Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor

Setiap hari berapa lama waktu yang kamu habiskan di kantor? Kalau dihitung-hitung kebanyakan orang menghabiskan waktu 8-10 jam di kantor. Dengan waktu yang lumayan panjang itu, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan di kantor.

Kesehatan yang terganggu, terutama jika keadaan cuaca sedang tidak menentu, akan mempengaruhi kinerjamu. Oleh karena itu agar kesehatanmu selalu terjaga, biasakan untuk melakukan hal-hal sederhana seperti ini.

 

1. Membersihkan Meja Kerja

5 Tips Bagaimana Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor
Rapikan dan dekor meja kerjamu via homedir.com

Rapikan meja kerjamu secara rutin. Meja kerja yang berantakan akan membuat kamu susah konsentrasi. Kamu bisa melakukannya di pagi hari setiap akan mulai bekerja atau di sore hari ketika jam kerjamu sudah selesai.

Kalau perlu, agar kamu semakin semangat bekerja, letakkan hal-hal favoritmu di atas meja kerja. Seperti saran Marie Kondo, ahli produktivitas hidup asal Jepang, hanya simpan barang-barang yang menyimpan kebahagiaan.

 

2. Cuci Tangan

5 Tips Bagaimana Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor
Cucilah tanganmu via era-soap.com

Kuman ada dimana-mana. Bisa jadi ada di gagang pintu, tombol lift, pegangan bis, hingga kibor yang kamu gunakan untuk mengetik. Karena itu agar tidak tertular kuman penyakit dari benda yang sudah disentuh banyak orang, biasakan untuk mencuci tangan.

Saat ini produk hand sanitizer sudah banyak tersedia dalam kemasan praktis, bahkan ada yang dijadikan gantungan kunci. Bawa dan gunakan selalu untuk menjaga kebersihan tanganmu. Kalau tidak punya, begitu sampai di kantor, segera cuci tangan dengan sabun di wastafel kamar mandi kantor.

 

3. Minum Air Mineral

5 Tips Bagaimana Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor
Minum air secara teratur baik menjaga konsentrasi via organiclifestylemagazine.com

Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi pasti akan terasa lemas. Daya konsentrasi juga akan menurun. Karena itu, bukan cuma di rumah, di kantor kamu juga harus membiasakan minum air mineral.

Letakkan botol air mineral di meja kerja agar kamu selalu ingat untuk minum. Minumlah setiap saat, jangan hanya minum pada saat kamu haus saja.

 

4. Menikmati Istirahat Siang Sebaik-baiknya

5 Tips Bagaimana Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor
Makan siang di taman via meals.com

Jangan menunda-nunda lapar. Ketika tiba waktunya istirahat siang, segeralah makan. Dengan begitu kamu akan dapat tambahan energi untuk bekerja serta terhindar dari sakit seperti maag atau migrain.

Selain untuk makan, pergunakan juga waktu istirahat untuk meredakan stres bekerja. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar menghirup udara segar dan melihat daun yang hijau setelah sekian jam berada di ruangan ber-AC.

 

5. Olahraga Ringan

5 Tips Bagaimana Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Kantor
Lakukan peregangan otot agar tubuh tidak kaku via infograpgicpost.com

Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan tubuh pegal-pegal, otot kaku, dan peredaran darah tidak lancar. Karena itu di sela-sela bekerja, lakukan olahraga ringan agar tubuh tidak kaku. Olahraga juga bermanfaat memperlancar peredaran darah sehingga kamu bisa lebih konsentrasi dalam bekerja.

 

Ayo jaga kebersihan dan kesehatan agar kamu tetap produktif dan semangat dalam bekerja.


 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply