5 Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Pernah lihat orang menenteng botol air yang di dalamnya ditambahkan potongan buah-buahan? Isi dalam botol tersebut adalah infused water. Infused water adalah air mineral yang sengaja ditambahkan potongan buah agar aroma dan rasa dari buah tercampur dengan air. Lemon, stroberi, jeruk, dan mentimun adalah contoh buah-buahan yang sering digunakan untuk membuat infused water.

Lebih dari sekadar gaya-gayaan, rutin minum infused water dipercaya menyehatkan tubuh. Manfaat infused water bagi kesehatan seperti:

 

1. Mencegah dehidrasi

via infusefruit.com

Walaupun sering dianggap sebagai mitos kesehatan, faktanya tubuh manusia memang perlu banyak suplai air. Anjuran minum delapan gelas air setiap hari karena itu tidaklah salah. Kurang minum dapat menyebabkan kita lemas dan susah berkonsentrasi.

Meski begitu tetap saja ada orang yang malas memenuhi kebutuhan harian air mereka. Ketimbang minum air mineral, mereka lebih memilih minum soft drink atau minuman dalam kemasan karena rasanya lebih enak. Pikir mereka toh sama-sama air.

Hmm, tunggu dulu. Terlalu banyak minum air paling hanya membuat perut kembung, tapi terlalu banyak minum soft drink dapat mengganggu kesehatan. Kamu tahu kan di dalam soft drink terkandung pula zat-zat kimia seperti pewarna, pengawet, atau perasa?

Nah, di sinilah kehadiran infused water sangat membantu. Karena air yang kamu minum rasanya enak, kamu jadi kepingin lagi dan lagi. Saran kesehatan untuk minum delapan gelas air per hari bisa kamu penuhi.

 

2. Memberi asupan vitamin dan mineral bagi tubuh

via pinterest.com

Potongan buah atau sayuran yang ada pada infused water bukan cuma menjadikan air yang kamu minum lebih enak, tapi juga lebih bervitamin. Gimana enggak, buah-buahan seperti stroberi atau lemon yang kamu cemplungkan kan kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin tersebut ikut masuk ke dalam tubuh ketika kamu minum infused water.

 

3. Mengandung zat antioksidan

via figureate.com.au

Buah atau sayuran yang kamu cemplungkan ke dalam infused water juga mengandung zat antioksidan. Keberadaan zat ini baik untuk memerangi radikal bebas. Dengan begitu sistem kekebalan tubuhmu meningkat dan kamu jadi tidak gampang sakit.

 

4. Mengendalikan nafsu makan

via gracecharlotte.co.za

Percaya atau tidak, minum infused water juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Caranya adalah dengan meminumnya sesaat sebelum makan. Studi menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Alasannya, tubuh sudah merasa kenyang dengan air dan merasa tidak perlu lagi menambah asupan makanan.

 

5. Mencerahkan kulit

via restequipblog.com

Buah dan sayuran yang ada pada infused water membuat minuman ini punya banyak khasiat. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah kulit yang sehat dan cerah. Coba deh ganti kebiasaan minum soda dengan minum infused water, maka kamu akan rasakan sendiri perbedaannya.

 

Sekarang sudah tahu kan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari infused water. Khasiat dari minum air dan makan buah bergabung jadi satu dalam minuman ini.

Leave a Reply