5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Binatang Peliharaan

Pemilik binatang peliharaan pasti sudah paham rasanya disambut binatang peliharaan ketika pulang. Segala penat dan stres lumer seketika melihat ekspresi si hewan kesayangan. Nah, jika kamu sekarang sedang menimbang-nimbang untuk memelihara hewan, semoga penjelasan berikut dapat membantumu membuat keputusan.

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat binatang peliharaan

“Anjing kan kotor dan bawa banyak penyakit.”

“Jangan pelihara kucing, bulunya bisa masuk ke pernapasan.”

Sering dengar kalimat-kalimat seperti ini? Kalau jawabannya ya, jangan jadikan komentar-komentar tersebut meruntuhkan semangatmu untuk punya peliharaan.

Banyak studi menunjukkan bahwa memiliki binatang peliharaan sedini mungkin malah akan meningkatkan kekebalan tubuh. Para pemilik binatang peliharaan ini memiliki tingkat kimiawi sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi. Ini menandakan aktivasi sistem kekebalan tubuh yang baik.

James E. Gern, MD, dokter hewan dari University of Wisconsin-Madison, dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology juga menegaskan manfaat binatang peliharaan. Anak-anak yang sejak kecil sering bersentuhan dengan hewan, entah hewan peliharaan ataupun hewan peternakan, memiliki risiko lebih rendah terkena alergi atau asma.

 

2. Menghilangkan Stres

manfaat binatang peliharaan

 

Hewan peliharaan memberikan cinta tanpa syarat dan persahabatan tanpa pandang bulu. Karena ini punya binatang peliharaan ampuh untuk mengurangi stres dan memperbaiki mood. Ini terutama terlihat jelas pada beberapa kelompok yang sangat membutuhkan dukungan, seperti orang yang sakit keras dan lansia.

Para ilmuwan dari Virginia Commonwealth University pernah mengadakan riset untuk memeriksa tingkat stres pada karyawannya. Ilmuwan memeriksa karyawan yang membawa binatang peliharaan ke kantor, yang meninggalkan peliharaannya di rumah, dan pegawai yang tidak memiliki peliharaan. Hasilnya, pegawai yang membawa peliharaan ke kantor mengalami penurunan stres saat bekerja, namun tidak dengan dua kelompok karyawan lainnya.

Orang yang sedang menderita sakit keras serta lansia yang kesepian bahkan berkurang kadar depresinya ketika mereka memiliki binatang binatang peliharaan. Oleh sebab itu, binatang peliharaan sebagai terapi semakin umum dijumpai di banyak rumah sakit dan panti jompo.

 

3. Memperbaiki Kesehatan Fisik

manfaat binatang peliharaan

Binatang peliharaan membawa manfaat kesehatan yang nyata. Kehadiran mereka mampu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan tingkat kolesterol. Menurut riset, memperhatikan ikan di dalam akuarium pun dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, serta mengurangi stres.

Studi kesehatan lainnya mempertegas hal tersebut. Objek yang diteliti adalah tekanan darah pialang saham. Pialang saham yang punya binatang peliharaan tekanan darahnya lebih rendah dibanding pialang saham yang tidak punya.

 

4. Meningkatkan Kebahagiaan

manfaat binatang peliharaan

Banyak orang yang mengonsumsi obat penenang bahkan sampai kecanduan obat-obatan seperti heroin dan kokain untuk mendapatkan perasaan bahagia secara instan. Padahal banyak cara lain yang jauh lebih sehat untuk mendapatkan efek yang sama. Salah satunya dengan memiliki binatang peliharaan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika pemilik anjing memandangi mata peliharaannya, baik otak sang pemilik maupun si peliharaan sama-sama memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini menciptakan perasaan tenang dan bahagia dalam tubuh. Oksitosin jugalah yang berperan menciptakan euforia saat jatuh cinta atau ikatan tak terpisahkan antara ibu dengan anak.

 

5. Membuat Hidup Lebih teratur

manfaat binatang peliharaan

 

Mengurus binatang peliharaan perlu pengorbanan waktu, tenaga, dan uang. Oleh sebab itu, para pemilik binatang peliharaan akhirnya perlu mengatur waktu, keuangan, serta mengelola energi mereka dengan baik. Hidup mereka jadi lebih teratur. Mereka tetap fokus pada tugas apapun mood yang sedang mereka rasakan.

Bagi banyak orang, kegiatan mengurus binatang peliharaan dapat memberikan tujuan dan struktur hidup yang bermanfaat.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bawa pulang binatang peliharaanmu. Usahakan untuk mengambil binatang peliharaan yang membutuhkan hidup yang lebih baik.


 

Leave a Reply