Menikmati Atraksi Budaya dan Keindahan Alam di Festival Danau Sentani

Salah satu tips agar liburanmu makin seru, coba deh rajin-rajin mengecek agenda wisata. Sekarang ini banyak pemerintah daerah yang getol membuat acara festival kebudayaan untuk menyemarakkan pariwisata di daerahnya. Pada momen tersebut pasti ada banyak atraksi menarik yang tidak setiap hari bisa kamu lihat.

Salah satu festival kebudayaan yang cukup lama dan rutin diselenggarakan adalah Festival Danau Sentani di Jayapura, Papua. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 2007 lho. Biasanya festival ini diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. Tahun 2016 kemarin, Festival Danau Sentani diadakan dari tanggal 19 sampai 23 Juni.

 

Danau Sentani

"Menikmati

Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua dengan luas mencapai 9.360 hektar. Letaknya sekitar 40 kilometer dari ibukota provinsi Papua, Jayapura. Kalau kamu datang ke Jayapura dengan pesawat, jarak dari bandara ke danau justru lebih dekat dibanding ke pusat kota Jayapura.

Selain memancarkan keindahan yang mempesona wisatawan, danau ini juga jadi sumber penghidupan 24 desa yang ada di sekitarnya. Danau Sentani mengaruniakan air bersih dan ikan air tawar bagi masyarakat setempat. Beberapa ikan air tawar langka seperti ikan pelangi dan hiu gergaji bisa kamu temukan di sana.

Desa-desa yang berada di pesisir danau dihuni oleh suku yang berbeda. Karena itu Sentani juga menjadi simbol kebinekaan. Dalam bahasa setempat, sentani berarti “di sini kami hidup dengan damai.”

 

Festival Danau Sentani

"Menikmati

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Festival Danau Sentani biasanya berlangsung pada bulan Juni. Lokasi penyelenggaraannya di kawasan Khalkote, Sentani Timur. Pada momen tersebut, wisatawan mancanegara maupun domestik akan berdatangan menyaksikan berbagai atraksi menarik.

Pertunjukan ikonik di festival ini adalah atraksi tari isosolo dan felabhe. Tari isosolo biasanya dilakukan sebagai penghormatan bagi seorang ondoafi atau kepala adat. Isosolo terdiri dari dua kata, iso yang berarti sukacita, dan solo yang berarti kelompok dari semua umur. Jika kalau diartikan secara bebas, tari isosolo adalah tarian sukacita yang dilakukan oleh semua orang, baik tua maupun muda.

 

Tari isosolo via essentialjourneys.co.uk

Jika isosolo adalah tarian sukacita, maka felabhe adalah tari perang. Dahulu penduduk di sekitar Danau Sentani belum hidup harmonis seperti sekarang. Antar kampung masih suka berperang. Karena itu tari ini adalah peragaan yang terjadi pada masa itu.

Para penari memakai hiasan kepala dari bulu burung, bertelanjang dada, membawa busur dan anak panah. Masing-masing kelompok saling mengarahkan anak panah. Tari ini tanpa diiringi dengan tifa seperti halnya isosolo. Mereka hanya mengandalkan bunyi dari mulut.

Di samping pertunjukkan kedua tari tersebut, Festival Danau Sentani juga punya sederet atraksi kebudayaan lainnya. Kamu juga bisa melihat-lihat kerajinan khas Papua seperti kulit kayu, batik khas Papua, batu akik, hingga noken. Tidak ketinggalan kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Papua di sana.

Walau kabar resmi mengenai penyelenggaraan Festival Danau Sentani tahun ini belum keluar, ada baiknya kamu siap siaga menantikannya. Kamu bisa mulai menabung mempersiapkan dana. Meski biayanya tidak sedikit, dijamin deh kamu tidak akan menyesal berkunjung ke provinsi paling timur di Indonesia ini.

 


 

Leave a Reply