9 Situs dan Aplikasi Gratis Agar Mahir Berbahasa Asing

Mampu berbahasa asing sepertinya sudah menjadi persyaratan wajib untuk hampir semua pekerjaan maupun untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Kemampuan berbahasa asing juga dapat dipastikan akan menjadi nilai tambah untuk hampir semua hal. Kalau kamu ingin mahir berbahasa asing namun tidak memiliki modal banyak, ayo cek situs dan aplikasi di bawah ini.

 

Busuu

Mahir Berbahasa Asing

Busuu merupakan aplikasi berbentuk komunitas internasional. Karenanya, kegiatan belajar dilakukan bersama dengan 40 juta pengguna aplikasi lainnya. Untuk memulai Busuu, kamu bisa memilih level bahasa yang kamu inginkan, baik Beginner, Elementary, Intermediate, Upper Intermediate, atau Travel.

Pelajaran untuk pemula atau Beginner menggunakan kartu untuk mempelajari kata-kata atau kalimat baru. Pelajaran yang tingkatnya lebih tinggi mengharuskan pengguna untuk menulis jawaban dari pertanyaan yang diberikan untuk kemudian diperiksa oleh pengguna lain yang merupakan native speaker dari bahasa tersebut. Fitur lain dari Busuu mencakup dialog, latihan menulis dan rekaman audio untuk belajar bahasa.

 

 

Mindsnacks

Kamu tipe orang yang lebih suka dengan dengan gaya belajar sambil bermain? Berarti kamu harus coba Mindsnacks. Aplikasi ini menyediakan pelajaran untuk tujuh bahasa asing. Kamu dapat mempelajari bahasa asing tersebut lewat berbagai permainan. Permainan ini dirancang untuk memudahkanmu mempelajari kosakata, tata bahasa, serta melatih mendengarkan kata-kata dalam bahasa asing.

Mindsnacks juga menyediakan fitur untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa, sehingga kamu bisa tahu sudah sejauh mana kamu belajar. Aplikasi ini juga memonitor perkembanganmu sehingga kamu bisa tahu sudah sejauh mana kamu belajar. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis dan baru tersedia di AppStore.

 

Memrise

Memrise punya fitur andalan bernama “mems”. Bentuknya berupa kartu gambar unggahan pengguna yang berisi humor dan lain sebagainya. Kartu gambar-gambar ini dipakai sebagai alat bantu agar pengguna dapat mengingat kosakata baru dengan lebih mudah.

Selain itu Memrise juga punya fitur yang dapat mengajarkan kata dan frase baru. Kata-kata baru itu diperkenalkan dengan cara dimasukkan ke dalam kalimat yang punya kata dengan pengucapan serupa di bahasa pengguna.

Misalnya blumenkohl dalam bahasa Jerman yang pengucapannya mirip dengan kata “belum engkol” dalam bahasa Indonesia. Lagi-lagi ini dimaksudkan untuk membantu pengguna mengingat kata dalam bahasa asing.

 

Duolingo

Meski aplikasi ini sudah cukup populer, namun rasanya kurang afdal kalau tidak turut dimasukkan dalam daftar ini. Duolingo banyak dipakai oleh orang yang gemar belajar bahasa karena fitur poin dan bonusnya yang menyenangkan. Belajar bahasa serasa sedang bermain gim.

Jika kamu sudah menguasai suatu level, maka kamu bisa ke level selanjutnya. Begitu seterusnya sampai level terakhir. Ketika sudah mencapai level akhirnya, harusnya sih kamu sudah cukup mahir menggunakan bahasa yang kamu pilih.

Duolingo juga menyediakan fitur untuk mengingatkanmu belajar sesuai jadwal yang kamu buat. Jadi tidak ada alasan lagi untuk lupa belajar.

 

Learnalanguage.com

Situs ini memberikan tautan ke sejumlah sumber yang sangat lengkap untuk mempelajari 19 bahasa asing. Kamu dapat mempelajari lebih dari 1.400 kata untuk tiap bahasa yang kamu pilih. Lengkap dengan daftar kosakata dan tabel konjugasi untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa.

Meski begitu dari 19 bahasa yang ditawarkan ada 8 bahasa yang materinya lebih lengkap dibanding yang lain. Bahasa tersebut antara lain Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Rusia, Jepang, Mandarin, dan Italia.

 

Open Culture

Open Culture adalah situs yang memberikan edukasi bahasa dan budaya. Situs ini memuat sejumlah kursus gratis untuk 48 bahasa, bahkan untuk bahasa-bahasa yang tidak lazim sekalipun. Sumber-sumber yang dikumpulkan berasal dari pemerintah, universitas dan institusi swasta terkemuka di seluruh dunia. Materi yang diberikan tentu tak usah diragukan lagi kualitasnya.

 

MIT Open Courseware

Situs ini dibuat oleh universitas ternama, Massachusetts Institute of Technology (MIT). Situs ini dapat ditemukan pada bagian Global Studies and Languages di situs Open Courseware mereka. Di sini kamu dapat menemukan berbagai pelajaran bahasa yang berkualitas, dari pelajaran Bahasa Mandarin Level II sampai Politik Perancis Kontemporer. Semua materi yang diberikan bertujuan bukan hanya untuk mempelajari bahasa, tapi juga budayanya.

 

The Polyglot Club

The Polyglot Club adalah situs untuk belajar bahasa secara komprehensif. Fitur yang paling menarik dari situs ini adalah akses untuk berkomunikasi dengan penutur asing atau native speaker.

Situs ini menghubungkan para penutur asing yang ingin mempelajari bahasa tertentu. Kamu bisa mencari mitra belajar yang sesuai dengan bahasa yang ingin kamu pelajari. Ingin belajar bahasa Prancis, carilah native speaker orang Prancis di sini.

Metode belajarnya tentu saja berbasis web. Kamu dapat menulis kalimat untuk dikoreksi, berdiskusi di chat room, menelusuri video pelajaran bahasa, hingga menghadiri pertemuan dengan penutur asing atau sesama pelajar bahasa.

 

Dengan berbagai aplikasi dan situs yang memudahkan kamu untuk belajar bahasa tanpa biaya ini, tunggu apa lagi? Ayo segera bekali dirimu dengan kemampuan berbahasa asing.


 

Leave a Reply