5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Lari Maraton

Semua orang bebas mengikuti lari maraton, tapi coba deh perhatikan. Dari sekian banyak orang yang ikutan, sedikit yang benar-benar bisa sampai di garis finis.

Kalau kamu tertantang untuk menjejakkan kaki hingga garis finis, terlebih dulu persiapkan hal-hal ini sebelum lari maraton.

 

1. Keadaan Fisik

Pastikan tubuh fit sebelum memutuskan ikutan lari maraton via fashionlady.in

Ketika kamu tertarik ingin ikut lari maraton, pastikan kondisi fisikmu mendukung niatan tersebut. Jauh-jauh hari sebelum kompetisi lari maraton diselenggarakan, konsultasikan kesehatanmu ke dokter.

Cari tahu sudah siapkah tubuhmu berlari hingga belasan kilometer. Jangan karena nafsu berkompetisi lebih besar dari kemampuan, akhirnya kamu malah tumbang di arena lari.

 

2. Gizi Makanan

Jaga asupan makanan via diabetes-hebdo.com

Jika kondisi fisikmu cukup prima untuk mengikuti ajang lari maraton, hal lain yang harus kamu persiapkan adalah gizi makanan. Pilihlah makanan yang mengandung banyak air, karbohidrat baik (seperti oatmeal), zat besi, vitamin C, serta lemak baik (seperti salmon dan minyak ikan).

Jangan lupa juga tambahkan asupan protein ke dalam makananmu sehari-hari. Telur rebus, kacang-kacangan, susu, dan olahan ikan adalah contoh makanan yang kaya akan protein.

 

3. Porsi Latihan

Latihan bikin stamina dan kemampuan semakin oke via wikihow.com

Hanyalah keajaiban seseorang mampu berlari belasan hingga puluhan kilometer tanpa pernah latihan sebelumnya. Pilihan yang lebih rasional tentu saja kamu harus mempersiapkan jadwal latihan. Dengan begitu kemampuan dan staminamu dalam berlari semakin meningkat.

Bagi pelari pemula, mulailah latihan 2-3 kali seminggu. Jadwalnya kira-kira seperti ini:

Senin: Jalan santai

Selasa: Istirahat

Rabu: Joging/tempo

Kamis: Istirahat

Jumat: Sprint/Lari cepat

Sabtu: Istirahat

Minggu: Lari jarak jauh

Lakukan jadwal itu berulang hingga menjelang hari perlombaan.

 

4. Istirahat

Berikan cukup istirahat pada tubuh via femmeactuelle.fr

Bukan hanya latihan yang harus kamu intensifkan, tapi juga istirahat. Kalau kamu punya kebiasaan begadang, menjelang kompetisi lari maraton hilangkan kebiasaan tersebut. Sebisa mungkin berikan tubuhmu istirahat malam 8 jam setiap hari. Dengan begitu tubuh tetap fit dan sehat.

Hindari juga latihan sehari sebelum lomba dilakukan. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk beristirahat. Hal ini berguna untuk melemaskan tubuh sejenak serta mengembalikan energi di hari perlombaan. Kalau merasa kurang nyaman karena tidak latihan, lakukan aktivitas yang relatif lebih ringan seperti jalan santai atau joging.

 

5. Peralatan Lari

Kenakan pakaian yang dirancang khusus untuk lari jarak jauh via adha.ms

Hal terakhir yang tidak boleh kelupaan sebelum lari maraton adalah perlengkapan lari. Pilihlah sepatu lari yang sesuai untuk ajang lari maraton. Sementara untuk pakaian, hindari pakaian yang terbuat dari katun. Pakaian berbahan katun menyimpan keringat sehingga akan menjadikanmu semakin berat dalam berlari.

Pilihlah pakaian pakaian yang didesain khusus untuk ajang lari maraton. Biasanya pakaian tersebut memiliki pori-pori kain lebih besar sehingga udara mudah mengalir.


 

(Visited 3 times, 1 visits today)

3 Comment

  1. Lucky Ocktavianto says: Reply

    Info yang berguna untuk memulai hidup sehat…

  2. Simson Bancin says: Reply

    Sehat itu tak ternilai harganya..
    Mari kita jaga sejak dini

  3. Ani permata sari says: Reply

    Harus membiasakan diri hidup sehat..💪🏻💪🏻

Leave a Reply