7 Ide Bisnis untuk Penyayang Binatang

Banyak entrepreneur yang menjalankan bisnis bermula dari hobi. Orang yang gemar menggunting menempel dan prakarya membuat bisnis kerajinan rumah tangga. Orang yang hobi fangirling artis K-Pop membuat bisnis kaos bergambar artis idola.

Lalu bagaimana jika kegemaranmu adalah main-main dengan binatang peliharaan? Tentu saja ada peluang bisnisnya. Kamu bisa mencoba beberapa ide bisnis untuk penyayang binatang seperti di bawah ini.

 

1. Dog Walker & Pembersih Kotoran Hewan Peliharaan

Untuk menjadi dog walker kamu tidak butuh apa pun. Kamu hanya perlu tenaga yang banyak untuk tetap semangat menemani anjing berjalan-jalan. Soalnya kebanyakan anjing, bahkan yang tipe rumahan sekalipun, pasti bakal aktif sekali ketika diajak jalan-jalan berkeliling.

7 Ide Bisnis untuk Penyayang Binatang
Dog walker via wikipedia.org

Selain sebagai dog walker, kamu bisa menawarkan jasa untuk membersihkan kandang atau halaman tempat binatang peliharaan tersebut bermain. Kotoran hewan jika dibiarkan tidak hanya mengganggu kesehatan pemilik hewan tersebut, tapi juga lingkungan sekitar.

Pelanggan yang harus kamu sasar adalah orang-orang yang punya peliharaan tapi terlalu sibuk hingga tidak punya waktu untuk membersihkan kandang peliharaannya. Kamu bisa membuat daftar harga sesuai dengan jenis anjing dan ukuran kandangnya.

 

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Membersihkan kotoran binatang peliharaan via pet-lovers.id

 

2. Pet Bloggers

Era digital sekarang ini amat mempermudah para pencinta binatang untuk saling terhubung. Jika kamu mempunyai binatang peliharaan di rumah dan berteman dengan para pencinta binatang lainnya, pasti kamu ingin berbagi cerita dengan mereka. Karenanya kamu bisa mulai menulis blog berisikan pengalamanmu dalam memelihara dan merawat hewan peliharaan.

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Pet blogger via thesmartcookiecook.com

Dalam blog tersebut, sisipkan juga tips memelihara hewan atau ulasan produk perawatan hewan. Siapa tahu di kemudian hari ada pihak yang ingin menggunakan jasamu untuk mempromosikan produk mereka. Kamu bisa dapat bayaran atau sekurang-kurangnya dapat produk gratisan untuk diulas. Jangan lupa tautkan blog kamu tersebut dengan media sosial, supaya semakin banyak yang tertarik membacanya.

 

3. Fotografer untuk Hewan

Apakah ponsel kamu penuh dengan foto-foto lucu hewan peliharaanmu? Coba deh daripada hanya tersimpan di galeri ponsel sendiri, kamu unggah foto-foto tersebut ke Instagram atau Steller. Selain bisa berbagi momen lucu dengan jutaan orang lain di luar sana, kamu juga bisa menjadikannya tempat pamer kemampuan fotografi.  Sama seperti pet blogger, siapa tahu ada pihak yang ingin menyewamu untuk mempromosikan produk mereka.

 

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Fotografer binatang via the-photography-blogger.com

 

4. Makanan Segar dan Organik

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Makanan organik untuk kucing kesayangan via popsugar.com

Saat ini banyak pemilik hewan peliharaan yang sangat memperhatikan asupan bagi hewan peliharaan mereka. Mereka ingin bisa memberikan makanan atau camilan buatan sendiri karena tidak terlalu yakin dengan kualitas makanan hewan yang ada di pasaran. Sayangnya kesibukan menyulitkan mereka untuk punya waktu membuatkan makanan tersebut.

Aspirasi tersebut bisa kamu tangkap dan jadikan ide bisnis. Coba ciptakan sesuatu yang berbeda dari produk yang sudah ada. Makanan atau camilan tersebut harus berasal dari bahan alami dan menyehatkan. Dalam menjualnya kamu juga bisa menyediakan layanan pengantaran. Pemilik hewan senang, kamu pun dapat untung.

 

5. Kafe Ramah Peliharaan

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Pet friendly cafe via animalslook.com

Kadangkala, para pemilik hewan peliharaan tidak ingin meninggalkan hewan kesayangan mereka sendirian di rumah. Tapi membawa mereka ke mal atau kafe juga sulit. Belum-belum, petugas keamanan mal atau kafe pasti sudah melarang mereka masuk.

Ide bisnis yang bisa kamu wujudkan adalah membuat kafe yang ramah hewan peliharaan. Pemilik hewan peliharaan dapat makan, minum, atau nongkrong sambil bercengkerama dengan hewan peliharaan mereka.

Atau kamu juga bisa membuat kafe, seperti kafe kucing, dimana para pencinta kucing datang untuk membaca buku, minum kopi atau coklat dan membaca buku sambil ditemani kucing-kucing. Menarik bukan?

 

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Nyafe Melange, Kafe Kucing di Jepang via http://gogoo-tour.com

6. Pakaian dan Aksesori untuk Peliharaan

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Baju hangat untuk binatang peliharaanmu via wonderfuldiy.com

Jika kamu suka mendandani hewan peliharaanmu dengan pakaian atau aksesori lucu, coba kembangkan kegembaran itu jadi bisnis. Bila tadinya pakaian atau aksesori itu hanya untuk hewan peliharaanmu, kamu bisa mulai menjualnya ke orang lain. Jadikan anjing atau kucingmu sebagai modelnya. Ini akan membuat mereka jadi terkenal sama seperti produk yang dikenakannya.

 

7. Pet Parcel & Gifts

7 Ide Bisnis untuk Pencinta Binatang
Parsel untuk kelinci kesayangan via petsathome.com

Pada momen-momen tertentu, pemilik hewan peliharaan juga ingin menghadiahkan kado pada peliharaannya. Soalnya hewan peliharaan, apalagi yang sudah dipelihara atau diadopsi sejak kecil, sudah dianggap sebagai anggota keluarga sendiri.

Ini peluang yang sangat bagus untuk kamu manfaatkan. Coba buat parsel sesuai permintaan klien. Isinya bermacam-macam. Mulai dari camilan sehat, mainan, hingga barang-barang yang dapat digunakan seperti pernak-pernik, baju, atau tempat tidur. Unik bukan?

 

Tertarik untuk mencoba bisnis ini?


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply