5 Alasan Tidak Perlu Terlalu Sering Gonta-Ganti Smartphone

Baru beberapa minggu perusahaan A merilis produk smartphone terkini mereka, eh perusahaan B mengeluarkan produk smartphone yang enggak kalah canggih. Kamu harusnya sudah enggak heran dengan situasi seperti itu. “Perang ponsel” semacam ini bahkan sudah berlangsung pada masa ponsel belum secerdas sekarang alias era feature phone.

Di mata konsumen, hal ini tentu bikin galau. Orang yang sudah punya smartphone bisa jadi tergiur untuk membeli yang baru. Tapi, perlukah diganti? Ini dia alasan tidak perlu terlalu sering gonta-ganti smartphone.

 

1. Smartphone harganya pasti turun

Jangan sampai tabunganmu habis demi gonta-ganti smartphone ya! via beritasatu.com

Sebagus apapun smartphone, kalau sudah bekas, pasti harganya turun. Bahkan pada beberapa kejadian, turunnya bisa sangat drastis lho. Daripada kamu merugi karena harga jual smartphone lamamu tidak sebanding dengan harga smartphone baru yang ingin kamu beli, lebih baik kendalikan keinginan untuk terlalu sering gonta-ganti smartphone.

 

2. Fitur smartphone baru tidak jauh berbeda dengan fitur smartphone lama

Fitur smartphone baru dengan yang lama kadang enggak jauh beda via phonebunch.com

Tidak ada smartphone yang benar-benar sempurna. Coba saja perhatikan ponsel incaranmu. Pasti ada saja kekurangannya dibanding dengan ponsel lain. Bisa saja fitur kamera dan kapasitas memorinya bagus, tapi mesinnya lebih lambat dibanding ponsel merek C. Malah bisa saja ada fitur smartphone lamamu yang masih lebih oke dibanding fitur ponsel keluaran baru.

 

3. Biasanya hanya karena terpengaruh iklan dan lapar mata

Jangan mudah tergoda! via beritasatu.com

Biasanya alasan lain orang kepingin gonta-ganti smartphone adalah karena terpengaruh iklan. Di iklan, smartphone tersaji begitu menarik. Memiliki smartphone tersebut seperti jadi capaian tersendiri. Padahal biasanya antusiasme seperti itu cuma di awal-awal saja. Seperti semua barang lain, pada akhirnya kamu bakal bosan juga.

 

4. Menambah sampah elektronik

Sering-sering ganti smartphone malah menambah sampah elektronik via businessinsider.com

Semua produk yang kita gunakan turut menyumbang jumlah sampah yang ada di muka bumi, termasuk smartphone yang kamu gunakan. Kalau kamu rajin gonta-ganti smartphone berarti akan ada semakin banyak ponsel-ponsel yang teronggok menjadi sampah. Padahal sampah elektronik termasuk salah satu sampah berbahaya yang tidak dengan mudah diurai oleh bumi lho.

 

5. Smartphone ibarat kekasih. Semakin kamu lama menggunakannya, kamu makin memiliki ikatan batin

Smartphone juga butuh disayang lho via androidPIT.com

Pernah enggak sih kalian merasa punya ikatan batin sama smartphone? Seperti sudah menjadi teman yang selalu ada di mana pun kamu berada atau sedang dalam kondisi apapun. Yang selalu menjadi kenangan ketika kamu jatuh cinta atau patah hati dengan seseorang. Perasaan seperti ini nggak bakal dimiliki oleh mereka yang sering gonta-ganti smartphone.

Kebutuhan dan gaya hidup saat ini memang menuntut kita untuk memiliki smartphone karena memiliki banyak fungsi. Tapi lebih dari itu, kita tak perlu juga untuk mengikuti pasar, karena yang ada nanti kamu hanya akan kecanduan smartphone yang pasti berbahaya bagi diri sendiri.


 

Leave a Reply