7 Tips Menjaga Pikiran untuk Selalu Positif

Banyaknya masalah yang kamu hadapi setiap hari bisa menjadikanmu mudah sakit dan stres. Selain membiasakan makan makanan yang sehat agar sistem imun baik, kamu juga harus menjaga pikiran untuk selalu positif. Punya tubuh yang fit dan pikiran yang sehat niscaya hidupmu akan berkelimpahan.

Berikut ini adalah tips-tips sederhana agar pikiranmu selalu positif.

 

1. Buat Pagi Harimu Positif

via asajikan.jp

Mulailah harimu dengan salam dan senyuman. Ucapkan salam dan tersenyumlah kepada dirimu sendiri di depan cermin pada pagi hari. Pagi hari adalah kunci agar aktivitas seharian dapat berlangsung dengan baik.

Suatu studi menunjukkan bahwa senyum yang dibuat-buat saja dapat membantu mengurangi stres dan membuat kita jadi lebih gembira. Tentu manfaat yang lebih besar bisa kamu terima dengan senyum yang dari hati.

 

2. Bersyukur

via wallpaperawesome.com

Tidak semua orang mampu menerima keadaan negatif dengan baik. Karena itu orang yang melihat sesuatu dari sisi positif bisa jadi akan terlihat lemah dan pasrah. Padahal sebenarnya kemampuan melihat sisi positif dari suatu hal itu adalah kekuatan. Kamu dapat mengendalikan emosi dan melalui keadaan negatif tersebut dengan baik.

Dengan bersyukur kamu menyadari bahwa semua yang terjadi adalah kehendak-Nya. Setiap kejadian pasti membawa pelajaran yang harus kita terima dengan lapang dada.

 

3. Tetap Optimis

via globis.jp

Sikap optimis dapat mengubah segalanya. Tetapkan di dalam pikiranmu bahwa kamu pasti bisa. Kalaupun saat ini tidak bisa, pasti suatu saat akan bisa.

Dengan selalu optimis, kamu berfokus bukan pada masalah tapi pada solusi atas masalah yang kamu hadapi. Kamu tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang membuat kamu sedih atau kecewa.

 

4. Belajar Menerima Kritik

via wikihow.com

Tidak semua kritik itu membangun dan tidak semua kritik juga jelek. Walau kamu menerima banyak kritik dari rekan kerja, jangan cepat bersedih maupun marah. Ingat, kritik belum tentu tentang kamu. Jika kamu ragu akan maksud kritikan tersebut, kamu bisa menanyakan kembali kepada pemberi kritik tersebut.

Ambil kritik tersebut sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kita kedepannya. Apabila kamu tersinggung atas kritik tersebut, tetap ucapkan terima kasih kepadanya dan lupakan. Hal ini untuk menjaga kesehatan emosimu.

 

5. Tidur, Makan, dan Olah Raga Teratur

via azumio.com

Tidur, makan dan olah raga. Tiga aktivitas tersebut mungkin terdengar sederhana, tapi punya pengaruh besar bagi kesehatan fisik dan jiwa. Misalnya jika kamu kurang tidur, maka kamu pasti bangun dengan mood yang jelek di pagi hari.

Lalu kalau kamu terlambat makan, emosi pasti gampang tersulit. Begitu juga jika kamu jarang berolahraga atau bergerak, biasanya suasana hatimu akan mudah berubah-ubah.

 

6. Slow Down!

via becomingminimalist.com

Melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa dapat membuat pikiranmu tidak jernih. Kemungkinan-kemungkinan buruk bakal berkelebat di kepalamu. Situasi seperti itu dapat memacu tekanan darah dan menambah beban mental untuk dirimu sendiri.

Jadi jika kamu tipikal orang yang selalu terburu-buru atau ingin cepat, perlambat hidupmu. Ketika harus membiasakan diri tetap tenang agar dapat berpikir dengan jernih. Lakukan segala sesuatu langkah demi langkah. Semuanya akan baik-baik saja.

 

7. Bergaul dengan Orang-orang yang Positif

via brainblogger.com

Pernah mendengar ungkapan “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik”? Seperti itulah yang akan kamu rasakan jika salah mencari teman. Karena itu cara menjaga agar pikiranmu positif termasuk mencari lingkungan positif yang mendukung.

 

Apa kamu punya saran lain agar pikiran kita selalu positif? Jangan lupa bagikan di kolom komentar ya..


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply