6 Langkah Menghadapi Manusia Beracun

Berbeda dengan hari buruk yang membuat mood-mu jelek sesekali saja, manusia beracun bisa membuat kinerjamu berantakan tiap hari. Karena itu setelah mengetahui ciri-cirinya, kamu wajib paham juga cara menghadapi manusia beracun.

 

1. Tetapkan Batasan

Jika memungkinkan, hindari orang-orang toxic ini. Namun, jika kamu terpaksa hidup berdampingan dengan mereka, usahakan untuk meminimalkan kontak.

Sebagai contoh, jika kamu terpaksa bekerja sama sebagai satu tim, upayakan agar kamu tidak berdebat satu lawan satu dengannya. Ajak rekan kerja lain untuk ikut dalam diskusi.

Contoh lain, mungkin orang semacam ini berulang kali minta tolong untuk hal yang tidak perlu. Daripada energimu habis hanya untuk meladeni orang tersebut, lebih baik jawab dengan tegas bahwa kamu tidak bisa. Tidak usah merasa tidak enak hati. Yang mengerti keadaanmu hanya dirimu sendiri.

Analoginya adalah jika kamu berada dalam ruangan yang sama dengan perokok, sedangkan kamu alergi atau tidak tahan dengan asap rokok, apakah kamu akan mengorbankan paru-parumu hanya karena merasa tidak enak?

 

2. Pahami Emosimu

Seringkali kamu merasa lelah, marah atau bahkan depresi menghadapi orang-orang semacam ini. Hal ini sangat manusiawi dan dapat dimengerti.

Siasat yang perlu kamu pelajari adalah memahami kapan emosi itu datang. Dengan begitu kamu bisa menghindari terbawa emosi atau mengambil keputusan yang salah. Kamu juga jadi lebih mawas ketika manusia beracun ini sedang berusaha memanipulasi dan memainkan emosimu.

 

3. Angkat Dirimu Lebih Tinggi

Perilaku manusia beracun tidak masuk akal. Dengan menyadari hal ini, kamu dapat mengambil sikap yang lebih bijak.

Bayangkan dirimu sebagai pengamat yang sedang memperhatikan subjek yang bermasalah. Kamu memang mendengarkan mereka, tapi tidak perlu ikut serta dalam drama atau masalah yang mereka buat. Berikan fakta dan keadaan yang sedang terjadi tanpa melibatkan emosi atau hal-hal yang tidak perlu.

 

4. Fokus Pada Solusi Bukan Masalah

Jangan biarkan dirimu terombang-ambing pada masalah. Hal itu hanya akan menambah stres dan emosi negatif dalam dirimu. Lebih baik kamu arahkan perhatian pada solusi. Cari tahu langkah yang tepat dalam menghadapi perilaku manusia beracun.

Dengan begitu kamu mengarahkan energimu untuk hal yang lebih positif serta dapat mengurangi rasa stresmu dalam menghadapi mereka.

 

5. Pilih Pertempuranmu

Jangan biarkan dirimu berada dalam konflik yang tidak kamu mengerti. Apalagi jika kamu sedang dalam keadaan emosi yang tidak seimbang. Lebih baik mundur sejenak atau menjauh dari konflik yang sedang kamu hadapi walaupun kamu berada pada pihak yang benar. Mengalah bukan berarti kalah.

 

6. Maafkan Tapi Jangan Lupakan

Memaafkan berarti melepaskan rasa marah dan emosi negatif yang kamu miliki. Dengan melepaskan semua hal negatif tersebut, kamu mengundang kehadiran ketenangan jiwa dan kejernihan pikiran.  Namun, bukan berarti kamu harus melupakan sama sekali perbuatan manusia beracun ini.

Hikmah yang kamu dapat dari hasil interaksi dengan manusia beracun dapat kamu gunakan untuk memproteksi diri terhadap orang semacam itu di kemudian hari. Dengan memafkan namun tidak melupakan, kamu mendapatkan ketenangan batin namun tetap dapat melihat dengan persepsi yang realistis.

 

Punya ide lain cara yang tepat dalam menghadapi manusia beracun? Kalau ada, jangan ragu bagikan di kolom komentar ya!


 

Leave a Reply