5 Hal yang Membuat Kamu Sulit Menabung

Menabung bisa disamakan dengan diet. Supaya bisa sukses, keduanya butuh komitmen jangka panjang. Tidak jarang di tengah jalan muncul godaan yang melemahkan “iman.”

Ketika kamu sudah mulai tergoda, biasanya akan muncul kata-kata seperti “nabungnya mulai besok saja” atau “enggak nabung sehari enggak apa-apa lah.” Kalau enggak segera menguatkan kembali komitmen, bisa-bisa dalih tersebut terus berulang. Hasilnya tabunganmu tidak kunjung bertambah banyak.

Kenapa muncul berbagai alasan yang membuat kamu sulit menabung? Bisa jadi karena hal-hal berikut ini.

 

1. Kurangnya Niat

Semua bermula dari niat via credit.com

Pasti beda deh, melakukan kegiatan dengan tujuan yang pasti dengan kegiatan yang tujuannya iseng-iseng. Karena itu agar semangat menabung tidak kendur, kamu harus punya niat yang kuat.

Coba ingat-ingat lagi tujuan spesifik kamu menabung. Apakah kamu menabung untuk modal menikah, membeli rumah masa depan, atau untuk biaya sekolah ke luar negeri? Kalau kamu sudah punya tujuan yang mantap, niscaya kamu tidak akan setengah-setengah dalam menabung.

 

2. Tidak Punya Perencanaan

via framepool.com

Selain niat, kamu juga wajib punya perencanaan tabungan dan keuangan. Kalau tidak punya perencanaan, kamu akan cenderung asal menabung.  Seberapa ada duit sisa, segitulah nanti yang kamu tabung.

Dalam membuat perencanaan menabung, sebaiknya tentukan dalam bentuk persentase. Misalnya gajimu sebulan empat juta rupiah, berarti sepuluh hingga tiga puluh persennya harus kamu tabung. Jika penghasilanmu bertambah, besaran nominal yang harus kamu tabung juga bertambah.

Selain itu gunakan rekening khusus yang terpisah dengan rekening sehari-hari. Dengan begitu kamu tidak tergoda untuk mengutak-atik uang yang tersimpan di rekening tabungan.

 

3. Salah Metode

via thisismoney.co.uk

Penyebab lain kamu sulit menabung bisa jadi karena salah menerapkan metode. Metode yang baik adalah begitu kamu menerima gaji, langsung ambil sebagian untuk ditabung. Jangan lakukan yang sebaliknya, yakni baru menabung sesudah belanja dan bayar kebutuhan ini itu.

 

4. Gila Belanja

Belanja bikin lupa nabung via shesourrock.com

Kenapa penting untuk mengambil sebagian uang gaji di awal untuk ditabung? Karena kalau tidak, bisa-bisa sudah keburu habis untuk belanja. Apalagi sekarang ini untuk beli ini itu begitu mudah. Tidak perlu keluar rumah pun, cukup dengan membuka laptop atau smartphone, kita sudah bisa berbelanja.

 

5. Lupa Mencatat Pengeluaran

Ingat untuk mencatat via mediakonsumen.com

Kamu senang jajan atau ngemil? Jangan sampai lupa untuk mencatatkan juga pengeluaran kecil seperti itu. Kalau tidak dicatat, bisa-bisa keuanganmu tidak terkontrol. Di akhir bulan kamu bisa linglung sendiri, kemana larinya uang kamu selama ini.

Ingat, pengeluaran kecil yang tidak terkendali bisa membuat bujetmu bocor. Jadi, mulailah mencatat semua pengeluaran sekecil apapun itu.

 


 

Leave a Reply