5 Kemudahan Menggunakan E-Money Bank di Commuter Line

Uang elektronik atau e-money sudah semakin umum digunakan masyarakat. Penyebabnya, saat ini banyak fasilitas umum menyediakan pilihan penggunaan uang elektronik sebagai alat transaksi, misalnya kereta komuter Jabodetabek. Sebenarnya apa sih keuntungan atau kemudahan menggunakan e-money dibanding bayar pakai uang tunai?

 

1. Tidak mengantri saat isi ulang

Kamu enggak bakal mengalami antrian panjang ini kalau pakai e-money via forumkeadila.com

Hal pertama yang bakal kamu rasakan kalau tidak menggunakan e-money adalah terjebak antrian panjang. Kamu harus mengantri lantaran harus membeli, isi ulang, atau menukar kartu jaminan.

Kejadian semacam ini enggak bakal kamu alami kalau pakai e-money yang dikeluarkan bank. Sebelum ke stasiun kamu bisa mempersiapkan mengisi e-money lewat mesin ATM. Sesudah itu baru deh kamu aktifkan lewat mesin EDC (Electronic Data Capture) yang ada di stasiun. Yang jelas antriannya enggak akan sepanjang antrian di depan loket pembelian atau penukaran tiket.

 

2. Meminimalisir ketinggalan kereta

Gara-gara nggak pakai e-money kamu jadi mesti lari-lari mengejar kereta via piayoungplanners.blogspot.com

Efek lanjutan dari terjebak antrian panjang adalah kamu harus mempercepat langkah atau malah harus berlari supaya tidak ketinggalan kereta. Dandanan yang sudah oke dari rumah bisa jad berantakan karena harus sprint seperti itu.

Tapi kalau kamu menggunakan e-money momen lari-lari mengejar kereta enggak akan terjadi. Kamu tinggal menyentuhkan e-money ke gate lalu jalan deh ke peron. Mudah, kan?

 

3. Tidak perlu repot keluarkan uang tunai

Mau keluarkan uang untuk beli tiket, eh malah koin-koin yang berjatuhan via blog.littletoncoin.com

Pas lagi buru-buru, ngubek-ngubek tas nyari uang tunai, eh yang ketemu malah uang receh. Tambah malu ketika recehan itu jatuh berserakan di lantai.

Kejadian seperti itu akan terus kamu alami jika masih menggunakan uang tunai. Lain halnya kalau kamu sudah beralih pakai e-money. Cukup tapping, kamu bisa langsung menuju peron. Perjalananmu lebih tenteram dan nyaman.

 

4. Jangkauan luas

Ke mana pun tujuanmu, tinggal tapping pakai e-money! via republika.co.id

Jangkauan luas bisa kamu rasakan ketika menggunakan uang eletronik pada commuter line. Kenapa? Kamu yang tadinya berniat turun di Stasiun Tebet ternyata harus berhenti di Stasiun Cikini tidak perlu khawatir lagi kena denda. Sebab kartu e-money bank yang kamu gunakan bisa dipakai ke semua rute tanpa harus kena denda.

 

5. Satu kartu untuk banyak fasilitas

Semakin mudah dalam dengan sistem tunggal e-money via antaranews.com

Sampai saat ini, belum semua stasiun Jabodetabek memiliki mesin EDC untuk mengisi saldo e-money. Hal ini membuat pengguna e-money kecewa. Eits, tunggu dulu. Kekecewaanmu bisa terobati karena kabarnya empat bank besar sedang membuat satu sistem tunggal terkait penggunaan e-money.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya bersama tiga bank lainnya (BRI, BNI, dan BCA) tengah membuat aturan sistem tunggal transaksi e-money.

Jadi, buat kamu pengguna e-money Bank Mandiri, nantinya dapat memanfaatkan mesin EDC milik BCA di stasiun untuk transaksi isi ulang saldo. Begitu juga sebaliknya, fasilitas seperti Gerbang Tol Otomatis yang tadinya cuma menerima e-money Mandiri, nantinya bisa menggunakan uang elektronik ketiga bank lainnya.

 

E-money memudahkan perjalananmu, kan? Kamu bisa khusyuk menikmati perjalanan berangkat atau pulang kantor naik commuter line.


 

Leave a Reply