Tidak Perlu Bingung, Ini Bedanya Diskon dan Cashback

Berbagai promo dan penawaran yang bertujuan menarik pembeli bertebaran di mana-mana. Kamu bisa menemukannya di toko, mal, hingga online shop. Kalau enggak kuat iman, bisa-bisa habis gajian uangmu langsung ludes.

Dari semua penawaran menarik tersebut, diskon dan cashback yang paling sering muncul. Sebenarnya apa sih bedanya? Yuk baca supaya bisa dapat keuntungan terbaik dari setiap penawaran.

 

Diskon

Diskon dan Cashback
via strategicjuju.com

Diskon, atau kalau orang dulu bilangnya rabat, berarti potongan harga. Seorang pembeli bisa mendapatkan manfaat langsung membeli produk yang harganya lebih murah, karena ya itu, harganya dipangkas.

Meski begitu hati-hati, diskon juga dapat menggodamu belanja lebih dari yang sebenarnya kamu butuhkan. Dengan adanya potongan harga dalam tenggat waktu tertentu, pembeli cenderung menuruti syarat diskon tersebut karena menganggap yang dilakukannya adalah bentuk dari berhemat.

Misalnya, jika ada penawaran beli dua dapat satu, pembeli akan menganggap itu lebih menarik dibanding misalnya diskon 30 persen untuk pembelian satu barang. Masuk deh ke troli belanjaan.

 

Cashback

Diskon dan Cashback
via time.com

Cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Kebanyakan promosi cashback yang toko lakukan biasanya tidak benar-benar berupa penyerahan uang tunai ke tanganmu. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam kartu atau e-payment. Misalnya, kamu beli barang yang ada promo cashback-nya menggunakan kartu kredit, sejumlah uang akan dimasukkan lagi ke dalam rekening kartu kreditmu.

Cara ini dipakai agar pembeli di lain hari melakukan pembelian menggunakan kartu kredit yang sama. Pihak yang memberikan promo cashback besar kemungkinan tidak akan pada hari itu juga mengembalikan uang tunai ke pembeli. Banyak perusahaan yang menganut sistem pembelian di siklus berikutnya, sehingga terjadi penundaan pembayaran antara 30-50 hari.

 

Perbedaan dan Persamaan

Terlepas dari apakah promosi yang ditawarkan adalah cashback atau diskon, ada baiknya mengenali perbedaan serta syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kerugian. Baca baik-baik ya.

 

Persentase

Cashback umumnya merupakan persentase keuntungan dari harga asli suatu barang yang kamu beli. Jadi kalau kamu beli ponsel seharga 2 juta rupiah, dan kamu mendapatkan 300 ribu rupiah, maka harga asli ponsel tersebut adalah 1,7 juta rupiah. Persentase cashback-nya adalah 15 persen dari harga pembelian.

Sedangkan diskon adalah potongan harga langsung dengan persentase tertentu dari harga asli suatu barang. Jika kamu beli barang seharga 2 juta rupiah dan mendapat diskon 15 persen, maka kamu hanya harus membayar 1,7 juta rupiah

 

Iuran

Terkadang, cashback dikenakan iuran yang harus dibayar sebelum tenggat waktu. Jika telat membayar, maka kamu akan kehilangan cashback. Sedangkan diskon biasanya tidak dikenai iuran karena merupakan potongan harga langsung.

 

Periode berlaku

Umumnya penawaran ini sama-sama berlaku dalam periode terbatas. Ketika periode itu berakhir, kamu tidak akan bisa menerima cashback atau diskon.

 

Jumlah minimum pembelanjaan

Biasanya bank mensyaratkan kamu untuk melakukan pembelanjaan sejumlah tertentu untuk mendapatkan keuntungan cashback. Misalnya, suatu bank menawarkan cashback 10% pada suatu situs belanja tertentu jika melakukan pembelian minimal sejumlah 150 ribu rupiah. Kalau kamu hanya melakukan pembelian sejumlah 149 ribu rupiah, maka kamu tidak mendapatkan cashback.

 

Keuntungan yang didapat

Diskon memberikan keuntungan langsung sedangkan cashback umumnya diberikan pada siklus waktu selanjutnya, biasanya bulan, atau nantinya ditambahkan pada kredit tabungan.

 

Fleksibilitas

Diskon memberikan keuntungan yang lebih fleksibel. Keuntungan yang didapat berbentuk uang, dan kamu dapat melakukan pembayaran secara tunai maupun kartu kredit/debit.

Cashback biasanya memberikan keuntungan melalui kartu yang dipakai untuk melakukan pembayaran. Oleh sebab itu, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal, cari penawaran dalam bentuk diskon.

Diskon yang memberikan potongan harga langsung jelas lebih mudah, namun cashback juga memiliki keuntungan sendiri. Beberapa perusahaan kartu kredit memberikan pilihan menggunakan cashback untuk membayar tagihan kartu kredit yang belum dibayar. Dengan begitu cicilan utangmu dapat lebih mudah dibayar.

Apapun penawaran yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan rencana pengeluaran yang kamu buat. Jangan sampai kamu tergiur promosi karena berniat berhemat namun malah kebobolan.


 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply