13 Aktivitas Asyik untuk Menstimulus Kemampuan Motorik

Banyak dari kita menghabiskan waktu berjam-jam mengetik di laptop atau smartphone. Sadar tidak sadar kemampuan motorik halus tangan tidak kita gunakan secara maksimal karena kerja-kerja yang monoton tersebut.

Dampaknya kita jadi kurang luwes mengerjakan hal-hal praktis lain. Misalnya menulis tangan. Pasti ketika kembali menggerakkan pulpen atau pensil di atas kertas jadi agak terasa kaku.

Untuk memperkuat dan mengembalikan kembali kemampuan motorik halus tangan kamu, coba deh lakukan aktivitas berikut.

 

1. Genggam Bola Tenis atau Bola Karet

Tips Melatih Otot Motorik
Remas bola tenis sekuat-kuatnya via pixabay.com

Sediakan bola tenis atau bola yang terbuat dari karet. Genggam atau remas bola tersebut kuat-kuat. Selain bisa melepaskan stres, cara ini juga bisa melatih otot telapak tanganmu. Hati-hati jangan keterusan melemparkannya ke orang lain ya.

 

2. Main Tanah Liat atau Slime

Tips Melatih Otot Motorik
Berani kotor itu baik via pixabay.com

Ayo lakukan kembali aktivitas seperti di taman kanak-kanak. Gunakan tanah liat atau lilin mainan untuk membuat bentuk-bentuk yang kamu inginkan. Kalau tidak punya, kamu juga bisa menggunakan slime warna-warni. Aktivitas ini selain menyenangkan juga dapat menstimulus kemampuan motorik tanganmu lho.

 

3. Menggunting-gunting

Tips Melatih Otot Motorik
Hati-hati kena tangan via pixabay.com

Tangan jadi kaku karena mengerjakan aktivitas yang monoton. Berikan tantangan dengan cara menggunting permukaan yang punya ketebalan dan tekstur berbeda-beda. Gunakan gunting yang tumpul agar tantangannya makin terasa.

Kegiatan menggunting-gunting juga dapat melatih sinkronisasi visual dan gerakan tangan. Hanya saja berbeda dengan menggunting permukaan tebal, kali ini fokusmu adalah menggunting sesuai pola tertentu. Misalnya melingkar, melengkung, atau zig-zag.

 

4. Origami atau Melipat Kertas

Tips Melatih Otot Motorik
Bentuk sesukamu via pixabay.com

Lipatlah kertas sesuai dengan keinginanmu. Pada saat melipat, berikan tekanan pada garis lipatan. Lebih bagus lagi kalau kamu punya kertas origami yang sudah punya garis-garis lipatan.

 

Tips Melatih Otot Motorik
Bisa jadi peluang bisnis lho via pixabay.com

Dengan melakukan ini, kamu bisa melatih kemampuan motorik sekaligus berkarya. Malah kalau mahir melakukannya, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis membuat seserahan pernikahan.

 

5. Main Karet Gelang

Tips Melatih Otot Motorik
Nobita pun mahir melakukannya via brilio.net

Kaitkan karet gelang ke sela-sela jarimu lalu regangkan. Aktivitas ini efektif melatih kelenturan jari-jari. Supaya tidak asyik sendiri, kamu juga bisa mengajak teman bermain bersama.

 

6. Bermain Permainan Ketangkasan Tangan

Tips Melatih Otot Motorik
Main gunting, batu, kertas via pixabay.com

Genggam tanganmu sekuat-kuatnya selama beberapa menit. Lalu buka genggamanmu dan regangkan telapak tanganmu perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali. Alternatifnya, kamu juga bisa memainkan gunting, kertas, batu dengan teman-temanmu.

 

7. Meraba Huruf, Gambar, atau Pasir

Tips Melatih Otot Motorik
Mirip seperti meraba huruf Braille via pixabay.com

Penyandang tuna netra pada umumnya punya kemampuan motorik halus tangan yang baik. Keterbatasan penglihatan mereka imbangi dengan kemampuan sentuhan. Kamu bisa belajar dari mereka dengan cara meraba agak kuat di atas suatu gambar, huruf, angka, atau garis. Persis seperti cara penyandang tuna netra membaca huruf Braille.

Cara lain kamu juga bisa menuliskan sebuah kata di atas pasir, atau meraba kertas dan kain yang punya tekstur berbeda-beda.

 

8. Menulis dengan Tangan

Tips Melatih Otot Motorik
Aktifkan kembali kemampuan menulis tangan via pixabay.com

Kerja tangan yang monoton menjadikan aktivitas menulis tangan jadi terasa kaku. Giatkan lagi aktivitas menulis tangan supaya tidak kaku. Gunakan berbagai macam alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol, atau krayon.

Kamu bisa menulis jurnal pribadi berisi unek-unek. Tidak perlu khawatir tulisanmu jelek atau berantakan. Toh kamu menulis untuk dirimu sendiri.

 

9. Membuat Simpul dari Tali atau Pita

Tips Melatih Otot Motorik
Punya kemampuan membuat simpul memudahkan saat ingin memberikan kado via pixabay.com

Aktivitas mengikat tali atau pita mungkin terlihat sederhana tapi tetap dapat melatih kemampuan motorik kamu. Sewaktu mengerjakannya kamu melatih otak dan motorik halus berkonsentrasi membuat simpul sesuai yang diinginkan.

 

10. Mewarnai

Tips Melatih Otot Motorik
Saat ini toko buku sudah punya rak sendiri untuk buku mewarnai via truestressmanagment.com

Mengingat aktivitas mewarnai untuk orang dewasa makin ngetren, buku-buku mewarnai makin mudah kita temukan di toko buku. Kalau ingin yang gratisan, kamu bisa mencarinya di internet lalu mencetak sendiri.

Sewaktu mewarnai, pulaskan warna dengan perlahan. Lakukan dari gambarnya yang ukurannya kecil ke yang lebih besar.

 

12. Beraktivitas Menggunakan Alat-alat kecil

Tips Melatih Otot Motorik
Salah satu contohnya adalah dengan merajut via pixabay.com

Latih kemampuan motorik kamu dengan cara beraktivitas menggunakan alat-alat yang kecil. Aktivitas sederhana seperti memasukkan benang ke jarum bagi yang tidak terbiasa pasti lumayan sulit lho. Meski begitu, aktivitas tersebut dapat meningkatkan koordinasi visual dan tangan.

 

13. Main Alat Musik

Tips Melatih Otot Motorik
Main piano ramai-ramai via pixabay.com

Terakhir, dan yang tergolong paling asyik adalah memainkan alat musik. Kamu bisa melatih ketangkasan jari-jari lewat memainkan instrumen musik. Instrumennya tidak terbatas hanya alat-alat musik seperti gitar, piano, atau kecapi, tapi juga alat musik elektronik seperti launchpad.

 

Dari daftar di atas, aktivitas mana yang paling kamu sukai?


 

1 Comment

  1. […] usia ini anak kecil sudah mulai belajar mengenal suara, warna-warna, menggerakkan otot motoriknya, menirukan suara dan perilaku. Kamu bisa menghadiahkan buku yang banyak gambar, warna, dan bentuk […]

Leave a Reply