5 Alasan Mengapa Adult Coloring Mampu Mengurangi Stres

Pernah melihat orang dewasa membawa buku mewarnai dan pensil warna ke kantor atau kafe? Ya, kini kegiatan mewarnai bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Istilah kerennya adalah adult coloring atau mewarnai bagi orang dewasa.

Kegiatan ini katanya dapat mengurangi stres secara efektif. Kenapa begitu ya? Kira-kira alasannya seperti ini.

 

1. Kenangan Masa Kecil

Mewarnai mengingatkan kita pada masa kecil. Masa kecil adalah masa di mana semua hal lebih sederhana dan menyenangkan. Kita tidak punya banyak tanggung jawab.

Dengan mewarnai, kita dapat kembali ke masa-masa di mana kita dapat merasakan kebahagiaan sejati sebagai anak kecil. Kegiatan ini dapat mengalihkan pikiran sejenak dari masalah saat ini.

 

2. Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri

Kegiatan mewarnai mendorong kita untuk memikirkan keseimbangan warna, mewarnai sesuai garis, dan secara keseluruhan memerlukan keterampilan motorik yang baik. Oleh karena itu ketika melakukan adult coloring, kamu melatih kerja otak kanan dan kiri dengan seimbang.

Sewaktu memulai, coba dengan pola yang sederhana. Tingkatkan sedikit demi sedikit untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan lebih maksimal. Semakin sulit pola dan tingkatan yang kamu kerjakan, semakin banyak pula area otak yang kamu latih.

 

3. Melatih Kesadaran Penuh

 Walaupun mewarnai adalah kegiatan ringan yang menyenangkan, namun tetap memerlukan fokus dan perhatian penuh. Sewaktu kamu fokus mewarnai, hal-hal lain yang ada dalam pikiran kamu kesampingkan. Termasuk masalah dan keruwetan hidup. Manfaatnya sebelas dua belas lah dengan meditasi.

Sewaktu mewarnai, kamu menghentikan sejenak keruwetan pikiran dan fokus hanya pada apa yang ada di depan. Ini membantu menepikan sejenak keresahan yang berseliweran di pikiran, sehingga terciptakan kesadaran penuh dalam diri.

 

4. Alat Terapi Sederhana

Adult coloring dapat membantu menangani masalah emosi dan kesehatan mental kita. Sebuah studi menegaskan bahwa mewarnai gambar dengan bentuk mandala yaitu kerangka bulat dan pola geometris memang efektif untuk meredakan keresahan.

Selain itu gerakan repetitif dan mendasar yang dilakukan dalam kegiatan mewarnai dapat membuat amigdala, yang merupakan pusat otak untuk rasa takut, menjadi lebih rileks.

Kegiatan adult coloring bagus untuk menjadi terapi mengatasi sumber-sumber masalah pikiran seperti kebosana, ketidakteraturan, dan stres. Bahkan kegiatan ini juga bagus sebagai terapi untuk masalah berat mulai dari gangguan obsesif-kompulsif (obsessive-compulsive disorder), gangguan kecemasan (anxiety disorder), gangguan stres (stress disorders), depresi (depressive disorders), gangguan makan (eating disorder), gangguan pasca trauma, masalah pengendalian amarah, hingga penyalahgunaan narkoba.

 

5. Mengekspresikan Diri

Mewarnai memberi kesempatan bagi kamu untuk mengekspresikan diri. Kamu bebas memilih warna apa pun, memulai dari pola manapun, dan mewarnai kapan pun. Warna yang dipulaskan satu orang juga pasti berbeda dengan orang lain. Kamu bisa menjadi diri sendiri dan berbangga atas karya yang kamu lakukan.

 

Selain menyehatkan pikiran, kita juga mendapatkan dekorasi gratis buatan sendiri. Kamu bisa beli di toko buku atau unduh gratis dari internet. Selamat mencoba!


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply