Perlu Suntikan Dana? 3 Bank BUMN ini Lakukan Kompetisi Bagi Wirausaha Muda

Indonesia butuh 5,8 juta pengusaha muda baru! Seperti itu ajakan Presiden Jokowi ketika ia membuka acara jambore pengusaha muda di Bandung tahun lalu.

Persentase orang Indonesia yang menjadi wirausaha dibanding jumlah penduduk keseluruhan memang sangat kecil, cuma 1,65 persen. Angka ini bahkan lebih kecil dari beberapa negara tetangga ASEAN kita lho. Singapura, Malaysia, dan Thailand masing-masing punya 7, 5, dan 3 persen pengusaha dari total penduduknya.

Mungkin kamu beralasan, habis dapat modal susah sih. Apalagi untuk anak-anak muda yang masih hijau dan belum punya banyak pengalaman. Eits, tunggu dulu. Kalau kamu punya ide bisnis yang oke, kenapa tidak ikutan kompetisi wirausaha saja. Saat ini beberapa bank milik negara punya kompetisi bagi wirausaha muda.

Kalau menang, selain dapat uang untuk modal usaha, beberapa program kompetisi bisnis juga memberikan pendampingan usaha. Program kompetisi wirausaha itu seperti:

 

1. Teras Usaha Mahasiswa BRI

Talkshow Teras Mahasiswa di Unhas via makassar.tribunnews.com

Harus diakui, lulusan perguruan tinggi yang setiap tahunnya bertambah turut menyumbang angka pengangguran di Indonesia. Sedikit banyak itu juga karena cara pandang bahwa tahapan hidup setelah lulus adalah cari kerja.

Anggapan itu enggak salah, tapi juga makin kurang relevan melihat kondisi yang ada saat ini. Jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan angkatan kerja yang ada. Karena itulah, Teras Usaha Mahasiswa bisa menjadi pilihan bagi para mahasiswa yang sedang ingin merintis atau mengembangkan usaha.

Kompetisi ini menyasar tiga sektor potensial, yakni bidang teknologi, sosial, dan kreatif. Untuk ikut kompetisi ini, peserta harus mengirimkan proposal usahanya. Proposal yang terpilih akan mendapatkan bantuan dana dan bimbingan selama menjalankan usahanya.

Tertarik untuk mengikutinya? Kamu bisa dapatkan infonya di sini.

 

2. Hasanah Empowerment BNI Syariah

Acara sosialisasi program Hasanah Empowerment di Jogja via jogja.tribunnews.com

Bukan cuma bank konvensional yang peduli dengan wirausahawan muda, perbankan syariah pun juga. Salah satunya BNI Syariah yang membuat program Hasanah Empowerment. Program ini berupaya menjadi jalan keluar lewat penciptaan lapangan pekerjaan di daerah masing-masing, dengan mengedepankan perilaku bisnis yang hasanah atau penuh kebaikan.

Bentuk kompetisinya berupa pemilihan Duta Hasanah. Orang yang terpilih adalah yang punya peran di masyarakat dengan kriteria mampu menggerakkan ekonomi kreatif di bidang lingkungan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Setiap duta yang terpilih akan diberi modal sebesar 80 juta untuk membina banyak orang di lingkungan sekitarnya.

 

3. Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri

Para pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2016 via wirausahamandiri.co.id

Bank ketiga adalah Bank Mandiri yang memiliki program Wirausaha Muda Mandiri. Program ini mengujikan usaha yang sudah berjalan serta dampaknya bagi masyarakat. Sejak diselenggarakan tahun 2007 lalu, Wirausaha Muda Mandiri sudah memberikan bantuan finansial dan pendampingan ke banyak wirausahawan muda peserta kompetisi.

Di laman webnya kamu bisa melihat lima kategori atau sektor potensial yang bisa kamu ikuti, yakni perdagangan dan jasa, boga, industri, kreatif, teknologi, dan terakhir sosial. Asyiknya, karena kompetisi ini sudah punya banyak alumni, kamu bisa berguru pada pada orang-orang yang sudah sukses mengembangkan usahanya.

Tertarik untuk ikut Wirausaha Muda Mandiri? Informasi resmi terkait program kompetisi bagi wirausaha muda ini bisa kamu akses di www.wirausahamandiri.co.id dan twitter @wrausahamandiri.

 

Tunggu apa lagi? Banyak pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan sebagai wirausahawan.


 

Leave a Reply