Bingung Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan? Praktikkan 7 Tips Ini!

Menunda-nunda pekerjaan sepertinya sudah jadi momok hampir semua orang. Perilaku ini makin sulit diberantas karena sekeliling kita hari-hari ini penuh dengan distraksi. Mulai dari gim di gawai, media sosial, dan lain sebagainya.

Ayo revolusi mental. Jangan sampai perilaku ini berkembang jadi kebiasaan dan merusak produktivitas bekerja. Simak tips mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan berikut ini.

 

1. Buat Daftar Pekerjaan

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Tidak perlu berpusing ria karena sudah punya daftar pekerjaan via delineo.com

Dengan membuat daftar pekerjaan, semua yang harus kamu lakukan menjadi lebih jelas. Kamu tidak perlu berpusing-pusing ria karena rentetan tugas yang harus kamu selesaikan sudah tersusun dengan baik. Selain itu kamu juga jadi semakin termotivasi mencoret tugas satu per satu.

 

2. Pecah Pekerjaan Ke Dalam Porsi Kecil-Kecil

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Cicil pekerjaan pelan-pelan supaya bisa cepat selesai via allpilgrims.com

Salah satu alasan kita menunda suatu pekerjaan adalah karena secara tidak sadar kita menganggap pekerjaan tersebut terlalu besar atau rumit untuk diselesaikan. Untuk menyiasatinya, pecah pekerjaan tersebut menjadi porsi-porsi tugas yang lebih kecil.

Misalnya, ketika harus membuat laporan keuangan dalam sebulan, kamu bisa mengerjakannya lajur per lajur. Memodifikasi dari peribahasa Tiongkok, pekerjaan beratus-ratus lembar, dimulai dari baris pertama.

 

3. Ciptakan Jadwal Terinci

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Jadwal pengerjaan harus spesifik via powlesslaw.com

Kalau hanya menetapkan tenggat waktu pekerjaan, kamu akan cenderung menunda-nunda pekerjaan karena menganggap masih ada waktu. Alangkah lebih baik kalau kamu buat penjadwalan pekerjaan yang lebih spesifik. Dengan cara ini, kamu bisa menyelesaikan tiap langkah pada waktu yang ditentukan.

Buat timeline-mu mendesak, sehingga jika satu langkah tidak dilakukan, langkah-langkah selanjutnya akan sulit dilakukan. Mau tidak mau kamu harus melakukannya sesegera mungkin.

 

4. Hilangkan Pemicu Kebiasaan Menunda

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Singkirkan semua yang memicu distraksi organizeforsuccess.blogspot.com

Ketika melakukan tugas, entah itu beres-beres rumah atau menyelesaikan pekerjaan kantor, singkirkan segala sesuatu yang jadi pemicu untuk menunda-nunda. Kamu bisa menutup laman Facebook di komputermu, hilangkan suara notifikasi perpesanan di smartphone-mu, dan hal-hal lain semacamnya.

Buat agar semua hal yang kamu perlukan untuk melakukan pekerjaan gampang diakses dan tidak memberikan banyak distraksi. Dengan begitu, kamu akan lebih lancar dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

5. Berikan Sanksi dan Imbalan

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Sanksi dan imbalan tidak perlu rumit, yang penting efektif via linkedin.com

Melakukan kebiasaan baru tentu perlu tekad yang kuat termasuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan. Salah satu hal yang dapat mendorongmu untuk tetap disiplin adalah reward and punishment, atau pemberian hadiah atau sanksi.

Hadiahkan sesuatu pada dirimu sendiri ketika berhasil menyelesaikan tugas. Sebaliknya, berikan pula sanksi ketika kamu takluk pada kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Sanksi dan hadiah yang kamu berikan pada diri sendiri tidak perlu rumit namun harus efektif.

Misalnya kamu gagal menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat gara-gara keasyikan main gim di gawai. Sebagai bentuk hukuman, kamu bisa menyerahkan gawai tersebut kepada orangtua, pacar, atau rekan yang kamu percayai. Dengan begitu kamu tidak bisa memainkan gawai tersebut selama sisa hari.

Sebaliknya, jika kamu sukses mengabaikan smartphone selama menyelesaikan tugas, kamu bisa berikan waktu untuk main gim yang selama ini tidak sempat kamu mainkan.

 

6. Umumkan Niatmu

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Kan jadi malu jika janji tapi tidak bisa ditepati via inc.com

Salah satu alasan seseorang menunda-nunda pekerjaan adalah karena ia bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Coba bagikan tanggung jawab tersebut ke orang lain dengan cara mengumumkan niatmu.

Selain menegaskan motivasi, tindakan ini juga akan memaksamu untuk tetap disiplin. Kenapa? Usai mengumumkan niat, kamu punya tugas tambahan yakni mempertanggung jawabkan ucapan yang sudah kamu buat. Pasti malu dong kalau sudah berkoar-koar tapi kenyataannya tidak sesuai dengan yang kamu ucapkan.

 

7. Menunda untuk Menunda Pekerjaan

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Produktif sejak dari pikiran via appliedvisionworks.com

Bingung dengan kalimat ini? Sederhananya, ketika niat untuk menunda pekerjaan sudah melintas di kepala, segera berantas niat tersebut. Kamu bisa melakukan seperti yang di nomor 2, melakukan tugas dalam porsi kecil, agar sedikit demi sedikit pekerjaan segera dapat selesai.

 

Percaya deh, santai sesudah pekerjaan selesai itu leganya berlipat kali ganda dibanding santai kala menunda-nunda pekerjaan.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. Arman says: Reply

    Info yang menarik. Thanks

Leave a Reply