Intisari Resep Sukses Para Pebisnis Ulung

Setiap pebisnis ulung, entah itu Jack Ma, Warren Buffett, atau nama-nama beken lainnya pasti punya cara sendiri-sendiri untuk meraih kesuksesan. Meski begitu, dari beragamnya metode atau cara yang mereka pakai, pasti ada deh kesamaannya sehingga mereka bisa sampai pada posisi puncak. Seperti inilah rangkuman resep sukses para taipan tersebut.

 

1. Menemukan Passion

via freedomfastlane.com

Beberapa pengusaha sukses seperti Warren Buffett, Steve Jobs, dan Bill Gates bekerja sesuai dengan passion mereka. Untuk sampai pada titik kamu bisa dengan yakin berkata, “Ini passion saya!” tentu tidak mudah.

Lebih sering kamu tidak menemukannya saat pertama kali bekerja atau melakukan sesuatu. Tapi tidak mengapa, temukan dan kejar terus passion-mu. Ketika menemukan passion tersebut, maka semangatmu untuk mengerjakannya pasti akan berlipat ganda.

 

2. Tentukan Tujuan

via resourcefreak.com

Menurut Zig Ziglar, motivator asal Amerika, kesuksesan orang hebat tidak muncul begitu saja, tapi buah dari perencanaan yang baik. Karena itu kamu harus mulai merencanakan kesuksesanmu sendiri.

Caranya rada mirip dengan membuat rancangan bisnis. Kamu harus menuliskan tujuanmu secara konkret. Di dalamnya memuat waktu tenggat, orang yang berpotensi membantumu mencapai tujuan, hambatan yang kemungkinan akan kamu temui, serta dampak yang akan kamu rasakan setelah tujuan tercapai.

 

3. Lakukan!

via youtube.com

Mendiang Bob Sadino, pengusaha sukses Indonesia yang terkenal dengan gayanya yang nyentrik, pernah berkata, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA. Bukan ditanyakan terus.” Dari situ tersirat pelajaran bahwa agar seseorang bisa sukses, orang tersebut harus mulai mengerjakan kesuksesannya. Jangan menghabiskan waktu hanya untuk berpikir dan berkomentar. Just do it!

 

4. Buat Produk Terbaik

via lego.com

Steve Jobs, pebisnis yang turut merevolusi dunia teknologi, punya slogan “stay hungry, stay foolish.” Maknanya adalah sebagai pebisnis kamu tidak boleh puas atas segala capaian yang buat. Meski sudah membuat produk yang terbaik, batasan tersebut masih bisa kamu dorong dan membuat yang dua kali lipat lebih baik. Dari mana ukuran baik buruknya? Mudah saja, produk yang baik akan dibeli banyak orang, sedangkan produk yang jelek tidak.

 

5. Jangan Malu Minta Saran dan Pendapat

via entrepreneur.com

Untuk bisa sukses, seorang entrepreneur juga tidak boleh malu mendengarkan saran dan pendapat orang lain. Dari situ kamu bisa tahu letak kelemahan atau malah alternatif solusi atas masalah yang kamu alami.

Seorang Bill Gates tidak malu meminta pendapat keluarga dan rekannya dalam membuat suatu keputusan. Begitu juga dengan Bob Sadino yang mau menerima saran temannya untuk banting setir setelah usaha lamanya tidak berjalan dengan baik.

 

6. Bentuk Tim yang Solid

via forbes.com

Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tapi jika ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama. Mana yang kamu pilih? Tentu yang berjalan jauh.

Karena itu agar bisa sukses terus menerus, kamu harus punya dukungan tim yang tangguh dan solid. Carilah orang-orang yang punya integritas, kecerdasan, dan semangat untuk jadi bagian timmu. Jika kamu dikelilingi orang hebat, berarti kamu sudah satu langkah menuai kesuksesan.

 

7. Tidak Pendam Pengetahuan Sendiri

via usatoday.com

Di tengah persaingan yang ketat, pebisnis ulung tidak boleh merasa puas. Bekali diri dengan pengetahuan. Banyak-banyaklah membaca. Selain itu jangan pelit berbagi pengetahuan. Jika orang-orang di sekitarmu atau timmu makin cerdas, masukan yang mereka berikan juga semakin berharga.

 

8. Berjiwa Pemimpin

via ted.com

Pebisnis sukses mampu memimpin secara efektif. Selain mampu memerintah dan mendelegasikan tugas, ia juga bisa mengambil hati anak buahnya. Ia tidak segan turun ke bawah atau melontarkan humor untuk mencairkan suasana. Dengan begitu, anak buah mengerjakan tugas bukan karena takut dimarahi, tapi karena sadar bahwa perannya sangat dibutuhkan dalam tim.

 

9. Tidak Takut Gagal

Tidak takut gagal seperti Edison via hjarnfysik.blogspot.com

Setiap bisnis pasti ada masa naik dan turunnya. Pebisnis sukses tidak jemawa ketika usahanya berhasil, tapi juga tidak tenggelam dalam keputusasaan ketika bisnisnya gagal. Ia tetap optimis dan berpikir positif. Dalam pikirannya, pasti esok hari ia dapat melangkah lebih maju dari sebelumnya.

 

Kira-kira seperti itu intisari resep sukses para pebisnis hebat. Apa menurutmu ada resep sukses yang ketinggalan atau belum tercantum? Kalau ada, jangan lupa bagikan di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply