5 Peluang Bisnis Saat Musim Hujan

Saat musim hujan tiba biasanya akan ada gerutuan berjamaah dari orang-orang. Isi gerutuannya seperti cucian yang tidak kunjung kering, udara yang terlalu dingin, atau kondisi tubuh yang jadi rentan sakit. Di sisi lain, jika kita sikapi dengan lebih kreatif, banyak juga kok peluang bisnis saat musim hujan. Apa saja contohnya?

 

1. Bisnis Cuci Kendaraan

Bisnis cuci mobil via cardetailingdirectory.com

Saat musim hujan jalanan pasti jadi becek. Kendaraan entah motor atau mobil akan cepat kotor kena cipratan air dari jalanan. Tidak jarang kotornya sampai ke bagian-bagian kendaraan yang sulit dijangkau.

Kamu bisa mencoba membuka usaha cuci mobil atau motor. Sasaran pelangganmu adalah orang-orang yang malas mencuci mobil atau motornya sendiri. Entah karena tidak sempat atau ingin hasil cuci yang lebih maksimal.

Untuk memulainya tentukan lokasi yang tepat. Lokasi yang paling baik adalah yang dekat atau berada di pinggir jalan. Para pemilik kendaraan bisa dengan mudah mengarahkan kendaraan mereka ke tempat cuci mobil milikmu.

 

2. Bisnis Laundry Kiloan

Jasa pencucian pakaian di Medan via beritadaerah.co.id

Saat musim hujan matahari jarang-jarang bersinar cerah. Cuaca lebih sering mendung dan hujan. Alhasil banyak orang yang mencuci pakaian dengan setengah hati. Bagaimana tidak, proses mengeringkan pakaian saat musim hujan bisa lebih lama dari biasanya. Masih untung kalau pakaian tidak bau apek.

Kamu dapat mengambil peluang dari masalah tersebut dengan cara membuka bisnis laundry kiloan. Sasaran pelangganmu adalah orang-orang yang tinggal sendiri atau belum berkeluarga.

Untuk menarik pelanggan, berikan pelayanan yang cepat. Pelanggan tentu senang jika pakaiannya kering, bersih, dan rapi dalam waktu hitungan 3-4 jam. Karena itu kalau modalmu cukup, miliki sendiri mesin cuci dan pengeringnya.

 

3. Bisnis Perlengkapan Musim Hujan

Toko yang menjual jas hujan di Cirebon via cirebontrust.com

Meski sudah ada pepatah yang mengajarkan kita untuk sedia payung sebelum hujan, ada saja yang membandel. Saat musim hujan tiba mereka tetap tidak membawa payung atau ponco saat bepergian. Alhasil ketika hujan turun mereka merasa kelabakan mencari tempat berteduh.

Kamu bisa menjadi penyelamat dengan cara menjajakan payung atau jas hujan kepada mereka. Peralatan musim hujan seperti ini pasti banyak dicari orang saat musim hujan. Apalagi kalau kamu menawarkan produk yang bervariasi dan menarik, orang akan tambah tertarik untuk membelinya.

 

4. Bisnis Kuliner Hangat

Warung wedang kacang di Magelang via travel.kompas.com

Musim hujan yang cukup dingin membuat orang-orang jadi cepat lapar. Orang-orang tentu butuh asupan kuliner yang hangat. Tidak heran makanan seperti bakso, soto, dan mi rebus laris diserbu pembeli. Kalau minuman, yang jadi favorit orang-orang adalah sekoteng, wedang jahe, dan bajigur.

Kenapa tidak memanfaatkannya jadi ide bisnis? Kamu bisa ikutan bisnis kuliner hangat. Berikan harga yang terjangkau agar orang-orang mau singgah dan berlama-lama di kedai makanan atau minumanmu.

 

5. Bisnis Pakaian Hangat

Rak berisikan sweater Natal via odditycentral.com

Saat musim hujan, udara jadi lebih dingin sehingga membuat orang lebih nyaman menggunakan pakaian yang lebih tebal. Pakaian-pakaian tersebut seperti jaket, sweater, atau syal.

Kalau ketertarikanmu adalah bidang fesyen, tidak ada salahnya mencoba berbisnis pakaian hangat. Manfaatkan media sosial dalam mempromosikan barang daganganmu.

 

Ayo kira-kira usaha apa lagi yang laris saat musim hujan?


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply