5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang

Tanpa kita sadari terkadang hal-hal sepele bisa membuat kita lebih boros atau justru lebih hemat. Pengeluaran untuk minum kopi instan atau rokok adalah contoh pengeluaran kecil nan remeh yang bisa membuat kita lebih boros. Lantas apa hal-hal sepele yang dapat membantu kita menghemat uang? Ini beberapa contohnya.

 

1.     Membawa Bekal

5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang
Bekal makan siang via jewelpie.com

Kamu pasti keluar uang untuk beli makan setiap hari. Tapi ada satu trik agar besarannya dapat ditekan sedikit. Coba luangkan waktu lebih banyak untuk memasak dan membuat bekal makananmu sendiri.

Hitung-hitungannya seperti ini deh. Harga 1 kg telur sekarang kira-kira 19 ribu rupiah. Uang segitu kalau kamu gunakan untuk makan di luar pasti habis dalam satu kali makan. Sementara kalau kamu belikan telur, kamu bisa mendapatkan menu lengkap untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Kamu bisa membuat beberapa macam makanan seperti nasi goreng telur, sandwich telur, atau kue panekuk.

Kurangi gengsi demi pengeluaran yang lebih sedikit. Lagipula dengan membawa bekal kamu bisa membuat makanan yang lebih sehat dibanding yang kamu beli di luar.

 

2.     Membawa Botol Air Minum

5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang
Apalagi kalau botol air minum isinya infused water, selain hemat juga nikmat via dayre.me

Tubuh kita membutuhkan rata-rata sekitar 2 liter air setiap hari. Meski kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi, kram, dan kurang konsentrasi, banyak dari kita yang minum hanya saat haus saja.

Bagi yang menganggap sepele minum air, mereka cenderung akan mengandalkan minimarket terdekat untuk mendapatkan air mineral dalam kemasan atau soft drink. Dalam pikiran mereka daripada repot-repot bawa botol air, lebih baik beli saja.

Padahal membawa botol air itu punya banyak keuntungan lho. Selain menghemat uang, kamu juga dapat membuat minum air lebih nikmat. Caranya cukup mengisikan botol air dengan infused water. Kamu juga tidak ikut-ikutan mencemari bumi dengan sampah plastik.

 

3.     Menggunakan Uang Tunai

5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang
Kontrol pengeluaran dengan belanja pakai uang tunai via businesstimes.com.sg

Ketika pergi ke supermarket, tinggalkan kartu debit atau kredit kamu di rumah dan bawalah uang tunai. Kenapa? Uang tunai dapat mengontrol keinginanmu untuk berbelanja sesuai kebutuhan.

Selain bisa belanja sesuai dengan daftar belanjaan di tangan, uang kembaliannya juga dapat kamu pergunakan untuk hal lain. Keuntungan itu enggak kamu dapatkan kalau kamu belanja menggunakan kartu debit.

 

4.     Belanja Pakai Uang Pas atau Lebih Kecil

5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang
Pakai uang pecahan kecil bisa lebih hemat via thegold.asia

Belanja dengan uang pecahan besar juga menggoda kita untuk belanja lebih daripada yang diperlukan.

Misalnya kamu memegang uang pecahan 100 ribu rupiah dan ingin membeli coklat di minimarket atau warung dekat rumah yang harganya 4.500 rupiah. Kamu takut kasir minimarket atau pemilik warung menolak transaksi tersebut karena tidak ada kembalian.

Akhirnya kamu memutuskan untuk membeli barang lain untuk menggenapkan belanjaan tersebut agar menjadi 10 – 20 ribu rupiah. Lebih baik ketika kamu punya uang pecahan besar, tukarkan dulu uang tersebut sebelum dipakai belanja.

 

5.     Susun Uang Kembalian

5 Hal Sepele yang Dapat Menghemat Uang
Uang receh via otovista.com

Saat menerima uang kembalian, pisahkan pecahan yang kecil dari yang besar. Uang pecahan besar bisa kamu masukkan ke dompet untuk transaksi di lain waktu, sementara uang pecahan kecil bisa kamu tabungkan. Jangan menyepelekan uang receh, karena kalau banyak kamu bisa pakai untuk beli motor.

 

Punya cara sederhana lainnya dalam menghemat uang? Bagikan di kolom komentar ya..


 

Leave a Reply