7 Lomba Lari Unik yang Pasti Seru untuk Kamu Ikuti

Melakukan olahraga lari secara teratur menyehatkan tubuh. Menurut studi, berlari dapat mencegah obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kanker, dan penyakit-penyakit lainnya. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan kualitas mental dan emosi serta memperpanjang hidup seseorang.

Masih belum cukup yakin untuk menjajal olahraga lari? Sebagai permulaan, coba deh ikutan lomba-lomba lari unik ini. Lomba-lomba yang hadir dengan konsep menarik ini pasti akan tambah membuatmu yakin bahwa gaya hidup sehat itu asyik dan enggak membosankan.

 

1. Pacar Run

maraton unik
via pacarrun.com

Lomba lari unik bersama pasangan sudah banyak diadakan di seluruh dunia. Di Indonesia kita punya PacarRun.

Awalnya lomba ini diadakan untuk menyambut hari Valentine. Karena peminatnya cukup banyak, konsepnya berubah dari lari romantis menjadi lari bersama orang yang disayangi. Jadi kalau kamu masih jomblo, kamu bisa mengajak orangtua, saudara, atau teman untuk jadi partner lari.

Pasangan yang menang biasanya akan mendapat hadiah yang berbau-bau romantis, seperti hadiah liburan bulan madu. Kalau kamu berlari dengan adikmu, ya jadinya liburan keluarga.

Acara ini biasanya diadakan rutin tiap tahun. Kesempatan bagus untuk mengajak gebetan latihan lari, kan?. Siapa tahu Valentine tahun depan kalian berdua bisa ikutan PacarRun.

 

2. Vertical Run

via akangdudi.wordpress.com

Kalau bosan lari di jalanan mendatar, kamu bisa ikutan vertical run. Siapkan fisikmu karena lomba lari unik ini butuh stamina ekstra. Peraturannya, peserta harus berlari secepat mungkin menaiki anak tangga suatu gedung tinggi sampai ke puncak.

Di Indonesia, lomba lari semacam ini sudah pernah diselenggarakan di beberapa tempat seperti di Gedung Menara BCA dan Bakrie Tower. Peserta harus berlari menaiki 56 lantai Menara BCA dan 50 lantai Bakrie Tower. Kok kedengarannya melelahkan sekali ya?

 

3. Zombie Run

Zombie Run via AP Photo oleh Achmad Ibrahim

Lomba lari unik ini terbilang cukup santai. Peserta harus berdandan dan berlari menyeret-nyeret kaki ala zombie. Porsi olahraganya memang lebih sedikit dibanding porsi seru-seruannya. Meski begitu banyak juga kok yang benar-benar lari sehat. Tertarik ikutan?

 

4. Color Run

via susilohandayani.blogspot.co.id

Melihat kemiripan lomba lari ini dengan festival warna di India? Kamu enggak salah. Para pelari yang ikutan acara ini akan disiram bubuk pewarna persis seperti festival Holi di India.

Color Run dimulai di Indonesia pada Maret 2011 dan peminatnya ternyata luar biasa! Acara ini mempromosikan hidup sehat dan bahagia. Dengan moto “Happiest 5K on The Planet“, para pelari diharapkan dapat bersenang-senang berlari bersama komunitas pelari sepanjang rute 5 kilometer.

Sejak debut pertamanya, Color Run kini sudah diselenggarakan di 200 kota dan 40 negara tiap tahunnya.

 

5. Electric Run

via travel.detik.com

Kamu suka lari dan clubbing? Sekarang kamu bisa melakukan keduanya bersamaan!

Dengan konsepnya yang keren dan unik, acara ini menarik minat banyak anak muda. Baik yang doyan lari, maupun yang tidak. Peserta akan berlari mengenakan kostum lari yang sudah dilengkapi dengan lampu LED sehingga terlihat menyala, membawa glow stick, serta ditemani musik yang menghentak.

Tidak jarang acara akan diakhiri dengan panggung musik. Para pelari merayakan keberhasilan menyelesaikan rute dengan menikmati musik dan menari bersama. Seru!

 

6. Splash Run

via 365thingsaustin.com

Sesuai dengan namanya, Splash Run akan membuat peserta lari basah kuyup. Sepanjang rute lari penyelenggara menyiapkan berbagai rintangan seru seperti semprotan air, balon-balon, hingga zona busa dimana pelari bisa berlari sambil mandi busa. Para pelari bahkan ditantang untuk memanjat tali dan melewati jembatan sambil disemprot dengan pistol air oleh panitia.

Acara ini biasanya dapat diikuti oleh semua umur karena unsur fun-nya lebih diutamakan. Yuk ajak teman-teman dan keluarga untuk lari sehat.

 

7. The Music Run

via gusghani.wordpress.com

Lomba lari yang satu ini menawarkan berlari sambil diiringi berbagai jenis musik energik seperti pop, rock, dan dance. Para pelari mengenakan atribut yang disesuaikan dengan tema musik. Mau membawa properti tambahan yang masih berhubungan dengan musik seperti gitar-gitaran pun sah-sah saja. Ketika mencapai gari finis, para peserta akan disuguhi pertunjukan musik live. Acara larimu pasti enggak akan membosankan.

 

Sesudah mengikuti lomba-lomba lari di atas semangatmu untuk berlari pasti akan terpompa kembali. Barengi dengan aktivitas yang menarik agar larimu tidak membosankan.


 

Leave a Reply