5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor

Kita digaji untuk bekerja, bukannya untuk tidur. Karena itu meski beberapa negara seperti Spanyol dan Taiwan membolehkan tidur saat jam kerja, hak spesial seperti itu jarang kita jumpai di tempat lain. Malahan kalau dapat bos yang batas toleransinya tipis, ia tidak segan membentak pegawainya yang keseringan menguap.

Lantas bagaimana kalau suatu saat kamu terserang kantuk berat tapi tetap harus mengerjakan tugas kantor? Hmm, kamu perlu tips menghilangkan rasa kantuk saat di kantor seperti berikut ini.

 

Take a break and have a coffee break

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor
Take a break via cheatsheet.com

Kalau tubuh terserang kantuk hebat, jangan kamu paksa terus mengerjakan tugas. Bisa-bisa kamu salah menginput hingga merugikan perusahaan.

Lebih baik kamu ambil jeda sebentar. Buat kopi atau teh herbal atau minuman dingin seperti jus dan soda untuk menghilangkan rasa kantukmu. Selain minum, kamu juga bisa makan camilan ringan atau buah. Soalnya, mulut yang bekerja mengunyah makanan ampuh meredakan kantuk.

 

Bergeraklah

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor
Bergeraklah via lcdarms.com

Cara lain yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk di kantor adalah bergerak. Istirahatkan mata sebentar dari paparan sinar radiasi monitor. Pergi keluar dari kantor sejenak untuk menghirup udara segar. Kamu bisa juga melakukan peregangan agar sirkulasi darah di tubuh kembali lancar setelah duduk berlama-lama di kubikel.

 

Lakukan Akupresur atau Meditasi

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor
Meditasi di kantor via meditation-dc.org

Memijat beberapa titik di bagian tubuh juga bisa membantu menghilangkan kantuk. Titik-titik yang perlu dipijit adalah telapak tangan di antara jari telunjuk dan ibu jari, telinga, dan leher.

Kamu juga dapat melakukan meditasi sejenak. Pejamkan mata di depan layar komputer lalu tarik buang napas pelan-pelan. Ketika melakukan meditasi kamu juga bisa sambil mendengarkan suara gemercik air lewat earphone. Ingat untuk membatasi waktunya ya. Kalau kamu lakukan kelamaan, karena terlalu rileks kamu malah jadi bablas tertidur.

 

Lakukan Hal Lain

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor
Mendengarkan musik ketika bekerja via techwalla.com

Sudah terserang kantuk, ditambah lagi kamu harus melakukan hal yang sama selama berjam-jam. Wah, kantuknya pasti akan menjadi-jadi.

Lebih kamu kamu rileks sebentar. Lakukan kegiatan yang tidak terlalu berat tapi juga tidak terlalu monoton, seperti misalnya main gim. Selain itu mendengarkan musik terutama yang ritmenya cepat juga lumayan berkhasiat membangkitkan semangat dan meredakan kantuk. Cara lain? Cuci muka dengan air dingin agar kepala lebih segar untuk lanjut bekerja.

 

Tidur siang

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor
Tidur di depan komputer via simpleprogrammer.com

Kalau setelah melakukan empat hal di atas masih juga merasa mengantuk, berarti rasa kantukmu sudah terlalu parah. Kamu butuh tidur barang sejenak. Curi waktu untuk tidur selama 15-20 menit. Dengan begitu tubuh bisa beristirahat sebentar dan ketika bangun, tugas-tugas dapat kamu kerjakan dengan maksimal.

Dari tips di atas, apakah kamu mempunyai ide lain untuk tetap terjaga di kantor?

Leave a Reply