Masih Muda Tapi Kadar Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

Kalau dulu kolesterol berlebih umumnya diderita orang tua, sekarang masalah ini juga sudah menyebar ke anak muda. Gaya hidup tidak sehat dan makanan instan adalah beberapa pemicunya. Hal ini patut kamu waspadai karena kolesterol berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian.

Mulai dari sekarang, cek kesehatan dan kadar kolesterol secara berkala. Selain itu perbanyak makan makanan penurun kolesterol seperti makanan-mananan di bawah ini.

 

1. Beras Merah

Lebih bagus lagi jika beras merah yang kamu konsumsi organik via blogger.shopdb.jp

Beras merah punya banyak keunggulan dibandingkan beras putih biasa. Selain berkhasiat menurunkan berat badan, kandungan lemak beras merah juga sangat rendah sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Dari segi harga, beras merah memang lebih mahal dibandingkan beras biasa. Tapi harga tersebut tentu jauh lebih murah dibanding harus menebus obat penurun kolesterol di apotek.

 

2. Kacang-kacangan

Camilan kacang direbus atau disangrai saja via googirl.jp

Menurut hasil studi lembaga pengawasan dan obat Amerika (FDA), risiko terkena penyakit jantung bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi segenggam (42,5 gram) kacang-kacangan. Selain itu, studi yang berbeda menyebutkan makan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 25-27 persen.

Pilih saja kacang yang kamu suka, entah itu almond, hazelnut, kacang tanah, kacang pinus, kacang pistachio atau walnut. Jadi mulai sekarang ganti camilanmu. Jika tadinya kamu terbiasa makan makanan-makanan ringan tidak sehat, ganti jadi berbagai jenis kacang yang menyehatkan.

 

3. Sayuran

Siapa sih yang meragukan manfaat sayuran? Nggak ada!via officedeyasai.jp

Manfaat sehat yang bisa diperoleh dari sayuran tidak usah diragukan lagi. Berbagai vitamin, protein, dan zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh ada di dalam sayuran.

Untuk menurunkan kolesterol, kamu bisa memperbanyak mengonsumsi kubis, wortel, buncis, seledri, bayam, dan brokoli. Kandungan serat dan antioksidan dalam berbagai jenis sayuran tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol serta mengendalikan gula darah.

 

4. Buah-buahan

Buah-buah segar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh via tabippo.net

Sama halnya dengan sayuran, buah adalah jenis makanan yang wajib kamu konsumsi setiap hari. Selain mengandung vitamin, buah juga mengandung zat-zat yang ampuh menurunkan kolesterol.

Kamu misalnya bisa mengganti makan makanan berlemak dengan alpukat. Kandungan glutathione di dalamnya efektif menurunkan kolesterol. Contoh buah lain yang baik untuk kamu jadikan makanan penurun kolesterol adalah tomat, anggur, dan bluberi.

 

5. Gandum dan Oatmeal

Kamu lebih suka gandum atau oatmeal? via kotobank.jp

Praktis dan sehat adalah alasan banyak orang beralih mengonsumsi oatmeal atau gandum sebagai menu sarapan. Kedua makanan tersebut sangat baik untuk menurunkan kolesterol serta memperkecil risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan serat dalam secangkir secangkir oatmeal sama dengan kandungan serat secangkir beras merah ditambah satu buah pisang, apel, dan pir. Kurang sehat apalagi, coba?

 

6. Ikan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Minyak ikan katanya juga bikin pintar lho via sup-pedia.com

Cara lain untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Kalau kesulitan mendapatkan ikannya, kamu bisa membeli minyak ikan yang saat ini sudah banyak dijual di supermarket atau apotek. Bentuknya berupa kaplet atau kapsul.

Asam lemak omega 3 yang ada pada minyak ikan dapat mengikis plak pada dinding arteri, sehingga kolesterol akan berkurang secara perlahan.

 

7. Minyak Zaitun

Sejak dulu, minyak zaitun sudah terkenal baik untuk kesehatan via kawashima-ya.jp

Kalau agak kurang suka dengan bau minyak ikan, kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Caranya macam-macam. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng pada masakan. Bisa juga menjadikan minyak zaitun semacam saus sewaktu makan salad.

Mau kamu tegak seperti minum madu pun sah-sah saja. Saran penyajiannya adalah minum sesendok setiap hari, setengah jam sebelum makan makanan berat.

 

Barengi makan makanan penurun kolesterol ini dengan berolahraga. Dengan begitu kamu semakin jauh dari risiko yang ditimbulkan kolesterol berlebih.


 

Leave a Reply