5  Alasan Kenapa Anak Muda Mesti Coba Bisnis Suvenir Pernikahan

Selain rasa haru dan perut kenyang, para tamu dan undangan dari pesta pernikahan juga biasanya pulang membawa suvenir pernikahan. Keberadaan benda yang bentuknya beragam ini memang mirip seperti foto prewedding, sudah jadi bagian paket yang selalu ada di setiap pesta pernikahan.

Bagi kamu anak muda yang saat ini sedang merintis usaha, bisnis suvenir pernikahan patut kamu coba. Kenapa begitu?

 

1. Peluang Usaha yang Menjanjikan

Anak muda harus coba bisnis suvenir pernikahan

Pernikahan merupakan satu dari beberapa momen penting hidup manusia di dunia. Banyak orang yang akan merayakannya. Gombalnya, selama masih ada cinta di dunia, selama itu pula orang-orang tertarik untuk mengikatkan diri mereka dalam ikatan pernikahan.

Jika acara pernikahannya saja terus ada, bisnis suvenir pernikahannya juga sudah pasti bertahan lama. Apalagi tiap mempelai pasti ingin memberikan semacam kenang-kenangan bagi orang-orang terkasih yang datang memeriahkan momen penting dalam hidup mereka. Inilah alasannya mengapa bisnis suvenir pernikahan terbilang menjanjikan.

 

2. Banyak Pilihan Berkreasi

Anak muda harus coba bisnis suvenir pernikahan

Coba kamu iseng survei ke beberapa acara pernikahan. Suvenir yang kamu temukan pasti bentuknya bermacam-macam. Ada yang lonceng, kipas, serbet, tempat lilin, dan lain sebagainya. Bisnis suvenir pernikahan memang membuka peluang besar untuk menuangkan kreativitas. Semua tergantung bagaimana kamu berkreasi.

 

3. Bahan Baku Mudah Dicari

Mencari bahan baku untuk bisnis suvenir pernikahan juga tidak terlalu sulit. Kalau kamu mau membuat suvenir berupa notes, kamu bisa datang ke pusat percetakan di sekitar kotamu. Atau kalau kamu senang bercocok tanam, kenapa tidak menjadikan hobimu pendukung bisnis suvenir yang kamu kerjakan? Kamu bisa memanfaatkan tanaman hias sebagai green souvenir. Bahan bakunya bisa kamu dapatkan dari para petani tanaman hias.

 

4. Modal Tidak Terlalu Memberatkan

Bagi anak muda, mungkin kendala terbesar memulai bisnis ini adalah modal. Tapi percaya deh, bisnis suvenir pernikahan termasuk salah satu usaha yang modalnya rendah. Selain mengandalkan tabungan pribadi, kamu juga bisa minta panjar pada calon klienmu. Uang tersebut bisa kamu gunakan sebagai modal ongkos produksi.

 

5. Dapat Memanfaatkan Teman Sebagai Jaringan Konsumen

Dalam satu angkatan, jumlah mahasiswanya bisa ribuan orang. Coba kamu bayangkan, di masa depan ribuan orang itu akan menikah. Mereka tentu akan jadi pasar bagi produk suvenirmu. Ditambah lagi dunia kampus beda dengan dunia sekolah. Di kampus kadang ada saja teman yang sudah menikah pada tahun ketiga atau keempat kuliah. Tentu ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Jadi manfaatkanlah pertemanan sehat kamu di kampus sebagai cara untuk mendapatkan klien. Hanya saja tetap ingat untuk tidak mencampur adukkan bisnis dengan pertemanan lho ya.


 

Leave a Reply