co.au

Penampakan produkmu sangat menentukan untuk menangkap perhatian calon pembeli atau klien. Seorang konsumen atau klien tidak akan mengetahui kualitas produk atau layananmu saat pertama kali melihat. Betapapun bagusnya produk yang kamu jual, mereka pertama-tama harus tertarik untuk kemudian mencoba.

Sebagai seorang entrepreneur, sangat penting untuk mengelola kesan pertama yang ingin kamu berikan. Jika kamu dapat melakukan desain grafis, maka penampilan pertamamu dapat dengan mudah diselaraskan dengan citra keseluruhan yang ingin kamu tonjolkan.

 

4. Kesatuan Tema

desain grafis untuk bisnis
via flickr.com

Desain yang menarik dan tepat guna dengan font yang cocok serta pilihan warna yang menarik akan membuat keseluruhan bisnismu tampak apik. Bayangkan situs dengan warna yang terlalu mencolok namun memiliki logo dengan warna pastel. Tentu tidak bagus bukan?

Desain grafis digunakan di banyak tampilan bisnis. Terutama jika bisnismu sudah semakin besar. Dari alat tulis seperti notes, pulpen, sampai seragam dan semua jenis publikasi.

Desain grafis untuk bisnis sebaiknya memiliki kesatuan tema yang baik. Hal ini dimaksudkan untuk membangun identitas bisnismu baik di dalam maupun di luar. Hal ini selain membangun citra yang baik secara eksternal, juga meningkatkan rasa kepemilikan pegawaimu.

Jika seorang entrepreneur mampu melakukan desain grafis yang baik, maka ia akan mampu merumuskan kesatuan tema yang baik untuk bisnisnya. Lama kelamaan bisnismu pun akan memiliki fondasi yang kuat.

 

5. Meringankan Keuangan

desain grafis untuk bisnis
Via hexjam.com

Alasan terakhir tentu saja masalah uang. Desainer grafis yang handal dibayar sangat mahal. Hal ini sangat lumrah mengingat tingkat kesulitan pekerjaan ini dan pentingnya desain grafis bagi suatu bisnis.

Jika kamu mampu melakukan desain grafus sendiri, maka kamu akan menghemat banyak sekali pengeluaran. Apalagi jika bisnismu sangat bergantung pada publikasi dan pencitraan.


 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply