31 Istilah Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Bidang-bidang tertentu seperti medis, teknik, atau keuangan punya istilah-istilah yang sering tidak diketahui orang awam. Salah mengerti, bisa salah membuat keputusan. Karena itu jika kamu sedang mendalami dunia investasi, tidak ada salahnya mempelajari istilah dasar investasi berikut ini.

 

Aset (Assets)

Sumber ekonomi, modal atau kekayaan dari seseorang atau perusahaan yang mempunyai nilai ekonomis. Aset ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi atau nilai lebih di masa depan.

 

Bearish

Kondisi bursa dimana harga saham, obligasi dan komoditas yang diperdagangkan turun dalam periode yang cukup lama.

 

Bursa Saham

Dalam istilah tradisional, bursa saham adalah pasar dimana penjual dan beli saham bertemu. Istilah resminya adalah bursa efek. Di Indonesia, nama bursa sahamnya adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Broker

Pialang saham atau broker adalah pihak yang mempunyai lisensi untuk melakukan jual beli saham. Broker bisa merujuk pada perseorangan atau suatu perusahaan. Dialah yang menjadi perantara perdagangan saham antara investor dan BEI.

 

Blue chip

Saham-saham unggulan dari perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan mudah diperjualbelikan di bursa saham. Saham-saham ini peminatnya amat banyak. Contoh saham blue chip Indonesia adalah saham Unilever, Bank Mandiri, dan Astra.

 

Bullish

Kondisi bursa dimana harga saham, obligasi dan komoditas yang diperdagangkan naik dalam periode yang cukup lama. Bullish merupakan kebalikan dari bearish.

 

Capital Gain

Selisih keuntungan yang didapatkan pada saat menjual saham dengan harga di atas harga beli.

 

Capital Loss

Kerugian yang timbul karena harga jual saham lebih rendah dari harga beli.

 

Company Listing

Pendaftaran efek perusahaan di bursa saham yang diperdagangkan.

 

 

Delisting

Penghapusan suatu efek dari daftar efek yang tercatat di bursa. Efek tersebut tidak dapat diperdagangkan di bursa, namun tetap dapat diperdagangkan di luar bursa. Status emiten tetap sebagai perusahaan publik atau perusahaan terbuka.

 

Dilusi

Penurunan persentase kepemilikan saham invester dari suatu perusahaan sebagai akibat penambahan saham baru yang beredar.

 

Diversifikasi

Cara berinvestasi dengan menanamkan uang pada lebih dari satu saham pilihan. Cara ini digunakan untuk mengurangi risiko.

 

Dividen

Keuntungan perusahaan yang didistribusikan kepada pemegang saham. Keuntungan ini dapat berupa kas atau saham.

 

Earning Per Share (EPS)

Laba bersih suatu perusahaan dibagi dengan jumlah seluruh saham yang beredar.

 

Efek

Efek adalah surat berharga, seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kolektif kontrak berjangka atas efek dan setiap derivatif dari efek.

 

 

Emiten

Perusahaan yang menerbitkan dan menjual efek (saham atau obligasi) kepada masyarakat umum melalui penawaran umum.

 

Harga Nominal (Nilai Pari / Par Value)

Nilai yang ditetapkan perusahaan penerbit atau emiten untuk menilai setiap saham yang mereka terbitkan.

 

Harga Pasar (Market Value)

Harga jual dari investor yang satu dengan investor yang lain. Harga ini adalah harga terakhir yang dilaporkan saat saham terjual di bursa.

 

Harga Pembukaan (Open Price)

Harga atas suatu transaksi saham pada saat dimulainya jam bursa dan harga tersebut sesuai dengan permintaan penjual dan pembeli. Maka harga tersebut menjadi harga pasar pada saat terjadi transaksi.

 

Harga Penutupan (Close Price)

Harga terakhir atas suatu transaksi yang disepakati oleh penjual dan pembeli dan terjadi di akhir jam bursa. Harga tersebut menjadi harga pasar.

 

Harga Perdana

Harga pada waktu pertama kali suatu efek dikeluarkan atau ditawarkan kepada masyarakat sebelum saham tersebut dicatatkan ke bursa efek.

 

Pembukaan Bursa Efek Tokyo setelah libur akhir tahun. via emirates247.com

 

Harga Tertinggi / Terendah

Harga saham yang paling tinggi atau paling rendah terjadi pada satu hari bursa. Harga ini berhubungan dengan banyaknya permintaan dan persediaan. Dan harga kesepakatan antara penjual dan pembeli akan menjadi harga akhir.

 

Investasi

Kegiatan menanam dana atau modal dengan membeli saham dengan harapan memperoleh keuntungan di masa mendatang.

 

JATS

Jakarta Automated Trading System (JATS) adalah sistem perdagangan efek otomatis dengan menggunakan sarana komputer yang berlaku di Bursa Efek Indonesia.

 

Lot

Satuan terkecil perdagangan saham di bursa. 1 Lot = 100 lembar.

 

Portofolio Investasi

Kumpulan beragam investasi yang dimiliki oleh individu atau perusahaan.

 

Rekening Giro

Simpanan dari nasabah perseorangan maupun badan usaha yang dipergunakan untuk transaksi di dunia usaha atau bisnis. Nasabah rekening ini akan mendapatkan laporan transaksi berupa rekening koran setiap bulannya.

 

Risiko Pasar

Suatu risiko yang timbul karena menurunnya nilai suatu investasi yang disebabkan oleh perubahan kondisi pasar, suku bunga, nilai tukar, atau nilai komoditas.

 

Saham

Sebuah bukti kepemilikan atau investasi seseorang dalam usaha perusahaan tersebut.

 

Stock Split

Satuan unit saham yang dipecah menjadi lebih dari satu. Jumlah saham beredar bertambah. Namun harga nilai saham per lembar lebih rendah.

 

Stock Reverse

Beberapa unit saham digabungkan menjadi satu. Jumlah saham beredar berkurang. Namun harga saham per lembar lebih tinggi.

 

Semoga istilah-istilah tersebut dapat membantu kamu memahami seluk beluk dunia investasi lebih baik lagi.


 

Leave a Reply