9 Tips Ampuh Agar Mudah Beradaptasi di Tempat Baru

“Tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri”.

Setuju kan sama pepatah di atas? Hidup memang selalu berubah dan tidak pernah stagnan. Kadang di bawah, kadang di atas. Satu saat kamu hidup tenang di kota kecil, namun bisa saja tiba-tiba kamu harus pindah ke ibukota dengan semua dinamikanya. Begitu pula sebaliknya.

Bagi kamu yang sering senewen menghadapi perubahan, berarti kamu perlu mengedukasi diri dengan tips-tips di bawah ini. Moga-moga kamu mudah beradaptasi di tempat baru.

 

1. Menerima Keadaan

Beradaptasi di Tempat Baru
Jangan lari dari kenyataan via suggest-keywords.com

Lingkungan baru adalah kenyataan yang harus kamu hadapi. Inilah fakta utama yang harus kamu sadari. Jujurlah pada diri sendiri jika kamu merasa sedih dengan perubahan tersebut lalu maafkan dirimu.

Untuk membantu menerima perubahan dengan lebih legawa, coba deh praktikkan meditasi. Bila sudah mampu menerima keadaan, niscaya kamu bisa lanjut menangani hal lain dengan baik.

 

2. Cari Tahu

Beradaptasi di Tempat Baru
Pelajari daerah di lingkungan barumu via citiesjournal.com

Berada di lingkungan baru berarti kamu berada di tempat yang belum kamu kenali. Bagaimana caranya supaya kenal dan tahu? Ya, cari tahu.

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang lingkungan barumu. Mulai dari yang paling dasar untuk menunjang hidupmu sehari-hari. Cari tahu dimana tempat makan yang enak dan terjangkau, kepada siapa kamu harus melaporkan pekerjaanmu, ke mana kamu harus berobat kalau sakit, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui hal-hal mendasar, saatnya menjelajah lebih jauh.

Kegiatan ini selain berguna untuk keseharianmu juga dapat mengalihkan pikiranmu dari pikiran-pikiran negatif seperti sedih maupun resah. Ayo berjibaku mengenal lingkungan barumu.

 

3. Terbuka Terhadap Pengalaman Baru

Beradaptasi di Tempat Baru
Malas jalan-jalan ke pasar? Kamu belum hidup yang benar-benar hidup! Via intrepidtravel at youtube.com

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup seringkali membawa kebaikan dan peningkatan. Syaratnya kamu harus rileks dan membiarkan pengalaman baru datang kepadamu.

Pandanglah pengalaman baru sebagai kesempatan untuk meluaskan zona nyamanmu. Jika kamu selalu mencoba hal dan pengalaman baru, maka semua tempat akan menjadi zona nyamanmu.

 

4. Sopan

Beradaptasi di Tempat Baru
Jabat tangan dengan sopan jika bertemu rekan kerja di kantor baru via pbs.org

Dalam hidup ada prinsip-prinsip yang sifatnya universal, berlaku kapan pun dan di mana pun. Baik itu di tempat lama maupun di tempat barumu saat ini. Salah satunya adalah berinteraksi dengan sopan.

Di lingkungan baru, kamu tentu belum paham benar karakter orang-orang di sekelilingmu. Bisa saja maksudmu baik tapi orang salah menangkapnya. Karena itu usahakan untuk berpikir dulu sebelum bicara.

 

5. Cari Kesempatan untuk Menciptakan Koneksi

Beradaptasi di Tempat Baru
Nimbrung obrolan kantor supaya diundang nobar via businessinsider.com

Lingkungan baru berarti ada orang-orang baru yang belum kamu kenal. Kamu belum kenal mereka sama seperti mereka belum mengenalmu. Wajar kok kalau awalnya muncul rasa sungkan dan tidak nyaman.

Tips menghadapi situasi seperti ini adalah buka mata dan pasang telinga lebar-lebar. Cari peluang untuk ikutan acara sosial yang ada di lingkungan barumu. Bercakap-cakap dengan santai dan jangan malu untuk menanyakan adakah acara yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu sudah cukup pede, mengusulkan acara kumpul bareng juga sah-sah saja.

 

6. Hemat Energimu

Beradaptasi di Tempat Baru
Santai dulu menikmati kota baru via smithsonianmag.com

Beradaptasi di lingkungan baru sudah cukup menghabiskan energi dan waktu. Kamu tidak perlu menambah masalah dengan memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk atau terburu-buru ingin menyesuaikan diri.

Lebih baik berpikir positif dan tidak terlalu risau dengan apa yang terjadi. Perubahan biasanya membuat orang menjadi lebih peka terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya. Padahal bisa saja apa yang ada dalam pikiranmu ternyata tidak separah kenyataan.

Tidak usah ngoyo untuk menyelesaikan daftar tugas di tempat baru. Beri waktu bagi dirimu untuk bernapas dan bersantai menikmati momen-momen pertamamu. Beri memori yang indah untuk saat-saat pertama di lingkungan barumu.

 

7. Gabungkan Hal Familiar ke Lingkungan Baru

Beradaptasi di Tempat Baru
Biasa makan siang sendirian di kafe dekat kantor lama? Lakukan saja di kantor barumu via Alice in Paris at Youtube.com

Perubahan yang terjadi secara cepat kadang-kadang bisa membuatmu shock dan bahkan mati kutu. Ada baiknya kamu menggabungkan hal-hal yang sudah familiar bagimu di tempat baru.

Kamu bisa melakukan kebiasaan di tempat lamamu seperti makan siang sendirian di kafe dekat kantor, atau membawa cangkir kopi yang selalu kamu pakai di rumah ke kantor baru. Berikan sentuhan-sentuhan familiar yang membuatmu nyaman agar kamu dapat lebih mudah beradaptasi.

 

8. Ciptakan Pola Baru

Beradaptasi di Tempat Baru
Coba joging di komplek rumah barumu via blog.mapmyrun.com

Lingkungan baru menawarkan kesempatan untuk menciptakan kebiasaan baru. Misalnya di lingkungan lama kamu malas berolahraga, di tempat yang baru kamu bisa mulai rutin joging.

Bisa juga sesederhana mencoba model rambut baru. Dari yang tadinya berambut hitam legam, kamu ingin menambahkan sedikit warna lain. Hal ini berguna untuk membuat lingkungan barumu menjadi tempat yang lebih familiar.

 

9. Rawat Dirimu

Beradaptasi di Tempat Baru
Siapa bilang laki-laki tidak boleh mandi busa? Di rumah barumu apapun mungkin. Via killingthebreeze.com

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah merawat dan menyayangi dirimu sendiri. Orang yang dihadapkan pada perubahan seringkali terlalu berkutat dengan keadaan eksternal sehingga melupakan yang terjadi dalam dirinya sendiri.

Karena itu di lingkungan baru sekalipun ingat untuk memenuhi kebutuhan dasar. Sediakan waktu untuk bersenang-senang. Berikan tubuh makanan yang sehat dan tidur yang cukup. Kamu bahkan bisa mencoba memanjakan dirimu walaupun hal tersebut tidak terpikirkan sebelumnya.

 

Kalau kamu sendiri apa yang biasanya kamu lakukan agar mudah beradaptasi di tempat yang baru? Bagikan di kolom komentar ya.


 

(Visited 7 times, 1 visits today)

7 Comment

  1. Muhamad Choirudin says: Reply

    Berguna banget sarannya..

  2. Muhamad Choirudin says: Reply

    Berguna banget sarannya.. makasi jadi mandiri

  3. Heeemmm pas bnget nich…sm ky pas q awal kerja dan pas baru ngerasain mutasi…berasa bnget bingungnya…tp lm2 terbiasa jg…hehehe

  4. andry says: Reply

    luar biasa sekali artikel nya

  5. andry says: Reply

    luar biasa sekali artikel nya,,sangat menginspirasi

  6. Perubahan itu memang tidak mudah diawal. Tapi pasti, dgn adanya perubahan akan lebih banyak impact positifnya. Mau tau apa saja:
    1. Tentu saja rekan Baru sahabat Baru.
    2. Kompetensi Baru.
    3. Peluang usaha Baru atau semakin berkembang.
    4. Anda akan lebih tangguh dalam segala situasi.

  7. Cepri Hari Mulyono says: Reply

    Bener banget ini, sangat bermanfaat.

Leave a Reply