5 Tips Agar Tetap Survive di Tanggal Tua

Bagi kebanyakan orang, tanggal tua merupakan momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, jika saat baru gajian pesan sate atau soto bisa dilakukan dengan santai, saat tanggal tua kedua makanan tersebut berubah jadi barang mewah.

Tapi tidak perlu khawatir. Tanggal tua adalah keniscayaan, tapi sekarat saat tanggal tua adalah pilihan. Kamu bisa kok menerapkan hal-hal berikut agar tetap survive di tanggal tua.

 

1. Membuat daftar pengeluaran setiap bulannya

via dailywomen.co.id

Ayo ngaku deh, pasti tiap kali gajian kamu sering sekali membiarkan diri tergoda untuk belanja ini dan itu. Mumpung awal bulan pikirmu.

Padahal belanja impulsif seperti itu bisa membuat kondisi keuanganmu berantakan. Sebaiknya ketika baru gajian, buat anggaran keuangan sedetil mungkin. Bedakan pos keuangan untuk menabung, belanja kebutuhan, dan belanja keinginan.

 

2. Disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat

via buddyloans.com

Sedetil dan serapi apa pun anggaran enggak ada gunanya kalau dalam pelaksanaannya kamu tetap tidak taat anggaran. Biasakan disiplin pada anggaran setiap bulannya sehingga di tanggal tua kamu tidak kesusahan.

 

3. Gunakan aplikasi penghitung keuangan

via okezone.com

Jangan anggap remeh pengeluaran kecil. Seringkali kita tak sadar biaya yang nominalnya kecil-kecil ketika dikalkulasikan jumlahnya bisa membengkak.

Jadi agar kamu selalu ingat untuk berhemat hingga akhir bulan, pasang aplikasi pencatat keuangan di ponselmu. Ingat untuk menginput semua transaksi yang kamu lakukan, hingga ke pengeluaran terkecil.

 

4. Manfaatkan promosi

via colourbox.com

Memanfaatkan promo belanja, makan, atau karaoke pada awal bulan bisa menjadi solusi agar kamu bisa tetap survive hingga tanggal tua. Dua hal perlu kamu lakukan ketika berhadapan dengan promo tertentu.

Pertama, tanyakan ke diri sendiri apakah kamu benar-benar butuh barang tersebut. Jangan-jangan kamu ingin membeli barang tersebut justru gara-gara dipajang dengan label promo. Kalau begitu sama saja dengan belanja impulsif.

Kedua, cek dengan saksama detail promo tersebut. Kalau syarat dan ketentuannya ada yang mencurigakan lebih baik batalkan saja untuk membeli.

 

5. Usahakan tidak usah meminjam uang di tanggal tua

via brilio.net

Biarpun saldo rekeningmu sudah sampai pada level membuat ketar-ketir, usahakan untuk tidak sampai berutang. Jangan terjebak pada anggapan kamu akan segera mengganti uang tersebut hanya karena tanggal gajian sudah di depan mata. Lebih baik kuatkan tekad untuk bisa melalui tanggal-tanggal kritis dengan receh terakhir yang kamu punya.

Kebiasaan berutang pada tanggal tua akan membuat kamu terjebak pada lingkaran setan. Gaji bulan ini yang harusnya utuh terpotong gara-gara utang bulan lalu. Jika kamu tidak segera menyesuaikan anggaran, besar kemungkinan kamu akan kembali berutang di tanggal tua berikutnya.

 

Cara yang lebih baik adalah tidak mengandalkan pendapatan cuma dari gaji. Kamu bisa mulai cari sumber pendapatan lain di luar pekerjaan utamamu.


 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply