5 Tips Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah

Banyak orang berpikir bekerja dari rumah sangat menyenangkan. Selain tidak keluar energi, waktu, dan biaya ke tempat kerja, bekerja di rumah juga punya bisa sambil diselingi mengerjakan hal-hal lain.

Walau begitu, bekerja dari rumah juga punya tantangan tersendiri yang berbeda dengan bekerja kantoran. Orang yang melakoninya pasti hafal dengan gangguan-gangguan kecil yang kalau tidak ditanggulangi dapat merusak fokus. Belum lagi karena tidak ada pengawasan secara langsung oleh bos, orang yang bekerja dari rumah bisa saja menunda-nunda mengerjakan tugasnya.

Jadi bagaimana agar bekerja dari rumah dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif?

 

1.     Buat Jadwal dan Daftar yang Harus Dilakukan

5 Tips untuk Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah
Daftar tugas buatan Benjamin Franklin ini bisa kamu jadikan inspirasi  via habitnest.com

Ketika kamu bekerja dari rumah, suasana rumah akan memberikan atmosfer yang lebih santai dibanding di kantor-kantor. Malahan rumahmu bisa jadi lebih memberikan suasana nyaman dibanding kantor yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kantor startup.

Jika tidak diantisipasi, kamu akan tergoda untuk menunda-nunda tugas yang harus kamu selesaikan hari itu. Ketika sadar, kamu telah menghabiskan setengah hari tidak menghasilkan apa-apa.

Tips: Supaya tidak menunda-nunda pekerjaan, buat jadwal atau daftar tugas yang harus kamu lakukan esok hari. Tuliskan daftar tersebut di agenda atau jurnal pada malam sebelumnya. Pastikan kamu mengerjakan harimu sesuai jadwal yang sudah kamu tulis.

 

2. Pakaian Kerja

5 Tips untuk Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah
Ilustrasi pakaian untuk kamu yang bekerja dari rumah via thefashiontag.com

Bekerja dari rumah berarti yang memantau kamu seharian kalau tidak anggota keluarga, peliharaan kucing, atau barisan pot yang kamu tanam. Kamu tidak diharuskan dandan rapi demi terlihat menarik di mata rekan kerja atau bos.

Tidak ada keharusan seperti itu menjadikan bekerja dari rumah seperti tidak sedang bekerja. Jadi kamu sendirilah yang harus pintar-pintar memotivasi diri agar dapat bekerja dengan fokus.

Tips: Bangun tidur sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat. Mandi dan pakailah pakaian yang pantas untuk bekerja, bukan untuk leyeh-leyeh seharian. Jadi singkirkan piyama atau jubah mandimu.

 

3. Ruang Kerja

5 Tips untuk Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah
Ruang kerja di dalam rumah via pixabay.com

Tantangan bekerja dari rumah berbeda dibanding kerja kantoran. Gangguan kerja kantoran biasanya datang dari rekan kerja yang berisik atau perlengkapan kerja yang tiba-tiba ngadat. Sementara hal-hal yang mengganggu sewaktu bekerja dari rumah misalnya anggota keluarga yang berisik, keadaan rumah yang gaduh, atau justru godaan untuk mengerjakan tugas sambil nonton TV.

Tips: Kondisikan ruang kerja yang memadai. Letakkan meja kerja di suatu ruangan yang relatif tenang dengan berbagai peralatan yang kamu butuhkan seperti komputer (atau laptop), printer, alat tulis, dan sebagainya.

Penting juga untuk memberitahukan ke anggota keluarga yang lain untuk tidak mengganggu atau gaduh saat jam-jam kamu bekerja.

 

4. Waktu Istirahat

5 Tips untuk Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah
Tidur siang di sela-sela pekerjaan via sleep.org

Ketika bekerja dari rumah, fokus mengejar deadline bisa membuat kamu lupa waktu. Tidak ada rekan yang mengingatkan jam makan siang. Kamu juga bisa mengabaikan istirahat siang dan kebablasan sampai malam. Kebiasaan seperti ini dapat membahayakan kesehatanmu.

Tips: Pastikan kamu mempunyai jadwal yang harus dipatuhi, tidak terkecuali jam istirahat siang. Manfaatkan waktu istirahat siangmu untuk tidur selama 15-20 menit. Bisa juga kamu sedikit cari angin jalan-jalan keluar rumah supaya tubuhmu tidak terlalu kaku.

 

5. Koneksi Internet

5 Tips untuk Bekerja Secara Efektif dan Efisien dari Rumah
Hanya buka situs yang mendukungmu dalam melakukan pekerjaan via techverse.net

Bekerja dari rumah amat mengandalkan internet. Kamu memerlukan internet untuk berkomunikasi dengan klien atau mencari proyek baru untuk dikerjakan. Hanya saja kamu harus selalu mengontrol diri agar tidak tergoda membuka media sosial atau situs-situs lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaanmu.

Tips: Agar kamu tetap fokus ketika mengerjakan sesuatu, unduh dan pasang seperti Freedom atau Cold Turkey. Aplikasi ini berguna untuk membatasi situs mana saja yang bisa kamu akses ketika sedang bekerja.

 


 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply