13 Hal Menyebalkan yang Pengguna Commuter Line Sering Rasakan

Banyak warga Jabodetabek yang menjadikan kereta komuter alias commuter line sebagai moda transportasi utamanya. Naik commuter line soalnya murah dan lebih cepat sampai ketimbang naik mobil atau bus.

Walau begitu, commuter line tetap bukan kereta kencana. Ada saja situasi tertentu yang bikin geleng-geleng kepala. Kalau kamu pengguna setia, pasti sudah hapal dengan hal-hal menyebalkan di commuter line seperti berikut ini.

 

1. Duduk di kursi prioritas padahal bukan haknya

Duduk di kursi prioritas padahal ada ibu hamil berdiri? Duh, malu dong via aksararaska.wordpress.com

Bangku yang biasanya ada di pojok tiap-tiap gerbong ini memang bukan khusus, tapi diprioritaskan untuk kalangan tertentu. Mereka yang punya hak khusus adalah orang lanjut usia, perempuan hamil, ibu membawa anak, dan penyandang disabilitas. Kalau di sekitar gerbong tidak ada kalangan yang berhak dapat prioritas itu, semua orang sah-sah saja duduk di sana.

Menyebalkannya adalah ketika ada orang yang mau untung sendiri. Ketika ada orang yang berhak dapat prioritas, bukannya memberikan tempat duduk, malah anteng-anteng duduk tanpa dosa.

 

2. Pura-pura tidur

Duduk di kursi prioritas dan pura-pura tidur. Dosanya dobel via brilio.net

Selain di kursi prioritas, memang enggak ada kewajiban tertulis harus memberikan bangku ke orang yang membutuhkan. Cuma norma kesopanan menganjurkan kita memberikan bangku ke orang yang lebih membutuhkan.

Menyebalkannya, ada orang yang sengaja enggak mau memberikan tempat duduknya kepada orang yang lebih membutuhkan. Supaya kelihatan enggak terlalu bersalah, orang ini biasanya pura-pura tidur.

 

3. Berbicara keras-keras di telepon

Ruang di dalam gerbong kereta kan tidak luas-luas amat, sehingga berbisik pelan pun orang di sekeliling sayup-sayup bisa mendengar. Menyebalkannya, ada orang yang suka mengobrol di telepon seolah ia sedang ceramah ke lautan massa. Suaranya jelas mengganggu penumpang lain.

 

4. Duduk menghabiskan tempat

Padahal kan tasnya nggak bayar tiket

Semua orang yang naik commuter line pasti ingin duduk hanya saja bangku tidak cukup untuk diduduki semua orang. Karena itu sungguh menyebalkan orang-orang yang tidak mau menggeser berbagi tempat duduk. Orang seperti ini malah biasanya membiarkan tas yang dibawanya diletakkan di kursi sehingga ruang duduknya semakin besar.

 

5. Tidak mengucapkan terima kasih meski sudah diberi tempat duduk

Ini kebalikan dari hal menyebalkan nomor 2. Sewaktu memberikan tempat duduk ke orang lain, kadang ada orang yang langsung duduk saja. Ia tidak merasa terbantu atau mengucapkan terima kasih.

Memang sih, membantu harus ikhlas. Tapi mengucapkan seulas kata terima kasih juga enggak ada ruginya kan.

 

6. Muka memelas agar diberi tempat duduk

Trik ini banyak perempuan lakukan di gerbong campuran. Alasan mereka berada di sana biasanya agar diberikan tempat duduk oleh laki-laki. Perempuan ini memasang muka memelas sehingga laki-laki merasa kasihan dan memberikan tempat duduknya. Kadang berhasil, kadang tidak juga sih.

 

7. Membuang sampah sembarangan

Padahal kebersihan sebagian dari iman tapi buang sampah sembarangan via pojok21.com

Meski aturannya sudah jelas bahwa penumpang dilarang membuang sampah di dalam gerbong kereta, tetap saja ada orang-orang bebal yang melakukannya. Sampah tersebut mereka lemparkan di depan bangku tempat ia duduk atau diselipkan di sekitar kakinya.

 

8. Pacaran

Antara iri dan kesal ya melihat pasangan mesra-mesraan di commuter line via pojoksatu.id

Situasi ini menyebalkan khusus bagi para jomblo atau orang yang baru putus cinta. Gimana enggak, saat si jomblo duduk sendirian, eh di depannya tersuguh pemandangan muda-mudi asyik mengobrol mesra. Iri kan jadinya.

 

9. Mengobrol keras-keras

Saat pulang ke rumah naik commuter line, kamu tentu mengharapkan sedikit ketenangan setelah lelah seharian menyelesaikan pekerjaan. Karena itu amat menyebalkan jika ada sekelompok orang yang tertawa atau mengobrol keras-keras.

 

10. Bersandar ke punggung orang lain saat kereta sedang padat

Punggung orang lain bukan tembok atau semacamnya yang bisa kamu sandariĀ  via wartakota.tribunnews.com

Memanfaatkan momen padatnya kereta pada jam-jam sibuk, kadang ada saja orang yang menyandarkan diri ke orang di depan atau belakangnya. Bagi orang yang disandari tentu akan merasa risih bukan kepalang.

 

11. Mengintip layar smartphone orang di sebelah

Lirik-lirik meski sedang tidak mengerjakan ujian via youtube.com

Saat di kereta, gawai merupakan alat pembunuh waktu yang asyik. Kamu bisa main gim, lihat-lihat media sosial, atau mendengarkan musik. Menyebalkannya, saat-saat asyik seperti itu kadang terusik dengan orang yang mengintip-intip atau melirik ke layar smartphone-mu.

 

12. Bau badan

Sudah sesak, harus mencium bau tidak enak pula via bt.com

Commuter line memang dilengkapi dengan kipas angin dan pendingin udara. Tapi pada jam-jam sibuk dan penumpangnya superpadat, fasilitas tersebut seolah tidak terasa. Para penumpangnya pasti bakal kegerahan dan banyak berkeringat. Cobaan makin bertambah-tambah ketika kamu duduk atau berdiri dekat orang yang dari sananya memang sudah bau badan.

 

13. Laki-laki mesum

Jarak orang yang saling berdekatan, terutama pada jam-jam sibuk memang sangat rawan dimanfaatkan pria-pria mesum untuk beraksi. Mereka meraba-raba atau menjamah perempuan yang berdiri di dekatnya.

Kalau melihat atau mengalami kejadian seperti itu berteriaklah agar orang sekitar sadar akan keberadaan pria mesum tersebut. Jika berlanjut ke kantor polisi, orang-orang tersebut bisa menjadi saksimu.

 

Dari semua hal-hal menyebalkan tersebut, mana yang paling sering kamu alami?


 

Leave a Reply