Inilah Destinasi Wisata di Papua Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia tidak kekurangan destinasi wisata yang mengagumkan. Bahkan provinsi yang terbilang muda seperti Papua Barat pun memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa destinasi wisata di Papua Barat itu seperti:

 

Raja Ampat

Tahukah kamu kalau Raja Ampat yang terkenal itu berada di provinsi Papua Barat? Kabupaten Raja Ampat terletak di bagian barat provinsi, bersebelahan dengan pulau-pulau di Kepulauan Maluku. Destinasi wisata di Papua Barat ini merupakan surganya para penyelam karena memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang luar biasa.

Jika kamu berkesempatan ke Raja Ampat, setidaknya ada empat spot yang wajib kamu datangi, yakni Pulau Misool, Kepulauan Wayag, Manta Sandy, dan Pulau Mansuar.

 

Pulau Misool

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Pulau Misool via cbctour.com

Perjalanan ke Pulau Misool berawal dari kota Sorong. Di sana kamu bisa menyewa kapal cepat menuju ke pulau yang eksotis ini. Pulau Misool memiliki pasir putih yang cantik dan taman laut yang menakjubkan. Airnya jernih dan bening bagaikan akuarium mahabesar. Pasti kamu tergoda untuk berenang menikmati kesegaran air dan keindahan bawah lautnya.

 

Kepulauan Wayag

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Pulau Wayag via kliktogo.com

Setiap kali kamu melihat kartu pos atau foto keindahan Raja Ampat besar kemungkinan yang kamu lihat adalah foto Kepulauan Wayag. Kepulauan ini memang menjadi ikon wisata Raja Ampat. Bentuk Kepulauan Wayag berupa gugusan pulau-pulau karst yang cantik berselimut hijau dan rimbunnya pepohonan. Laut berwarna hijau kebiruan menjadi pemisah pulau-pulau hijau tersebut.

Di pulau ini selain bisa menyelam, kamu juga bisa naik ke salah satu puncak bukit karst yang terjal. Di sana kamu bisa melihat pemandangan ikonik Raja Ampat. Objek yang tadinya cuma kamu lihat di kartu pos atau artikel wisata, kini ada di depan matamu sendiri.

 

Manta Sandy

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Manta Sandy via www.rajaampatnow.com

Dari Kepulauan Wayag, lanjutkan petualanganmu ke Mata Sandy. Mata Sandy atau yang lebih dikenal dengan Mata Mantra merupakan titik penyelaman yang terletak di antara Pulau Mansuar dan Pulau Arborek.

Daya tarik penyelaman di sini adalah keberadaan ikan pari manta. Ikan pari manta yang punya nama Latin Manta birostris merupakan salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebarnya dari ujung sirip satu ke ujung sirip lain ada yang mencapai 9 meter.

Keseruan lainnya, jika kamu beruntung, dari atas kapal kamu juga bisa melihat ikan duyung (dugong), paus, atau lumba-lumba menari-nari di atas air.

 

Tanjung Kri (Pulau Mansuar)

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Terumbu karang di Tanjung Kri via rajaampatnow.com

Tanjung Kri memiliki biota laut yang beraneka ragam. Selain terkenal sebagai rumah bagi terumbu karang, spot yang terletak di Pulau Mansuar ini juga menjadi tempat tinggal bagi tiga ratus lebih jenis ikan. Ikan yang bisa kamu jumpai di Pulau Mansuar seperti seperti lumba-lumba dan ikan hiu karpet (Orectolobus maculatus).

Air laut di sini begitu jernih, sehingga walau kamu tidak bisa menyelam, kamu masih bisa menikmati keindahan laut dengan menggunakan snorkel.

 

Teluk Triton

Selain punya Raja Ampat, provinsi Papua Barat juga punya Teluk Triton. Teluk ini terletak di bagian selatan provinsi, tepatnya di Kabupaten Kaimana.

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Teluk Triton di Kabupaten Kaimana via geomagz.geologi.esdm.go.id

 

Walau wisata Teluk Triton belum setenar Raja Ampat, namun tempat ini sudah cukup populer di kalangan penyelam dan ahli biologi kelautan. Di sini kamu juga bisa melihat gugusan pulau-pulau karang berselimut hijaunya pepohonan. Teluk Triton juga menjadi rumah bagi paus bryde (Balaenoptera brydei). Paus ini bisa hidup tenang di Teluk Triton karena penduduk setempat tidak memburu dan bahkan melindungi keberadaannya.

 

Papua, Destinasi Impian Para Traveler di Dunia
Ilustrasi paus bryde via magazine.banananina.co.id

 

Apakah kamu tahu tempat-tempat indah lainnya di Papua atau daerah lain di Indonesia yang ingin kamu kunjungi? Yuk nabung untuk petualangan selanjutnya!


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply