7 Cokelat Unik Khas Indonesia Selain Chocodot

Bisnis mendorong inovasi. Sudah banyak kreasi baru tercipta dari tangan-tangan terampil entrepreneur Indonesia. Di bidang kuliner misalnya, ada Chocodot. Camilan asal Garut yang merupakan kombinasi cokelat dengan dodol ini sudah populer di kalangan penyuka camilan manis dan pencinta cokelat.

Entrepreneur Indonesia lainnya juga tidak mau kalah. Mereka juga punya kreasi coklatnya sendiri. Penasaran, apa saja cokelat khas Indonesia yang menarik untuk dicoba? Ini beberapa di antaranya:

 

1. Cokelat Lempok Durian, Tjomel

coklat unik Indonesia

Cokelat dengan merek Tjomel ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Tjomel membuat berbagai paduan cokelat yang tidak biasa, yang paling terkenal adalah cokelat lempok durian. Bagi yang belum tahu, lempok durian adalah salah satu kuliner khas orang Melayu berupa dodol yang terbuat dari durian.

Menurut Louise Wulandari pemilik Delicia Cake Shop yang memproduksi cokelat ini, nama Tjomel diambil dari kata dalam bahasa Melayu: comel. Kata comel bisa berarti cerewet dan bawel, tapi bisa juga bermakna lucu dan imut.

Selain cokelat lempok durian, Tjomel juga punya cokelat manisan aloe vera, manisan jeruk, kismis Arab, dan kurma. Kelima varian rasa cokelat Tjomel ini sudah menjadi oleh-oleh wajib kala mampir ke Pontianak lho.

 

2. Cokelat Kurma, KurChoc

coklat unik Indonesia

Produk cokelat yang berasal dari Jogja ini merupakan kreasi Pipit Yuni Roestiningsih. Dikemas dengan nama KurChoc, camilan buatannya memiliki cita rasa legit khas kurma yang bercampur cokelat.

KurChoc punya tiga varian rasa, yakni isi coklat, kacang mete, dan keju. Pesanan biasanya melonjak saat momen lebaran, bahkan sebelum bulan Ramadan.

 

3. Cokelat Jamu, Cokelat Roso

coklat unik Indonesia
Sesuai dengan slogannya, yaitu “Cokelat Roso taste of Jogja“, Cokelat Roso menghadirkan racikan cokelat cita rasa khas Jogja yang tidak ditemukan di tempat lain. Selain varian rasa yang sudah umum seperti cokelat kacang atau cokelat susu, Cokelat Roso juga punya varian rasa yang unik, yakni cokelat jamu.

Cokelat dengan rasa jamu ini diberi nama Cokelat Roso Jejamuan. Produk ini terdiri dari jejamuan gula asam, jejamuan kunyit, dan jejamuan beras asam. Paduan rasa cokelat dengan rasa asam, kunyit, atau hangatnya beras kencur pasti menciptakan kombinasi yang unik di mulut.

 

4. Mie Cokelat, Nindira

coklat unik Indonesia

Kota Bogor memang tidak pernah kekurangan kreasi jajanan kuliner unik. Salah satu camilan dari Bogor yang memakai bahan dasar cokelat, misalnya Mie Cokelat.

Mie Cokelat ini berawal dari lomba memasak mie yang diikuti oleh pasangan ibu dan anak, Nina dan Indira. Mereka memenangkan lomba tersebut dan dari sana memasarkan produk mereka ke seluruh Indonesia.

Mie Coklat punya berbagai varian rasa, seperti cokelat susu, teh hijau, lolipop, pangsit mie cokelat, dan cookies mie.

 

5. Cokelat Permen Tape, Fondre

coklat unik Indonesia

 

Berawal dari keinginan Mohammad Rizqo untuk menggabungkan cokelat dengan jajanan khas Jember, maka terciptalah cokelat suwar-suwir. Suwar-suwir merupakan camilan khas Jember yang terbuat dari tape. Karena itu rasa cokelat suwar-suwir adalah perpaduan legitnya tape dengan manisnya cokelat.

Selain cokelat suwar-suwir, Fondre (merek yang digunakan Rizqo untuk produk coklatnya),  juga punya cokelat rasa edamame. Menariknya, varian rasa baru tersebut mendulang sukses lebih besar daripada cokelat suwar-suwir.

 

6. Cokelat Tahu, Coktau

coklat unik Indonesia

Jalan-jalan ke Kediri, jangan lupa mencicipi Coktau. Produk ini merupakan tahu yang dibalut dengan lapisan cokelat yang tebal. Saat digigit, tahunya terasa sangat gurih, renyah, dan crispy.

Kediri memang terkenal dengan produksi tahunya. Sampai-sampai Kediri dinamakan sebagai kota tahu. Tahu yang paling terkenal di Kediri adalah Tahu POO atau yang juga dikelan dengan sebutan Tahu Takwa. Tahu inilah yang menjadi bahan baku Coktau.

 

7. Cokelat Tempe, Dekonco

coklat unik Indonesia

Cokelat unik yang satu ini merupakan produk industri rumahan dari Malang, Jawa Timur. Pencetusnya adalah Yoga Surya Pratama. Sejak tahun 2011, ia mencoba membuat formula agar cokelat tempenya sesuai dengan lidah masyarakat Malang.

Cokelat tempe Dekonco memadukan kelezatan cokelat dan renyahnya tempe. Dekonco punya lima varian rasa, yaitu milk, cokelat, pedas, apel, dan stroberi. Coba tebak varian rasa apa yang paling populer? Rupanya yang paling laris adalah cokelat tempe dengan rasa pedas.

Karena biasanya orang memakan cokelat tidak langsung dikunyah, maka rasa pedasnya menyebar. Ketika dimakan akan terasa sensasi manisnya cokelat yang bertemu dengan pedasnya cabe. Rasa pedasnya terasa sampai di lidah dan langit-langit mulut. Berani?

 


 

Leave a Reply