Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Nabung Saham

Untuk mulai membiasakan diri menabung, banyak saluran yang bisa kamu manfaatkan. Selain menabung di bank atau menabung uang sisa belanja di celengan, sekarang kamu pun bisa menabung saham. Tren menabung saham ini sedang Bursa Efek Indonesia galakkan sejak akhir tahun 2015. Agar lebih paham seluk beluk nabung saham, berikut penjelasan singkatnya.

 

Apa itu Saham?

Bursa Efek Indonesia via gandengtangan.org

Perusahaan menerbitkan surat saham ketika membutuhkan modal baru. Biasanya modal baru tersebut digunakan untuk ekspansi usaha.

Ketika kamu membeli surat saham suatu perusahaan, berarti kamu ikut ambil bagian mendanai perusahaan tersebut. Sebagai imbalannya, kamu ikut memiliki perusahaan tersebut, sesuai jumlah saham yang kamu beli.

Karena kamu ikut memiliki, maka keuntungan perusahaan adalah keuntunganmu juga. Kamu akan mendapatkan pembagian keuntungan sesuai kinerja perusahaan di akhir tahun. Besarannya lagi-lagi juga tergantung banyaknya saham yang kamu miliki.

Semakin banyak saham yang kamu beli, semakin besar kepemilikanmu, semakin besar juga dividen yang bisa kamu peroleh.

Mengingat pada umumnya nilai saham terus meningkat, terutama saham perusahaan mapan, maka saham cocok dijadikan investasi jangka panjang. Saham-saham ini diperjualbelikan di pasar modal Indonesia, yakni Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tidak semua perusahaan memiliki saham yang dapat diperdagangkan. Hanya perusahaan yang terdaftar di BEI yang sahamnya diperjualbelikan.

 

Perbedaan Main Saham (Trading) dan Nabung Saham (Invest)

Di pasar modal, ada dua jenis aktivitas yang terkait saham. Pertama adalah main saham (trading) dan yang kedua adalah nabung saham (invest). Keduanya punya kesamaan tujuan, yaitu mendapatkan keuntungan. Letak perbedaannya adalah pada jangka waktu investasi dan strateginya.

Main saham dilakukan layaknya berdagang. Pelakunya mencari saham yang rendah lalu menjualnya ketika harga saham itu naik. Selisih antara harga jual dengan harga beli yang menjadi keuntungan trader. Kamu bisa mendapatkan gambaran lebih rinci aktivitas trader dalam film The Wolf of Wall Street yang diperankan Leonardo DiCaprio.

 

Pialang saham via print.kompas.com

Sementara nabung saham, memperlakukan saham seperti layaknya tabungan. Sewaktu menabung kamu akan terus menempatkan uang di sana dan tidak sering memindah-mindahkan tabungan ke bank berbeda kan? Seperti itulah nabung saham.

Kamu membeli saham yang direkomendasikan namun tidak menjual saham tersebut walau telah mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang kamu peroleh berasal dari peningkatan nilai saham itu sendiri dalam jangka panjang ataupun dividen perusahaan. Dengan begitu, nabung saham tidak terlalu hirau dengan naik turunnya harga saham.

 

Bagaimana Menabung Saham?

Langkah-langkah menabung saham via yuknabungsaham.idx.co.id

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah datang ke perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek. Ingat ya perusahaan sekuritas, bukan BEI. Keberadaan BEI itu seperti halnya pasar, sedangkan perusahaan sekuritas ini adalah pedagang yang menjual saham-saham tadi.

Langkah berikutnya adalah menentukan nominal dana untuk nabung saham. Untuk mulai nabung saham, kamu harus menyisihkan minimal 100 ribu rupiah per bulan. Selanjutnya menentukan saham dari perusahaan mana yang ingin kamu tabung, setorkan dana secara rutin, beli saham menggunakan setoran dana tersebut, dan kamu sudah bisa mulai menabung saham.

 Seperti halnya menabung di bank dikenai biaya administrasi, menabung saham juga dikenakan biaya tertentu. Biaya tersebut adalah upah untuk perusahaan sekuritas, umumnya 0,2-0,3% setiap kali membeli atau menjual saham. Biaya tersebut muncul karena dalam melakukan transaksi jual beli saham kamu harus melalui perantara, yaitu pialang dari perusahaan sekuritas.

Menabung saham juga punya risiko berupa penurunan harga saham (capital loss) dan risiko likuiditas ketika perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan.

 

Setelah tahu sekelumit tentang nabung saham, apakah kamu tertarik untuk ikut mencoba?


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply