Wirausaha Muda Mandiri 2017: Jalan Lebar bagi Entrepreneur Muda untuk Jadi Mandiri

Ironis sekali. Bisnis skala kecil dan menengah merupakan pendorong terbesar perekonomian Indonesia, tapi dari 250 juta penduduk Indonesia baru 1,67 persen atau kira-kira 4,2 juta orang yang terjun ke bidang wirausaha.

Mengapa bisa seperti itu? Ada yang menuding sistem pendidikan Indonesia tidak suportif dengan bidang kewirausahaan lah, ada yang bilang masalahnya lebih pada mental orang Indonesia yang lebih suka jadi pekerja ketimbang terjun berwirausaha, dan masih banyak alasan lainnya.

Dalam latar belakang kondisi seperti itu Bank Mandiri meluncurkan program Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Program yang sudah terselenggara sejak tahun 2007 ini memfasilitasi generasi muda yang sudah punya usaha untuk semakin berkembang.

Tujuannya adalah memampukan anak muda untuk menciptakan lapangan kerja. Dengan begitu alih-alih menjadi sumber masalah, generasi muda justru menawarkan solusi atas permasalahan tenaga kerja yang tejadi di Indonesia.

Bank Mandiri lewat program WMM-nya ini berhadap dapat berkontribusi menciptakan ekosistem yang baik bagi tumbuh kembang wirausahawan Indonesia.

 

Wirausaha Muda Mandiri 2017
Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2015 via rizalkasim.blogspot.co.id

Program WMM sebenarnya merupakan gabungan dua program Bank Mandiri, yakni Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge atau Wirausaha Sosial Mandiri (WSM).

MYT merupakan program yang berfokus kepada anak-anak muda yang mengembangkan bisnis di bidang teknologi, sementara MBM atau WSM menyasar anak-anak muda yang menjadi sosiopreneur. Sejak tahun 2015, kedua program tersebut digabung dan dibagi ke dalam kategori-kategori bisnis tertentu.

Hingga saat ini program WMM sudah diikuti lebih dari 36 ribu wirausahawan muda dari 656 perguruan tinggi se-Indonesia lho. Seluruh finalis WMM berhak mendapatkan akses pembiayaan melalui fasilitas Kredit Usaha Kecil (KUR) Bank Mandiri. Selain itu para pemenang dan finalis juga mendapatkan program pelatihan dan pembinaan kewirausahaan sehingga usaha mereka dapat tumbuh berkelanjutan.

 

Pemenang program Wirausaha Muda Mandiri menjelaskan programnya kepada Presiden SBY dalam Mandiri Expo 2014 via jurnalasia.com

Untuk program Wirausaha Muda Mandiri 2016 sendiri tema yang diusung adalah muda, inovatif, dan peduli. Highlight kompetisi tahun ini adalah teknologi layanan keuangan yang sering disebut fintech. Fintech digital masuk dalam bidang baru yang dikompetisikan dalam kategori Wirausaha Teknologi.

Bidang ini semakin menambah cakupan bidang yang dikompetisikan dalam kategori-kategori yang sudah ada seperti industri perdagangan dan jasa, boga, sosial, dan kreatif.

 

Via tipskeren.com

 

Tertarik untuk mendaftar? Sayang sekali WMM sudah menutup pendaftaran pada 15 Januari 2017 lalu. Bank Mandiri menargetkan dapat menjaring 8.100 wirausaha muda baru. Seperti sudah disebutkan di atas, para finalis ini nantinya akan digali potensinya, dibina, dan selanjutnya dijadikan mitra sinergi pengembangan usaha.

Makanya persiapkan dirimu dan usahamu sebaik-baiknya untuk bisa mengikuti Wirausaha Mandiri 2017. Proses pendaftarannya gratis dan bisa dilakukan secara online. Di situ nanti kamu wajib memberikan data pribadi, data bisnis, dan dokumen verifikasi pendukung. Simpelnya berikan informasi menyeluruh soal bisnis yang hendak kamu ikut sertakan dalam kompetisi.

Sebagai bocoran, juri menilai peserta dari aspek pengelolaan bisnis, dampak usaha sosial dan lingkungan, aspek inovasi, dan aspek kepribadianmu sebagai pemilik usaha. informasi menyeluruh terkait bisnis yang kamu ikut sertakan.

 


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply